Materi
Pembelajaran Kelas VII SMP
Penulis :
Drs. H. A. Suchaimi, MA
GPAI UPT SMPN 5 Gresik
Kompetensi
Dasar Pengetahuan |
3.1. memahami
makna QS Al-Mujadilah (58): 11, QS Ar-Rahman (55): 33, dan Hadis terkait
tentang menutut ilmu |
Kompetensi
Dasar Keterampilan |
4.1.1. membaca QS Al-Mujadilah (58): 11, QS Ar-Rahman (55): 33 dengan tartil 5.1.3. menyajikan keterkaitan semangat ilmu dengan pesan QS Al-Mujadilah (58): 11, QS Ar-Rahman (55): 33 |
A. MEMBACA AYAT AL-QUR’AN TENTANG ILMU PENGETAHUAN
1. Membaca Q.S. ar-Rahman/55: 33
2. Membaca
Q.S. al-Mujadalah/58: 11
يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْآ
إِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْـمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ
لَكُمْۖ وَ إِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا
مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ أُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۖ وَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
3. Memahami
Ilmu Tajwid Tentang Hukum Bacaan Panjang / Mad.
Suatu huruf dibaca panjang (mad) apabila huruf itu diiringi oleh salah satu dari tiga huruf mad, yang meliputi : alif ( ا ), ya’ sukun ( يْ), Wawu sukun ( وْ).
Secara garis, hukum bacaan mad terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu 1) Mad Thobii / mad Ashli, dan 2) mad Far’iy (cabang).
Mad Thobi’iy atau Mad Ashliy adalah hukum bacaan mad yang pokok. Panjang bacaannya satu huruf atau dua harokat.
Perhatikan tanda/cirinya beserta contohnya pada tabel berikut:
No
|
Tanda |
Penjelasan |
Contoh |
1. |
َا |
Huruf
berharokat fat-hah diikuti oleh huruf mad “Alif” |
قَالَ |
2. |
ِ يْ |
Huruf berharokat kasroh diikuti oleh
huruf mad “Ya’ sukun” |
قِيْلَ |
3. |
ُوْ |
Huruf
berharokat dhommah diikuti oleh huruf mad “Wawu sukun” |
قُوْلُوْ |
Dari Mad Thobi’iy atau Mad Ashliy tersebut, maka berkembang dan bercabang menjadi beberapa hukum bacaan Mad, yang meliputi :
1. Mad wajib muttashil |
2. Mad jaiz munfashil |
3. Mad ’aridh lissukun |
4. Mad badal |
5. Mad lin |
6. Mad shilah Thawilah |
7. Mad shilah
Qoshiroh |
8. Mad Farq |
9. Mad ’iwadh |
10. Mad lazim harfi mukhoffaf |
11. Mad lazim harfi musyba’ |
12. Mad lazim
kilmi mukhoffaf |
13. Mad lazim
kilmi mutsaqqol |
14. Mad Tamkin |
B. MENGARTIKAN AYAT AL-QUR’AN TENTANG ILMU
PENGETAHUAN
1. Arti Mufrodat Dan Terjemahan Q.S. ar-Rahman/55:
33
Arti Mufrodat Q.S. ar-Rahman/55: 33:
يٰـمَعْشَرَ
الْجِنِّ |
Hai
jama'ah jin |
وَ الْإِنْسِ |
dan
manusia |
إِنِ اسْتَطَعْتُمْ |
Jika
kamu sanggup |
أَنْ
تَنْفُذُوْا |
menembus
(melintasi) |
مِنْ |
Dari |
أَقْطَارِ |
penjuru |
السَّمٰـوٰتِ |
Langit- langit |
وَ
الْأَرْضِ |
dan bumi |
فَانْفُذُوْاۚ |
Maka
lintasilah |
لَا
تَنْفُذُوْنَ |
Tidaklah
kamu dapat melintasi |
إِلَّا |
kecuali |
بِسُلْطٰـنٍ |
dengan
kekuatan/ kekuasaan |
Arti Terjemahan Q.S. ar-Rahman/55
أرتيۑا: "واهاي جَماعَة جين دان مانوسيا, جيكا كامو ساڠݤوڤ مٓنٓمبوس (مٓلينتاسي) ڤٓنجورو لاڠيت دان بومي, ماكا مٓلينتاسلاه, كامو تيداء داڤات مٓنٓمبوسۑا كٓڇوالي دٓڠان كٓكواتان". (سورة الرَحمان: ٣٣)
2. Arti Mufrodat Dan Terjemahan Q.S. al-Mujadalah/58: 11
Arti Mufrodat Q.S. al-Mujadalah/58: 11
يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ |
Wahai
orang-orang yang |
أٰمَنُوْآ |
Mereka beriman |
إِذَا قِيْلَ |
Jika dikatakan |
لَكُمْ |
Kepada kalian |
تَفَسَّحُوْا |
Berlapang-lapanglah
kamu |
فِى الْـمَجٰلِسِ |
Didalam
Majlis-majlis |
فَافْسَحُوْا |
Maka
lapangkanlah |
يَفْسَحِ اللّٰهُ |
niscaya Allah
akan melapangkan |
لَكُمْۖ |
Kepada kalian |
وَ إِذَا قِيْلَ |
Dan Jika
dikatakan |
انْشُزُوْا
|
Berdirilah kalian |
فَانْشُزُوْا |
Maka berdirilah
kalian |
يَرْفَعِ اللّٰهُ |
niscaya Allah
akan meninggikan |
الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا |
orang-orang
yang beriman |
مِنْكُمْ |
di antara kalian |
وَ الَّذِيْنَ |
Dan orang-orang yang |
أُوْتُوا |
Mereka diberi |
الْعِلْمَ |
ilmu
pengetahuan |
دَرَجٰتٍۖ
|
Beberapa derajat |
وَ اللّٰهُ |
Dan Alloh |
بِمَا |
Dengan apa saja |
تَعْمَلُوْنَ |
Kalian mengerjakan |
خَبِيْرٌ |
Itu Maha mengetahui |
Arti Terjemahan Q.S. al-Mujadalah/58: 11:
أرتيۑا: "واهاي اورا٢ ياڠ بٓريمان, اڤابيلا ديكاتاكان كٓڤادامو: "بٓرلاڤاڠ-٢لاه دالام ماجليس", ماكا لاڤاڠكانلاه, نيسڇايا اللّه اكان مٓمبٓري كٓلاڤاڠان اونتوءمو. دان اڤابيلا ديكاتاكان "بٓرديريلاه كامو", ماكا بٓرديريلاه¸ نيسڇايا اللّه اكان مٓنيڠݤيكان اوراڠ٢ ياڠ بٓريمان ديأنتارامو دان اوراڠ٢ ياڠ ديبٓري عيلمو ڤٓڠٓتاهوان بٓبٓراڤا دٓراجات, دان اللّه ماها مٓڠٓتاهوي اڤا ياڠ كامو كٓرجاكان". (سورة الرَحمان: ٣٣)
3. Isi Kandungan Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan Q.S. al-Mujadalah/58: 11
Isi
Kandungan Q.S. ar-Rahman/55:
Ayat ini menjelaskan tentang pentingnya ilmu pengetahuan bagi
kehidupan umat manusia. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat mengetahui
benda-benda langit; bisa menjelajahi angkasa raya; dan mampu menembus
sekat-sekat yang selama ini belum terkuak..
Manusia diberi potensi oleh Allah Swt. berupa akal. Akal ini harus
terus diasah, diberdayakan dengan cara belajar dan berkarya. Dengan belajar,
manusia bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru. Dengan ilmu, manusia dapat
berkarya untuk kehidupan yang lebih baik.
Betapa pentingnya ilmu pengetahuan, Nabi Muhammad saw. bersabda:
مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَ اْلآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ. ( رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ )
أرتيۑا: "باراڠ سياڤا ياڠ مٓڠهٓنداكي (كٓباهاݤياأن هيدوڤ) دي دونيا ماكا هاروس دٓڠان عيلمو. باراڠ سياڤا ياڠ مٓڠهٓنداكي (كٓباهاݤياأن هيدوڤ) دي أخيرات, ماكا هاروس دٓڠان عيلمو. دان باراڠ سياڤا ياڠ مٓڠهٓنداكي (كٓباهاݤياأن هيدوڤ) دي دونيا دان أخيرات ماكا هاروس دٓڠان عيلمو. ( رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ
)
اَلَالَا تَنَألَا تَنَالُ الْعِلْمَ إِلَّا بِسِتَّةٍ *
سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ
ذَكَاءٍ وَ حِرْصٍ وَ اصْطِبَارٍ وَ بُلْغَةٍ *
وَ إِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَ طُوْلِ زَمَانٍ.
Isi Kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11
Q.S. al-Mujadalah/58: 11 Menjelaskan keutamaan orang-orang yang
beriman dan berilmu pengetahuan. Kalau Q.S. ar-Rahman/55:33 menjelaskan
pentingnya ilmu pengetahuan, maka ayat ini menegaskan bahwa orang yang beriman
dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt.
Mengapa orang yang beriman
dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya? Sudah tentu, orang yang
beriman dan memiliki ilmu pengetahuan luas akan dihormati oleh orang lain, diberi
kepercayaan untuk mengendalikan atau mengelola apa saja yang terjadi dalam
kehidupan ini. Ini artinya tingkatan orang yang beriman dan berilmu lebih
tinggi dibanding orang yang tidak berilmu.
Ayat ini juga menjelaskan tentang etika dalam menuntut ilmu.
Diantaranya: jika ada orang (guru, teman, dll) di dalam majlis ilmu (kelas,
masjid, majlis taklim, tempat pengajian, dll) meminta agar memberi tempat duduk
yang layak, atau fasilitas belajar lainnya, hendaklah kalian menaati dan
memberi kesempatan. Sebaliknya jika mereka menyuruhmu pergi, berpindah tempat,
atau tidak menggunakan fasilitas belajar, hendaklah kalian menaati mereka, dan
jangan ngeyel atau melakukan hal-hal yang bertindak semau gue.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar