Minggu, 28 Mei 2017

5. PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA UMAYYAH



Bahan Ajar dan Latihan Soal PAI Kurikulum 13
Untuk Siswa Kelas VIII Semester Ganjil
SMPN 1 Cerme Gresik – Jawa Timur
________________________________
Penulis :
Drs. H. ACHMAD SUCHAIMI, M.A



A. DAULAH UMAYYAH DI DAMASKUS (661-750M)


Para Khalifah Bani Umayyah di Damaskus

Daulah Umayyah berdiri selama 90 tahun (40–132H/661–750M). Pendirinya bernama Muawiyah bin Abi Sufyan bin Harb bin Umayyah. Daulah Umayyah menjadikan Damaskus sebagai pusat pemerintahannya. Sebagai pendiri Daulah Umayyah, Muawiyah bin Abi Sufyan sekaligus menjadi Khalifah pertama. Adapun secara lengkap para khalifah Bani Umayyah sebagai berikut:

No.
Nama Khalifah
Tahun kekhalifahan
1.
Muawiyah bin Abu Sufyan (Muawiyah I)
660–680 M (41–61 H)
2.
Yazid bin Muawiyah (Yazid I)
680–683 M (61–64 H)
3.
Muawiyah bin Yazid (Muawiyah II)
683-684 M ( 64–65 H)
4.
Marwan bin Hakam (Marwan I)
684–685 M (65–66 H)
5.
Abdul Malik bin Marwan
685–705 M (66–86 H)
6.
Al Walid bin ‘Abdul Malik (al-Walid I)
705–715 M (86–97 H)
7.
Sulaiman bin ‘Abdul Malik
715–717 M (97–99 H)
8.
Umar bin ‘Abdul ‘Aziz (‘Umar II )
717–720 M (99–102 H)
9.
Yazid bin ‘Abdul Malik (Yazid II)
720–724 M (102–106 H)
10.
Hisyam bin ‘Abdul Malik
724–743 M (106–126 H)
11.
Walid bin Yasid (al-Walid III)
743–744 M (126–127 H)
12
Yazid bin Walid (Yazid III)
744 M ( 127 H)
13.
Ibrahim bin al – Walid
744 M ( 127 H)
14.
Marwan bin Muhammad (Marwan II al – Himar)
745–750 M (127–133 H)

Dari ke-14 orang khalifah tersebut, ada 5 orang khalifah besar bani Umayyah, yaitu: 1) Muawiyah bin Abu Sufyan; 2) Abdul Malik bin Marwan; 3) Al Walid bin ‘Abdul Malik;  4) Umar bin ‘Abdul ‘Aziz; 5) Hisyam bin ‘Abdul Malik.

Kemajuan & Prestasi yang dicapai selama masa Bani Umayyah Damaskus

1. Ekspansi Wilayah kekuasaan Dan Dakwah Islamiyah.
Di zaman Mu’awiyah, perluassan wilayah kekuasaan yang terhenti pada masa khalifah Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, dilanjutkan oleh Mu’awiyah bin Abi Sofyan, kemudian dilanjutkan oleh khalifa Abdul Malik bin Marwan dan Al-Walid bin Abdul Malik.
Pada masa al-Walid bin Abdul Malik, Bani Umaiyah mengalami puncak kejayaan dan zaman keemasan. Keadaan Negara sangat  tenteram, makmur, dan tertib. Umat Islam merasa nyaman dan hidup bahagia. Pada masa pemerintahannya ini tercatat suatu perluasan wilayah dari Afrika Utara menuju wilayah barat daya benua Eropa, yaitu Spanyol, pada tahun 711 M, di bawah komando panglima Tariq bin Ziyad. Setelah Aljazair dan  Maroko dapat ditundukkan, lalu dia dengan pasukannya menyeberangi selat yang memisahkan antara Maroko (maghrib) dengan benua Eropa, dan mendarat di suatu tempat yang sekarang dikenal dengan nama selat Gibraltar (Jabal Thariq). Tentara Spanyol dapat dikalahkan. Dengan demikian, Spanyol menjadi daerah perluasan selanjutnya. Ibu kota Spanyol, Cordoba, dapat dikuasai dengan cepat, lalu kota-kota lainnya seperti Sevilla, Elvira dan Toledo.
Dengan keberhasilan ekspansi ke beberapa daerah baik di Timur maupun Barat, maka wilayah kekuasaan dan dakwah Islamiyah di masa Bani Umayyah sangat luas. Daerah-daerah tersebut meliputi: Spanyol, Afrika Utara, Syria, Palestina, jazirah Arabia, Irak, sebagian Asia Kecil, Persia, Afganistan, daerah yang sekarang disebut Pakistan, Turkmenistan, Uzbekkistan dan Kirgistan di Asia Tengah. (Nasution, 1985:62).


2.  Pembangunan di berbagai bidang
Prestasi Bani Umayah dalam pembangunan di berbagai bidang antara lain:
a). Muawiyah bin Abu Sufyan mendirikan dinas pos dan tempat – tempat tertentu dengan menyediakan kuda yang lengkap dengan peralatannya disepanjang jalan. Dia berusaha menertibkan angkatan bersenjata. jabatan khusus seorang hakim (Qadi) mulai berkembang menjadi profesi tersendiri. Qadi adalah seorang spesialis di bidang kehakiman.
b). Abdul Malik bin Marwan mencetak sendiri mata uang (coin dinar dan dirham), untuk mengganti mata uang Bizantium dan persia yang dipakai di daerah–daerah yang dikuasai Islam. Dia juga berhasil melakukan pembenahan administrasi pemerintahan, dan memberlakukan bahasa Arab sebagai bahasa resmi administrasi pemerintahan Islam. 
c). Keberhasilannya dilanjutkan oleh puteranya al–Walid bin Abdul Malik (705 – 715 M) yang meningkatkan pembangunan, di antaranya membangun panti – panti untuk orang cacat dan pekerjanya digaji oleh negara secara tetap. Juga membangun jalan–jalan raya yang menghubungkan suatu daerah dengan daerah lainnya, pabrik–pabrik, gedung–gedung pemerintahan dan masjid–masjid yang megah.


3.  Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan.

Selain kemajuan ddalam pembangunan di berbagai bidang dan pemerintahan, ilmu pengetahuan juga dikembangkan pada masa itu.
Pada masa Dinasti Umayyah pola pendidikan bersifat desentrasi, artinya pendidikan tidak hanya terpusat di ibu kota Negara saja tetapi sudah dikembangkan secara otonom di daerah yang telah dikuasai seiring dengan ekspansi teritorial. Sistem pendidikan ketika itu belum memiliki tingkatan dan standar umur. Kajian ilmu pada masa ini berpusat di Damaskus, Kufah, Mekkah, Madinah, Mesir, Cordova dan beberapa kota lainnya, seperti: Basrah dan Kuffah (Irak), dan Palestina (Syam), Fustat (Mesir).
Pola pendidikan Islam pada periode Dinasti Umayyah lebih berkembang bila dibanding pada masa Khulafa ar Rasyidin. Hal ini ditandai dengan semaraknya kegiatan ilmiah di beberapa tempat/lembaga pendidikan, yatu meliputi:
a. Khuttab, yaitu tempat anak-anak belajar menulis dan membaca, menghafal Al Quran serta belajar pokok-pokok ajaran Islam, dimana para murid mengelilingi guru (Halaqah).
b. Masjid, merupakan pusat pendidikan masyarakat tingkat menengah dan tingkat tinggi setelah menyelesaikan pendidikannya di kuttab-kuttab. Pelajaran yang diajarkan meliputi Al Quran, Tafsir, Hadist dan Fiqh. Juga diajarkan kesusasteraan, sajak, gramatika bahasa (nahwu-shorof), ilmu hitung dan ilmu perbintangan (astronomi).
c. Majelis sastra, merupakan balai pertemuan yang disiapkan oleh khalifah yang diperuntukkan bagi para sastrawan dan ulama terkemuka.
d. Pendidikan Istana : diselenggarakan di Istana yang diperuntukkan khusus bagi anak-anak khalifah dan para pejabat pemerintahan. Kurikulumnya diarahkan untuk memperoleh kecakapan yang berkaitan dengan urusan pemerintahan.


Masa Kehancuran Bani Umaiyah Di Damaskus
Sepeninggal Hisyam Ibnu Abdul Mlik, Khalifah-khalifah Bani Umayah yang tampil bukan hanya lemah tetapi juga bermoral buruk. Hal ini makin memperkuat golongan oposisi. Akhirnya pada tahun 750 M, daulah bani umayyah digulingkan oleh Bani Abbas yang bersekutu dengan Abu Muslim Al-Khurasani. Marwan Ibnu Muhammad, khalifah terakhir Bani Umayah, melarikan diri ke Mesir, lalu ditangkap dan dibunuh disana.
Faktor-faktor Penyebab keruntuhan/kehancuran Bani Umayah diantaranya :
1. Sistim pergantian khalifah melalui garis keturunan, merupakan sesuatu hal yang baru bagi tradisi arab yang lebih mementingkan aspek senioritas. Pengaturannya tidak jelas. Ketidakjelasan sistim pergantian khalifah menyebabkan terjadinya persaingan yang tidak sehat dikalangan anggota keluarga istana.
2. Latar belakang terbentuknya dinasti Bani Umayah tidak bisa dipisahkan dari konflik-konflik politik yang terjadi dimasa Ali. Sisa-sisa Sy’iah (para pengikut Ali) dan Khawarij terus menjadi gerakan oposisi, baik secara terbuka maupun secara tersembunyi seperti di masa pertengahan kekuasaan Bani Umayyah. Penumpasan-penumpasan terhadap gerakan ini benyak menyedot kekuatan pemerintah.
3. Semakin meruncingnya pertentangan antar etnis, yaitu antara suku Arabia Utara (Bani Qaiys) dan Arabia Selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam. Disamping itu sebagian besar golongan Mawali (non Arab) terutama di Irak dan wilayah bagian timur lainnya, merasa tidak puas karena diperlakukan sebagai warga negara kelas dua, ditambah dengan keangkuhan bangsa Arab yang diperlihatkan pada masa Bani Umayah.
4. Pola hidup mewah dilingkungan keluarga istana, sehingga menyebabkan anak-anak khalifah tidak sanggup memikul beban berat kenegaraan tatkala mereka mewarisi kekuasaan. Dan golongan agama pun (para ulama) kurang simpatik terhadap pemerintahan, disebabkan kurang memperhatikan perkembangan dakwah islamiyah.
5. Penyebab langsung tergulingnya kekuasaan Dinasti Bani Umayah adalah Munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keluarga Bani Abbas bin Abdul Muthalib. Gerakan ini mendapat dukungan dari bani Hasyim dan golongan Syi’ah, serta kaum Mawali (non arab) yang merasa dikelasduakan oleh pemerintah Bani Umayah.



B.  DAULAH UMAYYAH DI ANDALUSIA (756 M – 1031 M)

Para Khalifah Bani Umayyah Andalusia

Kekuasaan Bani Umayyah di Damaskus berakhir pada tahun 750 M, kekhalifahan pindah ke tangan Bani Abbasiyah. Namun, salah satu penerus Bani Umayyah yang bernama Abdurrahman ad-Dakhil dapat meloloskan diri pada tahun 755 M dari kejaran pasukan Bani Abbasiyah dan masuk ke Andalusia (Spanyol). Di Spanyol sebagian besar umat Islam di sana masih setia dengan Bani Umayyah. Abdurrahman ad-Dakhil kemudian mendirikan pemerintahan sendiri dan mengangkat dirinya sebagai amir (pemimpin) dengan pusat pemerintahan di Cordoba.
Adapun Amir-Amir Bani Umayyah yang memerintah di Andalusia (Spanyol) sebagai berikut:
No.
Nama Amir
 Tahun Kekhalifahan
1.
Abdurrahman ad-Dakhil (Abdurrahman I)
756 – 788 M
2.
Hisyam bin Abdurrahman (Hisyam I)
788 – 796 M
3.
Al- Hakam bin Hisyam (al-Hakam I)
796 – 822 M
4.
Abdurrahman al-Ausat (Abdurrahman II )
822 – 952 M
5.
Muhammad bin Abdurrahman (Muhammad I)
852 – 886 M
6.
Munzir bin Muhammad
886 – 888 M
7.
Abdullah bin Muhammad
888 – 912 M
8.
Abdurrahman an-Nasir (Abdurrahman III)
912 – 961 M
9.
Hakam al–Muntasir
961 – 976 M
10.
Hisyam II
976 – 1009 M
11.
Muhammad II
1009 – 1010 M
12.
Sulaiman
1013 – 1016 M
13.
Abdurrahman IV
1016 – 1018 M
14.
Abdurrahman V
1018 – 1023 M
15.
Muhammad III
1023 – 1025 M
16.
Hisyam III
1027 – 1031 M

Pada masa pemerintahan Daulah Umayyah di Andalusia (Spanyol), Cordoba menjadi pusat berkembangnya ilmu pengetahuan. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan terjadi pada masa pemerintahan  amir yang ke-8 yakni Abdurrahman an-Nasir dan amir yang ke-9 yakni Hakam al-Muntasir.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan kebudayaan di Kota Cordoba ditandai dengan adanya Universitas Cordoba. Universitas ini memiliki perpustakaan dengan koleksi buku mencapai 400.000 judul. Pada masa kejayaannya Cordoba memiliki 491 masjid dan 900 pemandian umum. Didirikannya masjid-masjid yang megah dan indah menunjukkan bahwa pada saat itu kesadaran untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan juga sangat tinggi.


1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Pada masa pemerintahan Bani Umayyah, ilmu pengetahuan mengalami kemajuan yang sangat berarti. Adapun perkembangan ilmu pengetahuan pada masa ini dapat dikelompokkan sebagai berikut :
a. Ilmu Kimia
Di antara ahli kimia ketika itu adalah Abu Al-Qasim Abbas Ibn Farnas yang mengembangakan ilmu kimia murni dan kimia terapan. Ilmu kimia murni maupun kimia terapan adalah dasar bagi ilmu farmasi yang erat kaitannya dengan ilmu kedokteran.

b.  Kedokteran
Di antara ahli kedokteran ketika itu adalah Abu Al-Qasim Al-Zahrawi. Ia dikenal sebagai ahli bedah, perintis ilmu penyakit telinga, dan pelopor ilmu penyakit kulit. Di dunia Barat dikenal dengan Abulcasis. Karyanya berjudul “al-Tasrif li man ‘Ajaza an al-Ta’lif”, yang pada abad XII telah diterjemahkan oleh Gerard of Cremona dan dicetak ulang di Genoa (1497M), Basle (1541 M) dan di Oxford (1778 M). Buku tersebut menjadi rujukan di universitas-2 di Eropa.

c.  Sejarah.
1) Abu Marwan Abdul Malik bin Habib, salah satu bukunya berjudul “al-Tarikh”. Ia meninggal pada tahun 852 M.
2)  Abu Bakar Muhammad bin Umar, dikenal dengan Ibnu Quthiyah. Karya bukunya berjudul ”Tarikh Iftitah al-Andalus”.
3) Hayyan bin Khallaf bin Hayyan, karyanya “al-Muqtabis fi Tarikh Rija al-Andalus” dan “al-Matin”.

d. Bahasa dan sastra
Diantara tokoh terkenal bidang sastra ketika itu adalah :
1)  Ali al-Qali, karyanya al-Amali dan al-Nawadir, wafat pada tahun 696 M.
2) Abu Bakar Muhammad Ibn Umar. Di samping terkenal sebagai ahli sejarah, ia adalah seorang ahli bahasa Arab, nahwu, penyair, dan sastrawan. Ia menulis buku dengan judul “al-Af’al” dan “Fa’alta wa Af’alat”. Ia meninggal pada tahun 977 M.
3) Abu Amr Ahmad ibn Muhammad ibn Abd Rabbih, karya prosa diberi nama “al-‘Aqd al-Farid”. Ia meninggal tahun 940 M.
4) Abu Amir Abdullah ibn Syuhaid. Lahir di Cordova pada tahun 382 H/992 M dan wafat pada tahun 1035 M. Karyanya dalam bentuk prosa adalah “Risalah al-awabi’ wa al-Zawabig, dan “Hanut Athar”.
.

2. Pertumbuhan Kebudayaan

Selain ilmu pengetahuan  pada masa  Bani Umayah juga berhasil mengembangkan bidang  lainnya, yaitu :

a.  Arsitektur
Perkembangan di bidang arsitektur ini terlihat dari bangunan-bangunan artistic serta masjid-masjid yang memenuhi kota. Kota lama pun dibangun menjadi kota modern. Mereka memadukan gaya Persia dengan nuansa Islam yang kental di setiap sudut bangunannya. Pada masa al-Walid bin Abdul Malik dibangun juga sebuah masjid agung yang terkenal dengan sebutan Masjid Damaskus yang diarsiteki oleh Abu Ubaidah bin Jarrah serta dibangunnya sebuah kota baru yaitu Kota Kairawan oleh Uqbah bin Nafi’.

b.  Organisasi militer
Pada  masa pemerintahan Bani Umayyah ini militer dikelompokkan menjadi 3 angkatan yaitu angkatan darat (al-jund), angkatan laut (albahiriyah) dan angkatan kepolisian.

c. Perdagangan
Setelah Bani Umayah berhasil menaklukkan bebagai wilayah, jalur perdangan menjadi semakin lancar. Ibu Kota Basrah di Teluk Persi pun menjadi pelabuhan dagang yang ramai dan makmur, begitu pula Kota Aden.

d.  Kerajinan
Ketika Khalifah Abdul Malik menjabat, mulailah dirintis pembuatan tiras (semacam bordiran),  yakni cap resmi yang dicetak pada pakaian khalifah dan para pembesar pemerintahan.



TUGAS MANDIRI SISWA

A. Pilih jawaban yang paling tepat dan benar !

1. Khalifah pertama Bani Umayyah adalah....
a. Abdul Malik bin Marwan    
b Walid bin Abdul Malik
c. Muawiyah bin Abu Sofyan 
d.  Umar bin Abdul Aziz

2. Pemerintahan Bani Umayyah dibagi menjadi dua periode, yaitu periode....
a. Damaskus dan Toledo         
b. Damaskus dan Cordoba
c. Madinah dan Andalusia      
d. Madinah dan Cordoba

3. Masa kejayaan Bani Umayyah terwujud ketika dipimpin oleh....
a. Muawiyah bin Abu Sofyan 
b. Walid bin Abdul Malik
c.  Abdul Malik bin Marwan   
d. Hisyam bin Abdul Malik

4. Cendikiawan Islam dibidang ilmu tafsir adalah....
a. Ibnu Abbas  
b. Ibnu Sina      
c. Ibnu Sahal    
d. Ibnu Rusyd

5. Perhatikan pernyataan dibawah ini:
1)  Kehidupan yang serba mewah bagi keluarga istana.
2) Munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan al-Abas ibn Abd al-Muthalib.
3) Pertentangan etnis antara suku Arabia Utara (Bani Qays) dan Arabia Selatan (Bani Kalb) yang sudah                ada sejak zaman sebelum Islam.
4) semangat yang tinggi dalam persatuan dan kesatuan dalam bela negara.
5) Banyak memberikan bantuan kepada fakir miskin.
Yang merupakan penyebab runtuhnya Bani Umayyah....
a.  1, 2 dan 3     
b.  2, 3 dan 4     
c.  3, 4 dan 5     
d. 1, 2 dan 4


6. Allah tidakakan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. Hal ini tercantum dalam Qs.....
a. Al An’am ayat 165                                    
b. Ar Ra’du ayat 11
c. Al Baqarah ayat 11                                    
d. Al Anfal ayat 30

7. Panglima perang Bani Umayyah yang namanya diabadikan menjadi nama sebuah selat di Spanyol / Andalus, yaitu:
a.  Abdul Malik bin Marwan
b. Umar bin Abdul Aziz
c.  Thariq bin ziyad                                      
d. Walid bin Abdul Malik

8.  Khalifah Bani Umayyah yang bergelar Al Faruq II adalah....
a. Abdul Malik bin Marwan 
b. Umar bin Abdul Aziz
c.  Yazid bin Muawiyah        
d. Walid bin Abdul Malik

9.  Kota yang terkenal dengan julukan kota seribu malam adalah....
a.  Mekah         
b. Madinah      
c. Bagdad         
d. Yunani

10.Pada masa Walid bin Abdul Malik dibangun sebuah Masjid Damaskus hasil karya arsitek terkenal yang bernama....
a.  Abu Ubaidah bin Jarrah   
b. Uqbah bin Nafi’
c. Sa’id bin Musayyab                                  
d. Rabi’ah Ar-Ra’iy

11. Mendirikan dinas pos, mengangkat Qodhi (hakim), dan menertbikan angkatan bersenjata merupakan kemajuan yang dicapai Bani Umaiyah pada masa khalifah
a. Mu’awiyah bin Abu Sufyan                      
b. Abdul Malik bin Marwan    

c. Walid bin Abdul Malik                               
d. Umar bin Abdul Aziz

12. Mencetak mata uang sendiri berupa “coin dinar-dirham” menggantikan mata uang Romawi dan Persia merupakan prestasi yang dicapai oleh khalifah Bani Umayyah
a. Mu’awiyah bin Abu Sufyan                      
b. Abdul Malik bin Marwan    
c. Walid bin Abdul Malik                               
d. Umar bin Abdul Aziz

13. Menetapkan bahasa arab sebagai bahasa resmi administrasi pemerintahan Islam pertama kali dilakukan oleh khalifah ….
a. Umar bin Khatthab                                     
b. Mu’awiyah bin Abi Sufyan 
c. Ali bin Abi Thalib                                       
d. Abdul Malik bin Marwan

14. Spanyol (Andalusia) ditaklukkan dan menjadi wilayah kekuasaan Bani Umaiyah pada masa khalifah ….
a. Mu’awiyah bin Abu Sufyan                      
b. Abdul Malik bin Marwan    
c. Walid bin Abdul Malik                               
d. Umar bin Abdul Aziz

15. Seorang panglima yang berjasa dalam penaklukan Spanyol (Andalusia) kedalam kekuasaan Bani Umayyah adalah ….
a. Abdurrahman Al-Ghafiqi                          
b. Musa bin Nushair      
c. Thariq bin Ziyad                                          
d. Thariq bin Walid

16. Puncak kejayaan dan zaman keemasan pemerintahan Bani Umayyah dicapai pada masa khalifah …
a. Mu’awiyah bin Abu Sufyan                      
b. Abdul Malik bin Marwan    
c. Walid bin Abdul Malik                               
d. Umar bin Abdul Aziz

17. Nama selat Gibraltar yang menghubungkan Maroko (maghrib) dengan benua Eropa, diambil dari nama seorang panglima menaklukkan Andausia/spanyol, yaitu
a. Abdurrahman Al-Ghafiqi                          
b. Musa bin Nushair      
c. Thariq bin Ziyad                                          
d. Thariq bin Walid

18. Kekhalifahan Bani Umaiyah di Damaskus didirikan oleh …..
a. Umayyah bin Abdi Syams                        
b. Usman bin Affan              
c. Mu’awiyah bin Abi Sufyan                       
d. Abdurrahman ad-Dakhil

19. Sedangkan Kekhalifahan Bani Umayyah di Andalusia didirikan oleh …..
a. Walid bin Abdul Malik                              
b. Marwan bin Hakam              
c. Mu’awiyah bin Abi Sufyan                       
d. Abdurrahman ad-Dakhil

20. Perhatikan daftar berikut!
1. Mu’awiyah bin Abu Sufayan                    5. Marwan bin Hakam
2. Abdul Malik bin Marwan                          6. Walid bin Abdul Malik
3. Sulaiman bin Abdul Malik                         7. Umar bin Abdul Aziz
4. Hisyam bin Abdul Malik                           8. Yazid bin Mu’awiyah
5 khalifah besar Bani Umayyah ditunjukkan oleh nomer …..
a. 1, 2, 3, 4, 6        
b. 1, 2, 4, 5, 7      
c. 1, 2, 4, 6, 7          
d. 1, 2, 4. 7, 8

21. Perhatikan pernyataan berikut....
1) madrasah            4) masjid                           7) pendidikan istana
2) maktabah .          5) pesantren                   8) zawiyah
3) kuttab                 6) majlis sastra
Pendidikan pada masa Bani Umaiyah di Damaskus dilaksanakan di beberapa lembaga / tempat, yang ditunjukkan oleh nomer ….
a. 1, 2, 4 dan 7  
b. 2, 3, 4 dan 8  
c. 3, 4, 6 dan 7  
d, 4, 5, 6 dan 7

22. Pusat pendidikan menengah dan tinggi di masa Bani Umaiyah dilaksanakan di
a. masjid          
b. langgar         
c. kuttab           
d. istana

23. Kota berikut ini menjadi pusat pendidikan dan berkembangnya ilmu pengetahuan Pada masa Bani Umaiyah di Andalusia …..
a. Sevilla          
b. Cordoba       
c. Kufah           
d. Malaga

24.Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan di Andalusia terjadi pada masa pemerintahan ....
a. Abdurrahman an-Nasir     
b. Abdurrahman Ad-Dakhil 
c. Abdurrahman Al-Ghafiqi  
d. Hakam bin Hisyam

25. Berikut ini seorang Cendekiawan ahli kimia murni dan terapan di Andalusia …..
a. Abu al-Qasim Al-Zahrawi
b. Abu al-Qasim Abbas ibn Farnas
c. Abu Bakar Muhammad     
d. Ibnu Rusyd al-Qurthubi

26. Berikut ini seorang Cendekiawan bedah, perintis ilmu penyakit telinga, dan pelopor ilmu penyakit kulit  pada masa Bani Umaiyah di Andalusia  …..
a. Abu al-Qasim Al-Zahrawi
b. Abu al-Qasim Abbas ibn Farnas
c. Abu Bakar Muhammad     
d. Ibnu Rusyd al-Qurthubi

27. Sedangkan seorang Cendekiawan ahli sejarah dan bahasa arab (nahwu) dari Andalusia yang terkenal dengan sebutan Ibnu Quthiyah adalah…..
a. Abu al-Qasim Al-Zahrawi
b. Abu al-Qasim Abbas ibn Farnas
c. Abu Bakar Muhammad     
d. Ibnu Rusyd al-Qurthubi
28. Perkembangan di bidang arsitektur ini terlihat dari bangunan-bangunan artistic, kota lama menjadi modern, serta masjid-masjid yang indah. Berikut ini adalah seorang arsitek kota Khairawan yang indah dan modern ….
a. Abu Ubaidah bin Jarrah    
b. Abdurrahman Al-Ghafiqi
c. Uqbah bin Nafi’.                                       
d. Umar bin Abdul Aziz

29. Pengumpulan, penulisan dan pembukuan Hadis Nabi pertama kali dilakukan pada masa bani Umaiyah, atas inisiatif dari khalifah  ….
a. Mu’awiyah bin Abu Sufyan                     
b. Walid bin Abdul Malik
c. Abdul Malik bin.Marwan  
d. Umar bin Abdul Aziz

30. Usaha Pengumpulan, penulisan dan pembukuan Hadis Nabi tersebut dilakukan oleh ulama yang bernama …
a. Imam Malik bin Anas        
b. Imam Bukhori
c. Ibnu Syihab Az-Zuhri        
d. Imam Muslim


B.  Kerjakan Soal-Soal berikut ini !

1.  Bagaimana penyebaran agama Islam pada masa Daulah Umayyah?
2.  Di manakah pusat pemerintahan Daulah Umayyah!
3.  Sebutkan lima khalifah pada masa Bani Umayyah!
4.  Sebutkan 3 tokoh cendikiawan muslim di bidang ilmu qira’at pada masa Bani Umayyah!
5.  Sebutkan kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh Bani Umayyah!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar