Jumat, 06 Februari 2015

MENGHINDARI MINUMAN KERAS, JUDI DAN PERTENGKARAN







Bahan Ajar dan Latihan Soal PAI Kurikulum 2013
Untuk Siswa Kelas VIII Semester Genap
SMPN 1 Cerme Gresik – Jawa Timur
___________________________________________
Penulis :
Drs. A. SUCHAIMI, M.A





A.   Q.S. AL-MAIDAH [5] AYAT 90-91 DAN AYAT 32

1. Bacaan QS Al-Maidah [5] ayat 90-91 dan ayat 32

a. QS Al-Maidah [5] : 90-91












b. QS Al-Maidah [5] : 32





2. Arti Mufrodat (Perkata) QS Al-Maidah, 5 ayat 90-91 dan ayat 32

a. QS Al-Maidah [5]  : 90-91




b. QS Al-Maidah [5]  : 32







3. Terjemah QS Al-Maidah [5] : 90-91 dan Ayat 32

a. QS Al-Maidah [5] : 90-91

Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.  Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)”. (QS Al-Maidah, 5 : 90 – 91)

b. QS Al-Maidah [5] : 32
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barang siapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.” (Q.S. Al-Māidah /5 : 32)
4. Pesan Kandungan QS Al-Maidah [5] : 90-91 dan Ayat 32

a. Pesan Kandungan QS Al-Maidah [5] : 90-91
Allah menghendaki kebaikan hidup orang mukmin. Setiap perintah dan larangan Allah dimaksudkan untuk mengatur kehidupan orang beriman supaya mencapai kebahagiaan dan keselamatan hidup dunia dan akhirat. Di antara contoh perintah tersebut adalah perintah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal. Contoh larangan Allah adalah larangan mengonsumsi makanan dan minuman yang haram. Allah menghalalkan segala jenis makanan dan minuman yang mendatangkan manfaat. Sebaliknya, Allah mengharamkan segala jenis makanan dan minuman yang mendatangkan madharat.
Pada kedua ayat (QS Al-Maidah : 90-91) ini Allah menegaskan larangan-Nya terhadap 4 hal, yaitu :
1) minuman keras & memabukkan (الخمر);
2) berjudi (الميسر);
3)  mempersembahkan kurban untuk patung atau segala sesuatu yang dipertuhankan (الأنصاب);
4) mengundi nasib (الأزلام), dan berbagai bentuk ramalan nasib


Apa itu Khamr ?
Menurut bahasa, ”الخَمْرُ” (Khamr) dari kata “خَمَرَ” (Khamara) yang  artinya penutup”. Jadi Khamr adalah hal-hal yang bisa menutupi akal fikiran.
Apa saja yang bisa menutup, merusak & menghilangkan akal dapat dikategorikan sebagai khomr, baik berasal dari benda cair seperti tuwak, bir, wiski, dan berbagai minuman lain yang beralkohol, dll, maupun benda padat, seperti ganja, morfin, opium, marijuana, sabu-sabu, extacy, serta beraneka jenis obat yang tergolong psikotropika & narkotika. dll.
Khomr hukumnya haram, sebagaimana hadis Nabi SAW : 
كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ.  وَمَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِى الدُّنْيَا فَمَاتَ وَهُوَ يُدْمِنُهَا لَمْ يَتُبْ لَمْ يَشْرَبْهَا فِى الْآخِرَةِ  . ( رواه مسلم)  
Artinya : ”Setiap yang memabukkan adalah khomer (minuman keras), dan setiap yang memabukkan adalah haram. Barangsiapa yang meminum khomer di dunia, la dia mati dalam keadaan terbiasa meminumnya (tidak bertaubat), maka dia tidak akan meminum khomer besok di akhirat”. (H.R. Muslim, dari Abnu Umar r.a.)
Meminum Khomr, meskipun sedikit & tidak menyebabkan mabuk, hukumnya tetap  haram, sebagaimana hadis Nabi SAW : 
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ.   (احمد و ابن ماجه و الدارقطنى)

Artinya : Dari Ibnu Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Minuman yang dalam jumlah banyak memabukkan, maka sedikitpun juga haram”. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Daruquthni, dan dia menshahihkannya]
Rosululloh melaknat 10 orang yang berkaitan dengan Khomr, sebagaimana dalam hadis Nabi SAW:
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ فِى اْلخَمْرِ عَشْرَةً: عَاصِرَهَا وَ مُعْتَصِرَهَا وَ شَارِبَهَا وَ حَامِلَهَا وَ اْلمَحْمُوْلَةَ اِلَيْهِ وَ سَاقِيَهَا وَ بَائِعَهَا وَ آكِلَ ثَمَنِهَا وَ اْلمُشْتَرِيَ لَهَا وَ اْلمُشْتَرَاةَ لَهُ.   (رواه الترمذى و ابن ماجه)
Artinya :  Dari Anas ia berkata, “Rasulullah SAW melaknat sepuluh orang yang berkaitan dengan khomer : 1). Orang yang memerasnya (produsen), 2). Pengepul (distributor), 3). peminumnya, 4). Orang yang membawanya (pengedar), 5). Pengirimnya (kurir), 6). pelayan, penuang mkinuman, 7. Penjualnya, 8). Orang yang memetik dari hasil penjualan, 9). Pembeli / pembayar, 10. Orang yang minta dibelikannya (pemesan)”. [HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Berjudi ?
Berjudi amat besar bahayanya bagi perorangan dan masyarakat. Judi dapat merusak pribadi dan moral seseorang, karena seorang penjudi selalu berangan-angan akan mendapat keuntungan besar tanpa bekerja dan berusaha, dan menghabiskan umurnya di meja judi tanpa menghiraukan kesehatannya, keperluan hidupnya dan hidup keluarganya yang menyebabkan runtuhnya sendi-sendi rumah tangga.
Judi akan menimbulkan permusuhan antara sesama penjudi dan mungkin pula permusuhan ini dilanjutkan dalam pergaulan sehingga merusak masyarakat. Berapa banyak rumah tangga yang berantakan, harta yang musnah karena judi. Tidak ada seorang yang kaya semata-mata karena berjudi.
Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadisnya:
عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ ,  عَنْ أَبِيْهِ . أَنَّ  رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ: مَنْ لَعِبَ بِالنَّرْدِشِيْرٍ فَكَأَنَّمَا صَنَعَ يَدَهُ   فِيْ لَحْمِ حِنْزِيْرٍ. ( رواه مسلم)   
Artinya :  Dari Sulaiman bin Buraidah, dari bapaknya. Bahwa Rasululloh saw bersabda : ”Barangsiapa yang bermain dadu (judi), maka seakan-akan dia telah membenamkan tangannya kedalam daging babi”. (H.R. Muslim)
Allah secara tegas melarang orang-orang beriman untuk meminum khomer dan berjudi, kemudian dinyatakan sebagai perbuatan dosa besar, perbuatan keji, perbuatan setan, dan berdampak negatif/berakibat buruk bagi pelakunya. Diantara dampak negatifnya adalah bisa menimbulkan :
1) terjadinya permusuhan (العَدَاوَة);   
2) terjadinya kebencian satu sama lain (البَغْضَاء); 
3) menghalangi ingat kepada Allah (يَصُدَّ عَنْ ذِكْرِ اللَّه);
4) mengganggu / membuat kacau ketika shalat (يَصُدَّ عَنْ الصَّلاَة)

Selain dampak negative di atas, Rasululloh menjelaskan akibat buruk lainnya bagi peminum khomer, jika dia tidak segera bertaubat, sebagaimana Hadis Nabi :
مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ لَمْ يَرْضَ اللهُ عَنْهُ أَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً، فَإِنْ مَاتَ مَاتَ كَافِرًا  وَإِنْ تَابَ تَابَ اللهُ عَلَيْهِ، وَإِنْ عَادَ كَانَ حَقّـَا عَلَى اللهِ أَنْ يَّسْقِيـَهُ مِنْ طِيْنَةِ  الْخَبَالِ قَلَتْ : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا طِيْنَةُ الْخَبَالِ؟ قَالَ : صَدِيْدُ أَهْلِ النَّارِ (رواه أحمد(

Artinya : “Siapa saja yang minur khamar, maka Allah tidak akan ridho kepadanya selama empat puluh malam. Bila ia mati saat itu, maka matinya dalam keadaan kafir. Dan bila ia bertobat, maka Allah akan menerima tobatnya. Kemudian jika ia mengulang kembali (meminum khamar), maka Allah memberinya minuman dari “thinatil khabal”. (Asma’ bertanya, “Ya Rasulullah, apakah thinatil khabali itu?. (Rasulullah) menjawab, “Darah bercampur nanah ahli neraka. (HR Ahmad)


b. Pesan Kandungan QS Al-Maidah [5] : 32

Dalam ayat ini Allah menegaskan laranganNya terhadap berbagai tindakan kekerasan seperti pemerasan, pemaksaan, tawuran, pertengkaran, perkelahian dll, yang bisa berakibat kepada pembunuhan.
Meskipun dalam ayat ini disebutkan bahwa larangan membunuh tersebut ditujukan kepada Bani Israil, tetapi pada hakikatnya larangan ini berlaku untuk seluruh manusia di dunia. Segala tindakan yang dapat menghilangkan nyawa orang lain sangat berat dosanya di sisi Allah Swt. Bahkan ditegaskan bahwa membunuh seseorang adalah seperti membunuh semua manusia. Sebaliknya, pahala memelihara kehidupan seseorang seperti pahala memelihara kehidupan semua manusia.
Ketahuilah bahwa orang yang mati karena dibunuh oleh seseorang tanpa ada alasan yang dibenarkan oleh agama (bighoiri haqq, seperti perang jihad, melaksanakan hukuman, dll), maka kelak di akhirat tangan kanannya memegang kepalanya sendiri dengan urat leher mengeluarkan darah. Sedangkan tangan kirinya menyeret orang yang membunuhnya untuk dihadapkan kepada Allah Swt. Orang yang dibunuh ini kemudian berkata, “Wahai Tuhanku, orang inilah yang telah membunuhku”, lalu Allah berfirman kepada pembunuh itu, “Celakalah engkau!” lalu pembunuh itu diseret ke neraka. Sungguh kita berlindung kepada Allah agar dijauhkan dari perbuatan keji ini.

Rasulullah saw. :
عَنِ الْبَرَّاءِ بْنِ عَازِبٍ,  أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ    قَالَ : لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ  قَتْلِ  مُؤْمِنٍ بِغَيْرِ حَقٍّ.  (رواه ابْنُ مَاجَه)
Artinya : Dari Al Bara bin Azib, sesungguhnya Rasulullah saw. pernah bersabda: “Kehancuran dunia (nilainya) lebih ringan di sisi Allah dari pada seseorang membunuh seorang mukmin tanpa hak.” (H.R. Ibnu Majah)

Bagaimana resiko dan dampak negative bagi orang yang dengan sengaja terlibat ikut tawuran, perkelahian massal, saling membunuh, carok, dan sejenisnya?. Dalam hal ini, Rasululloh bersabda:
عَنْ أَبِيْ بَكْرَةَ نُفَيْعِ بْنِ الْحَارِثِ الثَّقَفِي رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ,  أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ    قَالَ: إِذَا الْتَقَى المُسْلِمَانِ بِسَيْفِهِمَا,  فَالْقَاتِلُ وَ الْمَقْتُوْلُ فِى النَّارِ, قُلْتُ :  يَا رَسُوْلَ اللَّهِ,  هَذَا الْقَاتِلُ,  فَمَأ بَالُ الْمَقْتُوْلِ؟  إِنَّهُ كَانَ حَرِيْصًا عَلَى قَتْلِ صَاحِبِهِ .  (متّفق عليه)
Artinya: “Dari Abi Bakrah, Nufai’ bin al-Harits r.a., bahwa Nabi SAW bersabda : Apabila ada dua orang muslim bertemu dengan memanggul pedangnya, maka pembunuh dan yang terbunuh sama-sama masuk neraka. Saya bertanya: Wahai Rasulullah, kalau ini pembunuh, lalu bagaimana yang yang terbunuh?. Beliau menjawab: sesungguhnya yang terbunuh pun juga ingin membunuh temannya”. (HR Muttafaq ‘alaih, Bukhari-Muslim).
Jadi, sekarang kalian menjadi semakin tahu dan jelas mengenai hukum dan ketentuan bagi siapa saja yang terlibat dalam pertikaian, pertengkaran, perkelahian, tawuran, dan sejenisnya. Semua ini dilarang keras dan pertanggungjawabannya sangat berat baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, mereka tentu akan berurusan dengan pihak yang berwajib. Sedangkan di akhirat, ancaman hukumannya juga sangat berat.
Perlu disadari, mereka yang terlibat dalam pertikaian, pertengkaran, perkelahian, tawuran, dan sejenisnya pada umumnya hanya dipicu oleh permasalahan yang sepele seperti saling mengejek atau karena cemburu. Sungguh sayang jika masalah yang sepele itu berujung pada pertikaian yang nantinya ada yang cidera, dirawat di rumah sakit, bahkan sampai ada yang meninggal dunia. Untuk itu jauhilah perbuatan keji ini mulai dari diri kita masing-masing dan mulai dari sekarang.


B.  HUKUM  BACAAN  QOLQOLAH

Pengertian. Menurut bahasa, qolqolah artinya bergerak, memantul dan bergetar.  Menurut istilah, qolqolah ialah membunyikan huruf-huruf tertentu dengan suara memantul dari makhroj-nya disebabkan huruf tersebut dibaca mati karena berharakat sukun asli atau karena waqof.
Huruf qolqolah ada 5, yaitu: ق, ط , ب , ج, د . Terkumpul dalam kalimat:   قَطْبُ جَدٍّ
Hukum bacaan Qalqalah dibagi dua, yaitu qalqalah sugra dan qalqalah kubra
1. Qolqolah Shughro ( القَلْقَلَةُ الصُّغْرَى , qolqolah kecil)
Qolqolah shughro (kecil),yaitu jika huruf qolqolah tersebut dibaca mati karena berharokat sukun asli dan letaknya di tengah lafazh.
Cara pengucapannya: dengan menekan kuat makhroj huruf qolqolah tersebut, sehingga suaranya memantul secara lembut.
Contoh:
Huruf 
Contoh Qolqolah  Shughro
ق
ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s?
ط
Hxx. ¨bÎ) z`»|¡SM}$# #ÓxöôÜuŠs9 ÇÏÈ
ب
Îû $ydÏÅ_ ×@ö7ym `ÏiB ¤|¡¨B ÇÎÈ
ج
óÓ§ô_Í ô`ÏiB È@yJtã Ç`»sÜø¤±9$#
د
ôs)s9ur óOßgø?uä!$y_ $uZè=ßâ

2. Qolqolah Kubro (   القَلْقَلَةُ الكُبْرَى, qolqolah besar)
Qolqolah kubro (besar), yaitu jika huruf qalqalah dibaca mati karena waqof (sukun ‘aridhi) dan letaknya di akhir kalimah/lafazh.
Cara pengucapannya: harus lebih berkumandang dan lebih jelas pantulannya daripada bacaan qolqolah shughro, dan bahkan harus lebih kuat lagi jika huruf qolqolah tersebut berharakat tasydid.
 Contoh:





C.  TUGAS  MANDIRI  SISWA


1. Arti dari
N»s9øF{$#
Adalah …..
a. perjudian          b. minuman keras          c. mengundi nasib       d. berhala
2. Berikut ini merupakan hal-hal yang dilarang dalam QS. Al-Maidah/5 : 90, kecuali....
a. minum khamr        b. berjudi             c. taruhan                 d. berbohong
3. Sesuai QS Al-Maidah : 90, Meminum khamr merupakan cara setan untuk ....
a. membuat manusia lupa untuk zikir kepada Allah
b. mengendalikan manusia berbuat jahat
c. menghambur-hamburkan harta yang dimilikinya
d. menjadikan manusia lupa makan dan tidur
4. Salah satu dampak negatif dari judi adalah ....
a. penjudi menjadi kurus                               c. susah makan dan minum
b. keluarga menjadi terlantar                        d. lebih cepat sakit dan meninggal
5. Ketika kita sedang membaca al-Qur’ān menemukan lafaz yang mengandung bacaan qalqalah maka cara membacanya adalah....
a. berdengung           b. melebur                   c. jelas                    d. memantul
6. Perhatikan potongan ayat 90 QS Al-Maidah berikut ini! 


Ayat tersebut mengandung bacaan qalqalah karena terdapat huruf qalqalah berharakat sukun. Huruf tersebut adalah ....
a. qaf                      b. ba’                     c. dal                          d. jim
7. Suatu lafaz dibaca qalqalah sughra apabila di dalamnya terdapat huruf qalqalah yang berharakat ....
a. kasrah                b. fathah                c. dhummah               d. sukun
8.  Huruf-huruf Qolqolah adalah sebagai berikut   ….
a. ق ذ ب ج د       b. ق ط ب ج د       c. ق ظ ب ج د       d. ق ط ب ج ذ         
9. Perhatikan daftar ayat berikut!
1.
فَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُوْنَ
4.
رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا
2.
يَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ
5.
تَكُوْنَ لَنَا عِيْدًا
3.
نُرِيْدُ  اَنْ نَأْكُلَ


Ayat yang mengandung bacaan qalqalah sughra adalah ....
a. 1 dan 2              b. 1 dan 3                  c. 2 dan 4              d. 2 dan 5
10. Perhatikan daftar ayat berikut!

1.
ö@è% uqèd ª!$# î ymr&   ÇÊÈ
4.
أَرَأَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِ   ÇÊÈ
2.
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ   ÇÊÈ
5.
وَالتِّيْنِ وَ الزَّيْتُوْنِ   ÇÊÈ
3.
ö@è% èŒqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ



Ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubra adalah ....
a. 1 dan 2             b. 1 dan 3                   c. 2 dan 4                      d. 2 dan 5
11. Perhatikan potongan ayat berikut!

No
Bacaan
No
Bacaan
1)
ôxÎm7|¡sù ÏôJpt¿2 y7În/u çnöÏÿøótGó$#ur
4
öNs9ur يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ  ÇÌÈ  
2)
#sŒÎ) uä!$y_ ãóÁtR «!$# ß
5
$tBur öNèd $pk÷]tã tûüÎ6ͬ!$tóÎ/
3)
!$tBur y71u÷Šr& $tB èptãÍ$s)ø9$#
6
$pkšr'¯»tƒ ß`»|¡RM}$# $tB x8¡xî

Contoh  bacaan Qolqolah kubro ditunjukan pada nomor …..
a. 1, 3,           b. 2, 6,                 c. 3, 5,                  d. 3, 4
12. Ayat “لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ” mengandung 2 bacaan qalqalah secara berturut-turut, yaitu
 a. sugra lalu kubra      b. kubra lalu sugra     c. sugra semua      d. kubra semua
13. Perhatikan potongan ayat berikut!
  x8¡xî
















Hukum bacaan Qolqolah sughro terdapat pada nomor …..
a. 1dan 3                   b. 2 dan 5                    c. 3 dan 4             d. 6 dan 7

14.  Perhatikan Qs. Al ‘Adiyat ayat : 3 -  8  berikut ini  !
 Hukum bacaan qalqalah kubra  terdapat pada ayat …..
a.6, 7, 8                    b. 5, 6, 7                    c. 4, 5, 6                d. 3, 4, 5
15.                               menurut bahasa artinya. .....
a. Menutup        b. Rusaknya akal         c. memabukkan        d. Minuman keras
16.                             menurut istilah artinya. .....
a. Menutup        b. Rusaknya akal         c. memabukkan        d. Minuman keras
17.  Ž                          Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tersebut adalah. .....
a. Minuman kesehatan                             c. Mengundi nasib / taruhan          
b. Berjudi                                                   d. Menuman keras
18.                    Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tersebut adalah. .....
a. Minuman kesehatan                             c. Mengundi nasib / taruhan          
b. Berjudi                                                   d. Menuman keras
19.   >$|ÁRF{$#  Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. .....
a. Minuman kesehatan                             c. Mengundi nasib / taruhan          
b. Berjudi                                                   d. Menuman keras
20.                           Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ...
a. Keadilan               b. permusuhan         c. persahabatan        d. kebencian
21.                         Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. Keadilan               b. permusuhan         c. persahabatan        d. kebencian
22.                           Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. keji                        b. berdosa                      c. jijik               d. resek
23..                         Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. maka jauhilah ia                                 c. Maka seakan-akan         
b. kalian beruntung                                d. Kami tetapkan
24.                             Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. maka jauhilah ia                                 c. Maka seakan-akan         
b. kalian beruntung                                d. Kami tetapkan
25.                      Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah...
a. maka jauhilah ia                                 c. Maka seakan-akan         
b. kalian beruntung                                d. Kami tetapkan
26.   عَنِ الصَّلَوةٍ    Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. supaya kalian                           c. sungguh melampaui batas
b. Dari shalat                                 d. dan ia menghalangi kalian
27.  sلَعلَكُمْ    Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah...
a. supaya kalian                           c. sungguh melampaui batas
b. Dari shalat                                 d. dan ia menghalangi kalian
28.               وَ    Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. supaya kalian                           c. sungguh melampaui batas
b. Dari shalat                                 d. dan ia menghalangi kalian
29.                      Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. supaya kalian                           c. sungguh melampaui batas
b. Dari shalat                                 d. dan ia menghalangi kalian
30.                       Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. secara keseluruhan                      c. mengingat Allah        
b. bunuh diri                                     d. membunuh jiwa manusia
31.   قَتَلَ نَفْسًا    Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. secara keseluruhan                      c. mengingat Allah        
b. bunuh diri                                     d. membunuh jiwa manusia
32. ذِكْرِ اللَّهِ    Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. secara keseluruhan                      c. mengingat Allah        
b. bunuh diri                                     d. membunuh jiwa manusia
33.   نَفْسًا    Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. nafsu sahwat                                          c. Jiwa / seseorang
b. Membuat kerusakan                            d. membiarkan hidup
34.   أَحْيَ   Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. nafsu sahwat                                          c. Jiwa / seseorang
b. Membuat kerusakan                            d. membiarkan hidup
35.   فَسَادٍ    Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. nafsu sahwat                                          c. Jiwa / seseorang
b. Membuat kerusakan                            d. membiarkan hidup
36. Setiap perintah dan larangan Allah dimaksudkan untuk mengatur kehidupan orang beriman agar  ….
a. bahagia dan selamat                  c. Kaya dan berkecukupan
b. terhormat dan mulia                   d. mampu menguasai dunia
37.   Berikut ini dilarang Allah untuk dilakukan, sesuai dengan kandungan QS Al-Maidah ayat 90, KECUALI ...
a. minum khomer      b. Ikut undian berhadiah   c. Mengundi nasib     d. berjudi
38.   Rasulullah bersabda : كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ.
Artinya, ”Segala sesuatu yang memabukkan itu .... dan Segala sesuatu yang memabukkan itu ....
a. haram - Khamer                                c. Khamer - haram  
b. haram – berdosa                               d. khamer – larangan keras
39.   Maksud dari hadis Nabi : ” مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ.”, adalah bahwa meminum apa saja yang dapat memabukkan itu ... .
a. haram, jika dalam jumlah banyak
b. haram, meskipun dalam jumlah sedikit  
c. haram, jika memabukkan
d. tidak haram, jika sedikit dan tidak memabukkan
40.   Allah secara tegas melarang orang-orang beriman untuk meminum khomer dan berjudi, kemudian dinyatakan sebagai perbuatan ...., KECUALI ....
a. dosa besar               b. setan               c. mengasikkan                d. keji
41. Perhatikan tabel berikut !
1) tuwak
5) minuman beralkohol
2) whisky
6) Bir Bintang
3) legen
7) degan ijo
4) air seni
8) air limbah / got
Benda Cair yang bisa dikategorikan sebagai khomer ditunjukkan oleh nomer ....
a.  1, 2, 4, 5             b. 2, 5, 6             c. 3, 4, 7, 8              d. 1, 2, 5, 6
42. Perhatikan tabel berikut !
1) pil extasi
5) opium
2) pil oksadon
6) cokelat
3) daun ganja
7) sabu-sabu
4) buah kecubung
8) teletong
Benda padat yang bisa dikategorikan sebagai khomer ditunjukkan oleh nomer ....
a.  1,2,4,5,7           b. 1,3,4,5,7             c. 1,3,4,6,8              d. 1,2,5,7,8
43.   Minuman yang beralkohol dan memabukkan haram dikonsumsi. Diantara dampak negatif dari minuman tersebut adalah ....
a. Meningkatkan kemampuan berfikir dan belajar
b. Merusakkan sistem saraf dan melemahkan daya pikir
c. Meningkatkan kemampuan berimajinasi
d. Meningkatkan kecerdasan dan daya ingat
44.   Sesuai kandungan QS Al-Maidah ayat 90, bahwa meminum khomer, berjudi, mengundi nasib dengan anak panah, ramalan dan sejenisnya termasuk …..
a. Perbuatan keji dan Syaitan              c. perbuatan mahmudah
b. Perbuatan yang merusak moral        d. perbuatan maksiat dan dosa
45.   Sesuai kandungan QS Al-Maidah ayat 90, ada 4 dampak negative yang timbul akibat dari khomer, berjudi, mengundi nasib dengan anak panah, ramalan dan sejenisnya, sebagai berikut KECUALI …..
a. terjadinya permusuhan                   c. menimbulkan kebencian satu sama lain
b. menghalangi ingat kepada Allah   d. ibadah shalatnya tidak diterima
46. Perhatikan hadis Nabi berikut!.
عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ ,  عَنْ أَبِيْهِ . أَنَّ  رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ: مَنْ لَعِبَ بِالنَّرْدِشِيْرٍ فَكَأَنَّمَا صَنَعَ يَدَهُ   فِيْ لَحْمِ حِنْزِيْرٍ. ( رواه مسلم)   
Menurut hadis di atas, orang yang bermain dadu untuk berjudi itu bagaikan ....
a. menangkap kucing didalam karung              c. memegang belut didalam oli
b. meletakkan tangannya pada daging babi     d. menangkap ikan di air keruh
47. Perhatikan hadis Nabi berikut!.
مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ لَمْ يَرْضَ اللهُ عَنْهُ أَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً، فَإِنْ مَاتَ مَاتَ كَافِرًا  وَإِنْ تَابَ تَابَ اللهُ عَلَيْهِ، وَإِنْ عَادَ كَانَ حَقّـَا عَلَى اللهِ أَنْ يَّسْقِيـَهُ مِنْ طِيْنَةِ  الْخَبَالِ قَلَتْ : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا طِيْنَةُ الْخَبَالِ؟ قَالَ : صَدِيْدُ أَهْلِ النَّارِ (رواه أحمد(
Menurut hadis di atas, bahwa orang yang minum khomer tidak akan diridhoi Allah selama ....
a. 40 hari              b. 40 malam          c. 40 hari 40 malam       d. hidupnya       
48.   Sesuai hadis di atas (no soal 47), jika peminum khomer itu mati, maka matinya dianggap mati 
a. munafiq              b. musyrik             c. kafir              d. maksiat       
49.   Sesuai hadis di atas (no soal 47), jika peminum khomer itu mau bertaubat, maka taubatnya 
a. diterima       b. tidak diterima      c. ditangguhkan     d. ditolak       
50.   Sesuai hadis di atas (no soal 47), jika peminum khomer itu mengulangi lagi perbuatannya setelah bertobat, maka di neraka nanti dia akan diberi minum thinatul khobal, yaitu minuman berupa 
a. minuman beralkohol    b. susu babi    c. darah bercampur nanah   d. air kencing
51.   Allah berfirman dalam QS Al-Maidah : 32
Pesan yang terkandung didalam ayat diatas adalah larangan Allah melakukan ...
a. tawuran dan perkelahian massal         c. perjudian dan mabuk-mabukan  
b. ramalan dan pengundian nasib           d. pembunuhan tanpa alasan agama
52.   Ayat 32 QS Al-Maidah di atas (soal nomer 51) ditujukan kepada umat manusia pada umumnya, meskipun secara lahiriyah ayat tertuju kepada …..
a. bani Adam         b. bani umaiyah       c. bani abbasiyah     d. bani israil       
53.   Sesuai dengan pemahaman ayat 32 QS Al-Maidah di atas (soal nomer 51), bahwa orang yang membunuh seseorang, bukan disebabkan karena membunuh atau melakukan kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia melakukan ... kepada seluruh umat manusia”.
a. penganiayaan      b. pembunuhan      c. membiarkan hidup     d. penyantunan       
54.   Sebaliknya, sesuai dengan pemahaman ayat 32 QS Al-Maidah di atas (no soal 51), bahwa orang yang membiarkan hidup kepada seseorang, seolah-olah dia melakukan ... kepada seluruh umat manusia”.
a. penganiayaan      b. pembunuhan      c. membiarkan hidup     d. penyantunan       
55.   Pesan yang terkandung didalam ayat 32 QS Al-Maidah di atas (soal nomer 51) adalah larangan Allah untuk melakukan berbagai bentuk perbuatan yang berakibat pada hilangnya … seseorang.
a. nyawa         b. kehormatan       c. kebahagiaan     d. harta benda      
56. Rasulullah saw bersabda :
لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ  قَتْلِ  مُؤْمِنٍ بِغَيْرِ حَقٍّ.  (رواه ابْنُ مَاجَه)
Maksudnya, bahwa di sisi Allah …..
a. hilangnya nyawa seseorang lebih ringan dari pada hancurnya dunia
b. membunuh orang kafir itu lebih baik daripada membunuh orang mukmin
c. menghancurkan dunia lebih berat daripada membunuh orang mukmin
d. hancurnya dunia lebih ringan daripada membunuh orang mukmin tanpa hak
57. Melakukan pembunuhan terhadap seseorang yang dibenarkan oleh agama Iislam adalah pembunuhan sebagai akibat dari  ….  :
a. tawuran dan perkelahian massal                  c. perang fi sabilillah                               
b. perjudian dan mabuk-mabukan                   d. tabrak lari dan pencurian
58. Rasululloh bersabda:
عَنْ أَبِيْ بَكْرَةَ نُفَيْعِ بْنِ الْحَارِثِ الثَّقَفِي رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ,  أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ    قَالَ: إِذَا الْتَقَى المُسْلِمَانِ بِسَيْفِهِمَا,  فَالْقَاتِلُ وَ الْمَقْتُوْلُ فِى النَّارِ, قُلْتُ :  يَا رَسُوْلَ اللَّهِ,  هَذَا الْقَاتِلُ,  فَمَأ بَالُ الْمَقْتُوْلِ؟  إِنَّهُ كَانَ حَرِيْصًا عَلَى قَتْلِ صَاحِبِهِ .  (متّفق عليه)
Sesuai dengan pemahaman hadis nabi di atas, bahwa pembunuhan yang terjadi karena kasus tawuran, perkelahian massal, pertengkaran dan semisalnya, maka yang dimasukkan Allah ke neraka nanti adalah orang yang …..
a. membunuhnya                          c. membunuh dan yang dibunuhnya
b. orang yang dibunuhnya            d. membunuh dan yang membantunya
60. Rasulullah bersabda :
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ فِى اْلخَمْرِ عَشْرَةً: عَاصِرَهَا وَ مُعْتَصِرَهَا وَ شَارِبَهَا وَ حَامِلَهَا وَ اْلمَحْمُوْلَةَ اِلَيْهِ وَ سَاقِيَهَا وَ بَائِعَهَا وَ آكِلَ ثَمَنِهَا وَ
اْلمُشْتَرِيَ لَهَا وَ اْلمُشْتَرَاةَ لَهُ.   (رواه الترمذى و ابن ماجه)
Sesuai isi kandungan hadis nabi di atas, ada 10 orang yang dilaknat oleh Rasulullah sehubungan dengan mengkonsumsi khomer. Sebutkan !

60

.................................................
65

.................................................
61

.................................................
66

.................................................
62

.................................................
67

.................................................
63

.................................................
68

.................................................
64

.................................................
69

.................................................

2. Allah berfirman dalam QS Al-Maidah : 91
$yJ¯RÎ) ߃̍ムß`»sÜø¤±9$# br& yìÏ%qムãNä3uZ÷t/ nourºyyèø9$# uä!$ŸÒøót7ø9$#ur Îû ̍÷Ksƒø:$# ÎŽÅ£÷yJø9$#ur öNä.£ÝÁtƒur `tã ̍ø.ÏŒ «!$# Ç`tãur Ío4qn=¢Á9$# ( ö@ygsù LäêRr& tbqåktJZB

Sebutkan 4 dampak negatif dari khomer dan berjudi sesuai dengan yang disebutkan dalam QS Al-Maidah : 91 di atas !

70

....................................................................................................................
71

....................................................................................................................
72

....................................................................................................................
73

....................................................................................................................








6 komentar:

  1. Produsen dan pengedar miras di negara demokrasi ini sejak JAman DahULu hingga Sekarang masih dibolehkan beroperasi. Sampai kapan yaa?? #mikir #Islam

    BalasHapus
  2. Eh gua mau kealfamart ada yg mau nitip?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nitip yakult ama husbu gua di isekai,minta tolong cariin yah AWOKAWOKAWOKAWK

      Hapus
  3. Terima kasih, ikut menjadikan sebagai salah satu referensi saya dalam mengajar

    BalasHapus