Bahan Ajar dan Latihan Soal PAI Kurikulum 2013
Untuk Siswa Kelas VIII Semester Genap
SMPN 1 Cerme Gresik – Jawa Timur
___________________________________________
Penulis :
Drs. A. SUCHAIMI, M.A
A. Q.S. AL-MAIDAH [5] AYAT 90-91 DAN
AYAT 32
1. Bacaan QS Al-Maidah [5] ayat 90-91 dan ayat 32
a. QS Al-Maidah [5] : 90-91
b. QS Al-Maidah [5] : 32
2. Arti Mufrodat (Perkata) QS Al-Maidah, 5 ayat 90-91 dan ayat 32
a. QS Al-Maidah [5] : 90-91
b. QS Al-Maidah [5] : 32
3. Terjemah QS Al-Maidah [5] : 90-91 dan
Ayat 32
a. QS Al-Maidah [5] : 90-91
”Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar,
berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah
termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu
mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan
itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu
lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat
Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)”. (QS Al-Maidah, 5 : 90 – 91)
b. QS Al-Maidah [5] : 32
“Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi
Bani Israil, bahwa barang siapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu
membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka
seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan
seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia.
Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa)
keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka
setelah itu melampaui batas di bumi.”
(Q.S. Al-Māidah /5 : 32)
4. Pesan Kandungan QS Al-Maidah [5] :
90-91 dan Ayat 32
a. Pesan Kandungan QS
Al-Maidah [5] : 90-91
Allah menghendaki kebaikan hidup orang
mukmin. Setiap perintah dan larangan Allah dimaksudkan untuk mengatur kehidupan
orang beriman supaya mencapai kebahagiaan dan keselamatan hidup dunia dan
akhirat. Di antara contoh perintah tersebut adalah perintah untuk mengonsumsi
makanan dan minuman yang halal. Contoh larangan Allah adalah larangan
mengonsumsi makanan dan minuman yang haram. Allah menghalalkan segala jenis
makanan dan minuman yang mendatangkan manfaat. Sebaliknya, Allah mengharamkan
segala jenis makanan dan minuman yang mendatangkan madharat.
Pada kedua ayat (QS Al-Maidah : 90-91)
ini Allah menegaskan larangan-Nya terhadap 4 hal, yaitu :
1) minuman keras &
memabukkan (الخمر);
2) berjudi (الميسر);
3) mempersembahkan
kurban untuk patung atau segala sesuatu yang dipertuhankan (الأنصاب);
4) mengundi nasib (الأزلام), dan berbagai
bentuk ramalan nasib
Apa itu Khamr ?
Menurut bahasa, ”الخَمْرُ”
(Khamr) dari kata “خَمَرَ” (Khamara) yang artinya penutup”. Jadi Khamr adalah
hal-hal yang bisa menutupi akal fikiran.
Apa saja yang bisa
menutup, merusak & menghilangkan akal dapat dikategorikan sebagai khomr,
baik berasal dari benda cair seperti tuwak, bir, wiski, dan berbagai minuman
lain yang beralkohol, dll, maupun benda padat, seperti ganja, morfin, opium,
marijuana, sabu-sabu, extacy, serta beraneka jenis obat yang tergolong psikotropika
& narkotika. dll.
Khomr hukumnya
haram, sebagaimana hadis Nabi SAW :
كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ مُسْكِرٍ
حَرَامٌ. وَمَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِى الدُّنْيَا
فَمَاتَ وَهُوَ يُدْمِنُهَا لَمْ يَتُبْ لَمْ يَشْرَبْهَا فِى الْآخِرَةِ . ( رواه مسلم)
Artinya : ”Setiap
yang memabukkan adalah khomer (minuman keras), dan setiap yang memabukkan
adalah haram. Barangsiapa yang meminum khomer di dunia, la dia mati dalam
keadaan terbiasa meminumnya (tidak bertaubat), maka dia tidak akan meminum
khomer besok di akhirat”. (H.R. Muslim, dari Abnu Umar r.a.)
Meminum Khomr, meskipun sedikit & tidak menyebabkan
mabuk, hukumnya tetap haram, sebagaimana
hadis Nabi SAW :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص
قَالَ: مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ. (احمد و ابن ماجه و الدارقطنى)
Artinya : Dari Ibnu Umar, dari Nabi SAW, beliau
bersabda, “Minuman yang dalam jumlah banyak memabukkan, maka sedikitpun juga
haram”. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Daruquthni, dan dia
menshahihkannya]
Rosululloh
melaknat 10 orang yang berkaitan dengan Khomr, sebagaimana dalam hadis Nabi
SAW:
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ
اللهِ فِى اْلخَمْرِ عَشْرَةً: عَاصِرَهَا وَ مُعْتَصِرَهَا وَ شَارِبَهَا وَ
حَامِلَهَا وَ اْلمَحْمُوْلَةَ اِلَيْهِ وَ سَاقِيَهَا وَ بَائِعَهَا وَ آكِلَ
ثَمَنِهَا وَ اْلمُشْتَرِيَ لَهَا وَ اْلمُشْتَرَاةَ لَهُ. (رواه الترمذى و ابن ماجه)
Artinya : Dari
Anas ia berkata, “Rasulullah SAW melaknat sepuluh orang yang berkaitan dengan
khomer : 1). Orang yang memerasnya (produsen), 2). Pengepul (distributor), 3). peminumnya,
4). Orang yang membawanya (pengedar), 5). Pengirimnya (kurir), 6). pelayan,
penuang mkinuman, 7. Penjualnya, 8). Orang yang memetik dari hasil penjualan, 9).
Pembeli / pembayar, 10. Orang yang minta dibelikannya (pemesan)”. [HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Berjudi ?
Berjudi amat besar bahayanya bagi
perorangan dan masyarakat. Judi dapat merusak pribadi dan moral seseorang,
karena seorang penjudi selalu berangan-angan akan mendapat keuntungan besar
tanpa bekerja dan berusaha, dan menghabiskan umurnya di meja judi tanpa menghiraukan
kesehatannya, keperluan hidupnya dan hidup keluarganya yang menyebabkan
runtuhnya sendi-sendi rumah tangga.
Judi akan
menimbulkan permusuhan antara sesama penjudi dan mungkin pula permusuhan ini
dilanjutkan dalam pergaulan sehingga merusak masyarakat. Berapa banyak rumah
tangga yang berantakan, harta yang musnah karena judi. Tidak ada seorang yang
kaya semata-mata karena berjudi.
Rasulullah SAW
menjelaskan dalam hadisnya:
عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ , عَنْ أَبِيْهِ . أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ لَعِبَ
بِالنَّرْدِشِيْرٍ فَكَأَنَّمَا صَنَعَ يَدَهُ
فِيْ لَحْمِ حِنْزِيْرٍ. ( رواه مسلم)
Artinya : Dari Sulaiman
bin Buraidah, dari bapaknya. Bahwa Rasululloh saw bersabda : ”Barangsiapa
yang bermain dadu (judi), maka seakan-akan dia telah membenamkan tangannya
kedalam daging babi”. (H.R. Muslim)
Allah secara tegas melarang orang-orang
beriman untuk meminum khomer dan berjudi, kemudian dinyatakan sebagai perbuatan
dosa besar, perbuatan keji, perbuatan setan, dan berdampak
negatif/berakibat buruk bagi pelakunya. Diantara dampak negatifnya adalah bisa menimbulkan
:
1) terjadinya permusuhan
(العَدَاوَة);
2) terjadinya kebencian
satu sama lain (البَغْضَاء);
3) menghalangi ingat
kepada Allah (يَصُدَّ عَنْ ذِكْرِ اللَّه);
4) mengganggu /
membuat kacau ketika shalat (يَصُدَّ عَنْ الصَّلاَة)
Selain dampak negative di atas, Rasululloh
menjelaskan akibat buruk lainnya bagi peminum khomer, jika dia tidak segera
bertaubat, sebagaimana Hadis Nabi :
مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ لَمْ يَرْضَ اللهُ
عَنْهُ أَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً، فَإِنْ مَاتَ مَاتَ كَافِرًا وَإِنْ تَابَ
تَابَ اللهُ عَلَيْهِ، وَإِنْ عَادَ كَانَ حَقّـَا عَلَى اللهِ أَنْ يَّسْقِيـَهُ
مِنْ طِيْنَةِ الْخَبَالِ قَلَتْ : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا طِيْنَةُ الْخَبَالِ؟ قَالَ : صَدِيْدُ أَهْلِ النَّارِ (رواه أحمد(
Artinya
: “Siapa saja yang minur khamar, maka Allah tidak akan ridho kepadanya
selama empat puluh malam. Bila ia mati saat itu,
maka matinya dalam keadaan kafir. Dan bila ia bertobat, maka Allah akan
menerima tobatnya. Kemudian jika ia mengulang kembali (meminum khamar), maka
Allah memberinya minuman dari “thinatil khabal”. (Asma’ bertanya, “Ya
Rasulullah, apakah thinatil khabali itu?. (Rasulullah) menjawab, “Darah
bercampur nanah ahli neraka.
(HR Ahmad)
b. Pesan Kandungan QS
Al-Maidah [5] : 32
Dalam ayat ini
Allah menegaskan laranganNya terhadap berbagai tindakan kekerasan seperti
pemerasan, pemaksaan, tawuran, pertengkaran, perkelahian dll, yang bisa
berakibat kepada pembunuhan.
Meskipun dalam
ayat ini disebutkan bahwa larangan membunuh tersebut ditujukan kepada Bani
Israil, tetapi pada hakikatnya larangan ini berlaku untuk seluruh manusia di
dunia. Segala tindakan
yang dapat menghilangkan nyawa orang lain sangat berat dosanya di sisi Allah
Swt. Bahkan ditegaskan bahwa membunuh seseorang adalah seperti membunuh semua
manusia. Sebaliknya, pahala memelihara kehidupan seseorang seperti pahala
memelihara kehidupan semua manusia.
Ketahuilah
bahwa orang yang mati karena dibunuh oleh seseorang tanpa ada alasan yang
dibenarkan oleh agama (bighoiri haqq, seperti perang jihad, melaksanakan
hukuman, dll), maka kelak di akhirat tangan kanannya memegang kepalanya sendiri
dengan urat leher mengeluarkan darah. Sedangkan tangan kirinya menyeret orang
yang membunuhnya untuk dihadapkan kepada Allah Swt. Orang yang dibunuh ini
kemudian berkata, “Wahai Tuhanku, orang inilah yang telah membunuhku”,
lalu Allah berfirman kepada pembunuh itu, “Celakalah engkau!” lalu
pembunuh itu diseret ke neraka. Sungguh kita berlindung kepada Allah agar
dijauhkan dari perbuatan keji ini.
Rasulullah
saw. :
عَنِ الْبَرَّاءِ بْنِ عَازِبٍ, أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ قَالَ : لَزَوَالُ الدُّنْيَا
أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ قَتْلِ مُؤْمِنٍ بِغَيْرِ حَقٍّ. (رواه ابْنُ مَاجَه)
Artinya : Dari Al Bara bin Azib, sesungguhnya Rasulullah saw.
pernah bersabda: “Kehancuran dunia (nilainya) lebih ringan di sisi Allah dari
pada seseorang membunuh seorang mukmin tanpa hak.” (H.R. Ibnu Majah)
Bagaimana
resiko dan dampak negative bagi orang yang dengan sengaja terlibat ikut
tawuran, perkelahian massal, saling membunuh, carok, dan sejenisnya?. Dalam hal
ini, Rasululloh bersabda:
عَنْ أَبِيْ بَكْرَةَ نُفَيْعِ بْنِ الْحَارِثِ الثَّقَفِي
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ, أَنَّ رَسُوْلَ
اللَّهِ قَالَ: إِذَا الْتَقَى
المُسْلِمَانِ بِسَيْفِهِمَا, فَالْقَاتِلُ وَ
الْمَقْتُوْلُ فِى النَّارِ, قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللَّهِ, هَذَا الْقَاتِلُ, فَمَأ بَالُ
الْمَقْتُوْلِ؟ إِنَّهُ كَانَ حَرِيْصًا
عَلَى قَتْلِ صَاحِبِهِ .
(متّفق
عليه)
Artinya: “Dari Abi Bakrah, Nufai’ bin
al-Harits r.a., bahwa Nabi SAW bersabda : Apabila ada dua orang muslim bertemu
dengan memanggul pedangnya, maka pembunuh dan yang terbunuh sama-sama masuk
neraka. Saya bertanya: Wahai Rasulullah, kalau ini pembunuh, lalu bagaimana
yang yang terbunuh?. Beliau menjawab: sesungguhnya yang terbunuh pun juga ingin
membunuh temannya”. (HR Muttafaq ‘alaih, Bukhari-Muslim).
Jadi,
sekarang kalian menjadi semakin tahu dan jelas mengenai hukum dan ketentuan bagi
siapa saja yang terlibat dalam pertikaian, pertengkaran, perkelahian, tawuran,
dan sejenisnya. Semua ini dilarang keras dan pertanggungjawabannya sangat berat
baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, mereka tentu akan berurusan dengan
pihak yang berwajib. Sedangkan di akhirat, ancaman hukumannya juga sangat
berat.
’Perlu
disadari, mereka yang terlibat dalam pertikaian, pertengkaran, perkelahian,
tawuran, dan sejenisnya pada umumnya hanya dipicu oleh permasalahan yang sepele
seperti saling mengejek atau karena cemburu. Sungguh sayang jika masalah yang
sepele itu berujung pada pertikaian yang nantinya ada yang cidera, dirawat di
rumah sakit, bahkan sampai ada yang meninggal dunia. Untuk itu jauhilah
perbuatan keji ini mulai dari diri kita masing-masing dan mulai dari sekarang.
B. HUKUM BACAAN QOLQOLAH
Pengertian. Menurut bahasa, qolqolah artinya bergerak, memantul
dan bergetar. Menurut istilah, qolqolah
ialah membunyikan huruf-huruf tertentu dengan suara memantul dari makhroj-nya
disebabkan huruf tersebut dibaca mati karena berharakat sukun asli atau
karena waqof.
Huruf qolqolah ada 5, yaitu: ق, ط , ب , ج, د . Terkumpul dalam kalimat: قَطْبُ جَدٍّ
Hukum bacaan Qalqalah dibagi dua, yaitu qalqalah sugra
dan qalqalah kubra
1. Qolqolah Shughro (
القَلْقَلَةُ الصُّغْرَى , qolqolah kecil)
Qolqolah
shughro (kecil),yaitu jika huruf qolqolah tersebut dibaca
mati karena berharokat sukun asli dan letaknya di tengah lafazh.
Cara pengucapannya: dengan menekan kuat makhroj
huruf qolqolah tersebut,
sehingga suaranya memantul secara lembut.
Contoh:
Huruf
|
Contoh
Qolqolah Shughro
|
ق
|
ôs)s9
$uZø)n=y{
z`»|¡SM}$#
þÎû
Ç`|¡ômr& 5OÈqø)s?
|
ط
|
Hxx.
¨bÎ)
z`»|¡SM}$#
#ÓxöôÜus9 ÇÏÈ
|
ب
|
Îû
$ydÏÅ_ ×@ö7ym
`ÏiB
¤|¡¨B ÇÎÈ
|
ج
|
óÓ§ô_Í ô`ÏiB È@yJtã Ç`»sÜø¤±9$#
|
د
|
ôs)s9ur óOßgø?uä!$y_ $uZè=ßâ
|
2.
Qolqolah Kubro ( القَلْقَلَةُ الكُبْرَى, qolqolah besar)
Qolqolah kubro (besar), yaitu jika huruf
qalqalah dibaca mati karena waqof (sukun ‘aridhi) dan
letaknya di akhir kalimah/lafazh.
Cara pengucapannya: harus lebih berkumandang dan lebih
jelas pantulannya daripada bacaan qolqolah shughro, dan bahkan harus
lebih kuat lagi jika huruf qolqolah tersebut berharakat tasydid.
Contoh:
C. TUGAS MANDIRI
SISWA
1. Arti dari
|
N»s9øF{$#
|
Adalah …..
|
a. perjudian b. minuman keras c. mengundi nasib d.
berhala
2.
Berikut ini merupakan hal-hal yang
dilarang dalam QS. Al-Maidah/5 : 90, kecuali....
a. minum khamr b. berjudi c. taruhan d. berbohong
3.
Sesuai QS Al-Maidah : 90, Meminum khamr
merupakan cara setan untuk ....
a. membuat manusia lupa untuk zikir
kepada Allah
b. mengendalikan manusia berbuat jahat
c. menghambur-hamburkan harta yang
dimilikinya
d. menjadikan manusia lupa makan dan
tidur
4.
Salah satu dampak negatif dari judi
adalah ....
a. penjudi menjadi kurus c. susah makan
dan minum
b. keluarga menjadi terlantar d. lebih cepat sakit
dan meninggal
5.
Ketika kita sedang membaca al-Qur’ān
menemukan lafaz yang mengandung bacaan qalqalah maka cara membacanya adalah....
a. berdengung b. melebur c. jelas d. memantul
6.
Perhatikan potongan ayat 90 QS Al-Maidah berikut
ini!
|
Ayat tersebut
mengandung bacaan qalqalah karena terdapat huruf qalqalah berharakat sukun.
Huruf tersebut adalah ....
a. qaf b. ba’ c. dal d. jim
7. Suatu lafaz dibaca qalqalah sughra
apabila di dalamnya terdapat huruf qalqalah yang berharakat ....
a. kasrah b. fathah c. dhummah d. sukun
8. Huruf-huruf
Qolqolah adalah sebagai berikut ….
a. ق ذ ب ج د b. ق ط ب
ج د c.
ق ظ ب
ج د d. ق ط ب ج ذ
9. Perhatikan daftar ayat berikut!
1.
|
فَاشْهَدْ بِأَنَّا
مُسْلِمُوْنَ
|
4.
|
رَبَّنَا أَنْزِلْ
عَلَيْنَا
|
2.
|
يَا عِيْسَى ابْنَ
مَرْيَمَ
|
5.
|
تَكُوْنَ لَنَا
عِيْدًا
|
3.
|
نُرِيْدُ اَنْ نَأْكُلَ
|
|
|
Ayat yang mengandung
bacaan qalqalah sughra adalah ....
a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 4 d. 2 dan 5
10. Perhatikan daftar ayat berikut!
1.
|
ö@è% uqèd ª!$#
î ymr& ÇÊÈ
|
4.
|
أَرَأَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِ ÇÊÈ
|
2.
|
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ ÇÊÈ
|
5.
|
وَالتِّيْنِ وَ الزَّيْتُوْنِ ÇÊÈ
|
3.
|
ö@è% èqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ
|
|
|
Ayat yang mengandung
bacaan qalqalah kubra adalah ....
a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 4 d. 2 dan 5
11. Perhatikan potongan ayat berikut!
No
|
Bacaan
|
No
|
Bacaan
|
1)
|
ôxÎm7|¡sù ÏôJpt¿2 y7În/u çnöÏÿøótGó$#ur
|
4
|
öNs9ur
يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ
ÇÌÈ
|
2)
|
#sÎ) uä!$y_ ãóÁtR «!$# ß
|
5
|
$tBur öNèd $pk÷]tã tûüÎ6ͬ!$tóÎ/
|
3)
|
!$tBur y71u÷r& $tB èptãÍ$s)ø9$#
|
6
|
$pkr'¯»t ß`»|¡RM}$# $tB x8¡xî
|
Contoh bacaan Qolqolah kubro ditunjukan pada nomor
…..
a. 1, 3, b. 2, 6, c. 3, 5, d. 3, 4
12. Ayat “لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ”
mengandung 2 bacaan qalqalah secara berturut-turut, yaitu
a. sugra lalu kubra b. kubra lalu sugra c. sugra semua d. kubra semua
13. Perhatikan potongan ayat berikut!
x8¡xî
Hukum bacaan Qolqolah
sughro terdapat pada nomor …..
a. 1dan 3 b. 2 dan 5 c. 3 dan 4 d. 6 dan 7
14.
Perhatikan Qs. Al ‘Adiyat ayat : 3 -
8 berikut ini !
Hukum bacaan qalqalah kubra terdapat pada ayat …..
a.6, 7, 8 b. 5, 6, 7 c. 4, 5, 6 d. 3, 4, 5
15.
menurut bahasa artinya. .....
a. Menutup b. Rusaknya akal c. memabukkan d. Minuman keras
16.
menurut istilah artinya. .....
a. Menutup b. Rusaknya akal c. memabukkan d. Minuman keras
17. Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tersebut
adalah. .....
a. Minuman
kesehatan c.
Mengundi nasib / taruhan
b. Berjudi d. Menuman
keras
18. Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tersebut adalah. .....
a. Minuman
kesehatan c.
Mengundi nasib / taruhan
b. Berjudi d. Menuman
keras
19. >$|ÁRF{$# Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS
al-Maidah tsb adalah. .....
a. Minuman
kesehatan c.
Mengundi nasib / taruhan
b. Berjudi d. Menuman
keras
20. Arti
mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ...
a. Keadilan b. permusuhan c.
persahabatan d. kebencian
21. Arti
mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. Keadilan b. permusuhan c.
persahabatan d. kebencian
22. Arti mufrodat dari
potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. keji b. berdosa c. jijik d. resek
23.. Arti mufrodat dari potongan ayat 90 QS
al-Maidah tsb adalah. ....
a. maka jauhilah
ia c. Maka
seakan-akan
b. kalian
beruntung d. Kami tetapkan
24. Arti mufrodat dari potongan ayat 32
QS al-Maidah tsb adalah.....
a. maka jauhilah
ia c. Maka
seakan-akan
b. kalian
beruntung d. Kami tetapkan
25. Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS
al-Maidah tsb adalah...
a. maka jauhilah
ia c. Maka
seakan-akan
b. kalian
beruntung d. Kami tetapkan
26. عَنِ الصَّلَوةٍ Arti mufrodat dari
potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. supaya kalian c. sungguh melampaui batas
b. Dari shalat d. dan ia
menghalangi kalian
27. sلَعلَكُمْ
Arti
mufrodat dari potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah...
a. supaya kalian c. sungguh melampaui batas
b. Dari
shalat d.
dan ia menghalangi kalian
28. وَ
Arti mufrodat dari
potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. supaya kalian c. sungguh melampaui batas
b. Dari
shalat d.
dan ia menghalangi kalian
29. Arti mufrodat dari potongan ayat 32
QS al-Maidah tsb adalah.....
a. supaya kalian c. sungguh melampaui batas
b. Dari
shalat d.
dan
ia menghalangi kalian
30. Arti mufrodat dari
potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. secara
keseluruhan c.
mengingat Allah
b. bunuh
diri d. membunuh jiwa
manusia
31. قَتَلَ نَفْسًا Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS
al-Maidah tsb adalah.....
a. secara
keseluruhan c.
mengingat Allah
b. bunuh
diri d. membunuh jiwa
manusia
32. ذِكْرِ اللَّهِ
Arti mufrodat dari
potongan ayat 90 QS al-Maidah tsb adalah. ....
a. secara
keseluruhan c.
mengingat Allah
b. bunuh
diri d. membunuh jiwa
manusia
33. نَفْسًا Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS
al-Maidah tsb adalah.....
a. nafsu sahwat c. Jiwa /
seseorang
b. Membuat
kerusakan d. membiarkan hidup
34. أَحْيَ Arti mufrodat dari
potongan ayat 32 QS al-Maidah tsb adalah.....
a. nafsu sahwat c. Jiwa /
seseorang
b. Membuat
kerusakan d. membiarkan hidup
35. فَسَادٍ Arti mufrodat dari potongan ayat 32 QS
al-Maidah tsb adalah.....
a. nafsu sahwat c. Jiwa /
seseorang
b. Membuat
kerusakan d. membiarkan hidup
36. Setiap perintah dan
larangan Allah dimaksudkan untuk mengatur kehidupan orang beriman agar ….
a. bahagia dan selamat c. Kaya dan berkecukupan
b. terhormat dan mulia d. mampu menguasai dunia
37. Berikut ini dilarang Allah untuk dilakukan,
sesuai dengan kandungan QS Al-Maidah ayat 90, KECUALI ...
a. minum
khomer b. Ikut undian berhadiah c. Mengundi nasib d. berjudi
38. Rasulullah
bersabda : كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ مُسْكِرٍ
حَرَامٌ.
Artinya, ”Segala
sesuatu yang memabukkan itu .... dan Segala sesuatu yang memabukkan itu ....
a. haram - Khamer c. Khamer - haram
b. haram –
berdosa d. khamer
– larangan keras
39. Maksud dari hadis Nabi : ” مَا اَسْكَرَ
كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ.”, adalah bahwa meminum apa saja yang dapat memabukkan
itu ... .
a. haram, jika
dalam jumlah banyak
b. haram,
meskipun dalam jumlah sedikit
c. haram, jika
memabukkan
d. tidak haram,
jika sedikit dan tidak memabukkan
40. Allah secara tegas melarang orang-orang
beriman untuk meminum khomer dan berjudi, kemudian dinyatakan sebagai perbuatan
...., KECUALI ....
a. dosa besar b. setan c. mengasikkan d. keji
41. Perhatikan
tabel berikut !
1) tuwak
|
5) minuman beralkohol
|
2) whisky
|
6) Bir Bintang
|
3) legen
|
7) degan ijo
|
4) air seni
|
8) air limbah / got
|
Benda Cair yang bisa dikategorikan sebagai khomer ditunjukkan oleh nomer ....
a. 1, 2, 4, 5 b. 2, 5, 6 c. 3, 4, 7, 8 d. 1, 2, 5, 6
42. Perhatikan tabel berikut !
1) pil extasi
|
5) opium
|
2) pil oksadon
|
6) cokelat
|
3) daun ganja
|
7) sabu-sabu
|
4) buah kecubung
|
8) teletong
|
Benda padat yang bisa
dikategorikan sebagai khomer ditunjukkan oleh nomer ....
a. 1,2,4,5,7 b. 1,3,4,5,7 c. 1,3,4,6,8 d. 1,2,5,7,8
43. Minuman yang beralkohol dan
memabukkan haram dikonsumsi. Diantara dampak negatif dari minuman tersebut adalah
....
a.
Meningkatkan kemampuan berfikir dan belajar
b.
Merusakkan sistem saraf dan melemahkan daya pikir
c.
Meningkatkan kemampuan berimajinasi
d.
Meningkatkan kecerdasan dan daya ingat
44.
Sesuai kandungan QS Al-Maidah ayat 90,
bahwa meminum khomer, berjudi, mengundi nasib dengan anak panah, ramalan dan
sejenisnya termasuk …..
a.
Perbuatan keji dan Syaitan c. perbuatan mahmudah
b.
Perbuatan yang merusak moral d. perbuatan maksiat dan dosa
45.
Sesuai kandungan QS Al-Maidah ayat 90,
ada 4 dampak negative yang timbul akibat dari khomer, berjudi, mengundi nasib
dengan anak panah, ramalan dan sejenisnya, sebagai berikut KECUALI …..
a.
terjadinya permusuhan c. menimbulkan kebencian satu
sama lain
b.
menghalangi ingat kepada Allah d.
ibadah shalatnya tidak diterima
46.
Perhatikan hadis Nabi berikut!.
عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ , عَنْ أَبِيْهِ . أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ لَعِبَ بِالنَّرْدِشِيْرٍ فَكَأَنَّمَا صَنَعَ
يَدَهُ فِيْ لَحْمِ حِنْزِيْرٍ. ( رواه مسلم)
Menurut hadis di
atas, orang yang bermain dadu untuk berjudi itu bagaikan ....
a. menangkap kucing didalam karung c. memegang belut didalam oli
b. meletakkan tangannya pada daging babi d. menangkap ikan di air keruh
47. Perhatikan hadis Nabi berikut!.
مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ لَمْ يَرْضَ اللهُ
عَنْهُ أَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً، فَإِنْ مَاتَ مَاتَ كَافِرًا وَإِنْ تَابَ
تَابَ اللهُ عَلَيْهِ، وَإِنْ عَادَ كَانَ حَقّـَا عَلَى اللهِ أَنْ يَّسْقِيـَهُ
مِنْ طِيْنَةِ الْخَبَالِ قَلَتْ : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا طِيْنَةُ الْخَبَالِ؟ قَالَ : صَدِيْدُ أَهْلِ النَّارِ (رواه أحمد(
Menurut hadis di atas, bahwa orang yang minum khomer
tidak akan diridhoi Allah selama ....
a. 40 hari b. 40 malam c. 40 hari 40 malam d. hidupnya
48.
Sesuai hadis di atas (no soal 47), jika
peminum khomer itu mati, maka matinya dianggap mati …
a.
munafiq b. musyrik c. kafir d. maksiat
49.
Sesuai hadis di atas (no soal 47), jika
peminum khomer itu mau bertaubat, maka taubatnya …
a.
diterima b. tidak diterima c. ditangguhkan d. ditolak
50.
Sesuai hadis di atas (no soal 47), jika
peminum khomer itu mengulangi lagi perbuatannya setelah bertobat, maka di
neraka nanti dia akan diberi minum thinatul khobal, yaitu minuman
berupa …
a. minuman
beralkohol b. susu babi
c. darah bercampur nanah d. air
kencing
51. Allah berfirman dalam QS Al-Maidah : 32
Pesan yang terkandung didalam ayat diatas adalah larangan
Allah melakukan ...
a. tawuran dan perkelahian massal c. perjudian dan mabuk-mabukan
b. ramalan dan pengundian nasib d. pembunuhan tanpa alasan agama
52.
Ayat 32 QS Al-Maidah di atas (soal nomer
51) ditujukan kepada umat manusia pada umumnya, meskipun secara lahiriyah ayat tertuju
kepada …..
a.
bani Adam b. bani umaiyah c.
bani abbasiyah d. bani israil
53.
Sesuai dengan pemahaman ayat 32 QS
Al-Maidah di atas (soal nomer 51), bahwa orang yang membunuh seseorang, bukan disebabkan
karena membunuh atau melakukan kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia melakukan
... kepada seluruh umat manusia”.
a.
penganiayaan b. pembunuhan c. membiarkan hidup d. penyantunan
54.
Sebaliknya, sesuai dengan pemahaman ayat
32 QS Al-Maidah di atas (no soal 51), bahwa orang yang membiarkan hidup kepada
seseorang, seolah-olah dia melakukan ... kepada seluruh umat manusia”.
a.
penganiayaan b. pembunuhan c. membiarkan hidup d. penyantunan
55. Pesan
yang terkandung didalam ayat 32 QS Al-Maidah di atas (soal nomer 51) adalah
larangan Allah untuk melakukan berbagai bentuk perbuatan yang berakibat pada
hilangnya … seseorang.
a. nyawa b. kehormatan c. kebahagiaan d. harta benda
56. Rasulullah saw bersabda :
لَزَوَالُ الدُّنْيَا
أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ قَتْلِ مُؤْمِنٍ بِغَيْرِ حَقٍّ. (رواه ابْنُ مَاجَه)
Maksudnya,
bahwa di sisi Allah …..
a.
hilangnya nyawa seseorang lebih ringan dari pada hancurnya dunia
b.
membunuh orang kafir itu lebih baik daripada membunuh orang mukmin
c.
menghancurkan dunia lebih berat daripada membunuh orang mukmin
d.
hancurnya dunia lebih ringan daripada membunuh orang mukmin tanpa hak
57.
Melakukan pembunuhan terhadap seseorang yang dibenarkan oleh agama Iislam
adalah pembunuhan sebagai akibat dari …. :
a. tawuran dan perkelahian massal c. perang fi sabilillah
b. perjudian dan mabuk-mabukan d. tabrak lari dan pencurian
58.
Rasululloh bersabda:
عَنْ أَبِيْ بَكْرَةَ نُفَيْعِ بْنِ الْحَارِثِ الثَّقَفِي
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ, أَنَّ رَسُوْلَ
اللَّهِ قَالَ: إِذَا الْتَقَى
المُسْلِمَانِ بِسَيْفِهِمَا, فَالْقَاتِلُ وَ
الْمَقْتُوْلُ فِى النَّارِ, قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللَّهِ, هَذَا الْقَاتِلُ, فَمَأ بَالُ الْمَقْتُوْلِ؟ إِنَّهُ كَانَ حَرِيْصًا عَلَى قَتْلِ
صَاحِبِهِ . (متّفق
عليه)
Sesuai dengan pemahaman hadis nabi di atas, bahwa
pembunuhan yang terjadi karena kasus tawuran, perkelahian massal, pertengkaran
dan semisalnya, maka yang dimasukkan Allah ke neraka nanti adalah orang yang
…..
a. membunuhnya c. membunuh dan yang
dibunuhnya
b. orang yang dibunuhnya d. membunuh dan yang membantunya
60. Rasulullah bersabda :
عَنْ اَنَسٍ
قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ فِى اْلخَمْرِ عَشْرَةً: عَاصِرَهَا وَ
مُعْتَصِرَهَا وَ شَارِبَهَا وَ حَامِلَهَا وَ اْلمَحْمُوْلَةَ اِلَيْهِ وَ
سَاقِيَهَا وَ بَائِعَهَا وَ آكِلَ ثَمَنِهَا وَ
اْلمُشْتَرِيَ لَهَا وَ اْلمُشْتَرَاةَ
لَهُ. (رواه الترمذى و ابن
ماجه)
Sesuai isi
kandungan hadis nabi di atas, ada 10 orang yang dilaknat oleh Rasulullah
sehubungan dengan mengkonsumsi khomer. Sebutkan !
60
|
.................................................
|
65
|
.................................................
|
61
|
.................................................
|
66
|
.................................................
|
62
|
.................................................
|
67
|
.................................................
|
63
|
.................................................
|
68
|
.................................................
|
64
|
.................................................
|
69
|
.................................................
|
2. Allah berfirman
dalam QS Al-Maidah : 91
$yJ¯RÎ) ßÌã ß`»sÜø¤±9$# br& yìÏ%qã ãNä3uZ÷t/ nourºyyèø9$# uä!$Òøót7ø9$#ur Îû Ì÷Ksø:$# ÎÅ£÷yJø9$#ur öNä.£ÝÁtur `tã Ìø.Ï «!$# Ç`tãur Ío4qn=¢Á9$# ( ö@ygsù LäêRr& tbqåktJZB
Sebutkan 4 dampak
negatif dari khomer dan berjudi sesuai dengan yang disebutkan dalam QS
Al-Maidah : 91 di atas !
70
|
....................................................................................................................
|
71
|
....................................................................................................................
|
72
|
....................................................................................................................
|
73
|
....................................................................................................................
|
Produsen dan pengedar miras di negara demokrasi ini sejak JAman DahULu hingga Sekarang masih dibolehkan beroperasi. Sampai kapan yaa?? #mikir #Islam
BalasHapuskunci jawabannya mana?
BalasHapusAssalamualaikum
BalasHapusEh gua mau kealfamart ada yg mau nitip?
BalasHapusnitip yakult ama husbu gua di isekai,minta tolong cariin yah AWOKAWOKAWOKAWK
HapusTerima kasih, ikut menjadikan sebagai salah satu referensi saya dalam mengajar
BalasHapus