Materi Pembelajaran Kelas VII SMP
Penulis : Drs. H. A. Suchaimi, MA
GPAI UPT SMPN 5 Gresik
Kompetensi Dasar Pengetahuan |
3.1. memahami makna QS Al-Mujadilah (58): 11, QS Ar-Rahman (55): 33, dan Hadis terkait tentang menutut ilmu |
|
Kompetensi Dasar Keterampilan |
4.1.1. membaca QS Al-Mujadilah (58): 11, QS Ar-Rahman (55): 33 dengan tartil 5.1.3. menyajikan keterkaitan semangat ilmu dengan pesan QS Al-Mujadilah (58): 11, QS Ar-Rahman (55): 33 |
|
A. MEMBACA AYAT AL-QUR’AN TENTANG ILMU PENGETAHUAN
1. Membaca Q.S. ar-Rahman/55: 33
يٰـمَعْشَرَ الْجِنِّ وَ الْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ أَقْطَارِ السَّمٰـوٰتِ وَ الْأَرْضِ فَانْفُذُوْاۚ لَا تَنْفُذُوْنَ إِلَّابِسُلْطٰـنٍ
2. Membaca Q.S. al-Mujadalah/58: 11
يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْآ إِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْـمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۖ وَ إِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ أُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۖ وَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
3. Memahami Ilmu Tajwid Tentang Hukum Bacaan Panjang / Mad.
Pengertian Mad. Menurut bahasa, “Mad” artinya memanjangkan. Sedangkan menurut istilah ilmu tajwid, “Mad” adalah memanjangkan bunyi bacaan suatu huruf dengan panjang 1 huruf (2 harokat) sampai 3 huruf (6 harokat).
Suatu huruf dibaca panjang (mad) apabila huruf itu diiringi oleh salah satu dari tiga huruf mad, yang meliputi : alif ( ا ), ya’ sukun ( يْ), Wawu sukun ( وْ).
Secara garis, hukum bacaan mad terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu 1) Mad Thobii / mad Ashli, dan 2) mad Far’iy (cabang).
Mad Thobi’iy atau Mad Ashliy adalah hukum bacaan mad yang pokok. Panjang bacaannya satu huruf atau dua harokat.
Perhatikan tanda/cirinya beserta
contohnya pada tabel berikut:
No |
Tanda |
Penjelasan |
Contoh |
1. |
َا |
Huruf berharokat fat-hah diikuti oleh huruf mad “Alif” |
قَالَ |
2. |
ِ يْ |
Huruf berharokat kasroh diikuti oleh huruf mad “Ya’ sukun” |
قِيْلَ |
3. |
ُوْ |
Huruf berharokat dhommah diikuti oleh huruf mad “Wawu sukun” |
قُوْلُوْ |
Dari Mad
Thobi’iy atau Mad Ashliy tersebut, maka berkembang dan
bercabang menjadi beberapa hukum bacaan Mad, yang meliputi :
1. Mad wajib muttashil |
2. Mad jaiz munfashil |
3. Mad ’aridh lissukun |
4. Mad badal |
5. Mad lin |
6. Mad shilah Thawilah |
7. Mad shilah Qoshiroh |
8. Mad Farq |
9. Mad ’iwadh |
10. Mad lazim harfi mukhoffaf |
11. Mad lazim harfi musyba’ |
12. Mad lazim kilmi mukhoffaf |
13. Mad lazim kilmi mutsaqqol |
14. Mad Tamkin |
B. MENGARTIKAN AYAT AL-QUR’AN TENTANG ILMU PENGETAHUAN
1. Arti Mufrodat Dan Terjemahan Q.S. ar-Rahman/55: 33
Arti Mufrodat
Q.S. ar-Rahman/55: 33:
يٰـمَعْشَرَ الْجِنِّ |
Hai jama'ah jin |
وَ الْإِنْسِ |
dan manusia |
إِنِ اسْتَطَعْتُمْ |
Jika kamu sanggup |
أَنْ تَنْفُذُوْا |
menembus (melintasi) |
مِنْ |
Dari |
أَقْطَارِ |
penjuru |
السَّمٰـوٰتِ |
Langit- langit |
وَ الْأَرْضِ |
dan bumi |
فَانْفُذُوْاۚ |
Maka lintasilah |
لَا تَنْفُذُوْنَ |
Tidaklah kamu dapat melintasi |
إِلَّا |
kecuali |
بِسُلْطٰـنٍ |
dengan kekuatan/ kekuasaan |
Arti Terjemahan Q.S. ar-Rahman/55
أرتيۑا: "واهاي جَماعَة جين دان مانوسيا, جيكا كامو ساڠݤوڤ مٓنٓمبوس (مٓلينتاسي) ڤٓنجورو لاڠيت دان بومي, ماكا مٓلينتاسلاه, كامو تيداء داڤات مٓنٓمبوسۑا كٓڇوالي دٓڠان كٓكواتان". (سورة الرَحمان: ٣٣)
2. Arti Mufrodat Dan Terjemahan Q.S. al-Mujadalah/58: 11
Arti Mufrodat
Q.S. al-Mujadalah/58: 11
يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ |
Wahai orang-orang yang |
أٰمَنُوْآ |
Mereka beriman |
إِذَا قِيْلَ |
Jika dikatakan |
لَكُمْ |
Kepada kalian |
تَفَسَّحُوْا |
Berlapang-lapanglah kamu |
فِى الْـمَجٰلِسِ |
Didalam Majlis-majlis |
فَافْسَحُوْا |
Maka lapangkanlah |
يَفْسَحِ اللّٰهُ |
niscaya Allah akan melapangkan |
لَكُمْۖ |
Kepada kalian |
وَ إِذَا قِيْلَ |
Dan Jika dikatakan |
انْشُزُوْا |
Berdirilah kalian |
فَانْشُزُوْا |
Maka berdirilah kalian |
يَرْفَعِ اللّٰهُ |
niscaya Allah akan meninggikan |
الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا |
orang-orang yang beriman |
مِنْكُمْ |
di antara kalian |
وَ الَّذِيْنَ |
Dan orang-orang yang |
أُوْتُوا |
Mereka diberi |
الْعِلْمَ |
ilmu pengetahuan |
دَرَجٰتٍۖ |
Beberapa derajat |
وَ اللّٰهُ |
Dan Alloh |
بِمَا |
Dengan apa saja |
تَعْمَلُوْنَ |
Kalian mengerjakan |
خَبِيْرٌ |
Itu Maha mengetahui |
Arti Terjemahan Q.S. al-Mujadalah/58: 11:
أرتيۑا: "واهاي اورا٢ ياڠ بٓريمان, اڤابيلا ديكاتاكان كٓڤادامو: "بٓرلاڤاڠ-٢لاه دالام ماجليس", ماكا لاڤاڠكانلاه, نيسڇايا اللّه اكان مٓمبٓري كٓلاڤاڠان اونتوءمو. دان اڤابيلا ديكاتاكان "بٓرديريلاه كامو", ماكا بٓرديريلاه¸ نيسڇايا اللّه اكان مٓنيڠݤيكان اوراڠ٢ ياڠ بٓريمان ديأنتارامو دان اوراڠ٢ ياڠ ديبٓري عيلمو ڤٓڠٓتاهوان بٓبٓراڤا دٓراجات, دان اللّه ماها مٓڠٓتاهوي اڤا ياڠ كامو كٓرجاكان". (سورة الرَحمان: ٣٣)
3. Isi Kandungan Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan Q.S. al-Mujadalah/58: 11
Isi Kandungan Q.S. ar-Rahman/55:
Ayat ini menjelaskan tentang pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan umat manusia. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat mengetahui benda-benda langit; bisa menjelajahi angkasa raya; dan mampu menembus sekat-sekat yang selama ini belum terkuak..
Manusia diberi potensi oleh Allah Swt. berupa akal. Akal ini harus terus diasah, diberdayakan dengan cara belajar dan berkarya. Dengan belajar, manusia bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru. Dengan ilmu, manusia dapat berkarya untuk kehidupan yang lebih baik.
Betapa pentingnya ilmu pengetahuan, Nabi Muhammad saw. bersabda:
مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَ اْلآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ. ( رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ )
أرتيۑا: "باراڠ سياڤا ياڠ مٓڠهٓنداكي (كٓباهاݤياأن هيدوڤ) دي دونيا ماكا هاروس دٓڠان عيلمو. باراڠ سياڤا ياڠ مٓڠهٓنداكي (كٓباهاݤياأن هيدوڤ) دي أخيرات, ماكا هاروس دٓڠان عيلمو. دان باراڠ سياڤا ياڠ مٓڠهٓنداكي (كٓباهاݤياأن هيدوڤ) دي دونيا دان أخيرات ماكا هاروس دٓڠان عيلمو. ( رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ )
Hadis Nabi tersebut mengisyaratkan bahwa kemudahan dan kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat dapat dicapai oleh manusia melalui ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tidak akan mudah diperoleh, kecuali dengan beberapa cara dan strategi yang harus dilalui. Dalam hal ini Imam Syafi‘i dalam kitab Diwan menegaskan :
اَلَالَا تَنَألَا تَنَالُ الْعِلْمَ إِلَّا بِسِتَّةٍ *
سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ
ذَكَاءٍ وَ حِرْصٍ وَ اصْطِبَارٍ وَ بُلْغَةٍ *
وَ إِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَ طُوْلِ زَمَانٍ.
أرتيۑا: "كٓتاهويلاه, آڠكاو تيداء اكان مٓمڤٓروليه عيلمو كٓڇوالي دٓڠان آنام شارات: ياإيتو مٓميليكي (۱) كٓڇٓرداسان, (٢) كٓسوڠݤوهان & كٓماوان ياڠ كٓراس, (٣) كٓساباران, (٤) بٓكال ياڠ ڇوكوڤ, (٥) ڤٓڠاراهان \ ڤٓتونجوء ݤورو, (٦) مٓمٓرلوكان واقتو ياڠ لاما".
Isi Kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11
Q.S. al-Mujadalah/58: 11 Menjelaskan keutamaan orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan. Kalau Q.S. ar-Rahman/55:33 menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan, maka ayat ini menegaskan bahwa orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt.
Mengapa orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya? Sudah tentu, orang yang beriman dan memiliki ilmu pengetahuan luas akan dihormati oleh orang lain, diberi kepercayaan untuk mengendalikan atau mengelola apa saja yang terjadi dalam kehidupan ini. Ini artinya tingkatan orang yang beriman dan berilmu lebih tinggi dibanding orang yang tidak berilmu.
Ayat ini juga menjelaskan tentang etika dalam menuntut ilmu. Diantaranya: jika ada orang (guru, teman, dll) di dalam majlis ilmu (kelas, masjid, majlis taklim, tempat pengajian, dll) meminta agar memberi tempat duduk yang layak, atau fasilitas belajar lainnya, hendaklah kalian menaati dan memberi kesempatan. Sebaliknya jika mereka menyuruhmu pergi, berpindah tempat, atau tidak menggunakan fasilitas belajar, hendaklah kalian menaati mereka, dan jangan ngeyel atau melakukan hal-hal yang bertindak semau gue.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar