1.
1. Arman siswi SMP.
Dia selalu menunjukkan orang yang tersesat agar sampai ke tujuannya.
2. Aminah seorang
perempuan yang berparas cantik,berakhlaq mulia membibing tetangganya tatacara solat yang baik.
3. Hakim anak yang
cerdas dan pandai, ketika UNAS
mencontohi temannya
4. Robiah seorang
mubaligh. Tiap hari berkeliling kota untuk membimbing masyarakat supaya kembali
ke jalan Alah.
Ilustrasi diatas
yang mencerminkan Asmaul Husna Al-Hadi adalah….
A. 1 , 2 dan 3
B. 1 , 2 dan 4
C. 1 , 3 dan 4
D. 2 , 3 dan 4
2. Perhatikan perilaku berikut ini:
1) Bu
Aminah pedagang siomay yang selalu jujur dalam berdagang. Hal itu ia
lakukan agar tidak dijauhi pelanggan.
2) Pak samian tidak mau berusaha keras, karena ia yakin
bahwa rizki yang diperolehnya sudah ditentukan oleh Allah SWT.
3) Mahmud melakukan
ibadah dan amal sholeh secara khusyuk, karena ia yakin bahwa seluruh
gerak-geriknya ada yang mencatat dan mengawasinya
4) Nabila siswa kelas IX yang selalu membantu pekerjaan orang tua karena ingin mendapatkan hadiah.
Perilaku yang
mencerminkan beriman kepada malaikat ditunjukkan pada nomor … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
3. Perhatikan
beberapa ilustrasi perilaku terhadap Al-Qur’an !
1). Selalu membaca,
mempelajari dan memahami isi kandungan Al-Qur’an
2). Mengamalkan
sebagian ayat Al-Qur’an hanya untuk mencari keuntungan dunia saja.
3). Mengamalkan ajaran
Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
4). Mengamalkan isi
ajaran Al-Qur’an sebagian saja dalam kehidupan sehari-hari.
5). Mengamalkan ajaran
Al-Qur’an hanya untuk mencari pujian orang saja.
Pernyataan di atas yang mencerminkan
perilaku terhadap Al-Qur’an adalah nomor
...
A.1
dan 5
B.
2 dan 4
C.
1 dan 3
D.
2 dan 5
4. 1). Anisah Mengkaji isi kandungan
Al-Qur’an setiap hari
2). Rahmah menempatkan
Al-Qur’an di tempat yang mulya
3). Seseorang meletakkan
Al-Qur’an di bawah lutut
4). Abdul Hadi mengamalkn sedikit demi sedikit isi Al-Qur’an
Pernyataan di atas yang
merupakan perilaku mencintai Al-Qur’an adalah …
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 2,3 dan 4
D. 1,3 dan 4
5. Perhatikan
Kutripan Kisah Nabi Muhammad saw berikut :
“Nabi Muhammad dalam
menyebarkan agama Islam di awal-awal
kenabian mendapat tantangan dari suku Qurosy dan Musyrikin yang luar biasa
,namun tidak pantang menyerah, dalam
waktu 23 tahun Rosulullah telah berhasil
merubah masyarakat jahiliyah ke masayarakat yang beradab, salah satu kunci
keberhasilan beliau dalam berdakwah adalah karena kecerdasan beliau dalam memilih
strategi dalam berda;wah.di awal-awal Islam beliau menyampaikan dakwah secara,
diam-diam,terbatas pada kaum kerabatnya baru secara terang-terangan
Kisah
tersebut mencerminkan Nabi bersifat...
A. Amanah dan shidiq
B. Tabligh dan Amanah
C. Tabligh dan Fathonah
D. Fathonah dan Shiddiq
6. Nabi Musa adalah salah satu nabi
yang bergelar Ulul Azmi. Dalam menyampaikan dakwah kepada kaumnya untuk tidak
menyembah berhala, mendapat tantangan keras dari kaumnya tapi beliau tidak menyerah bahkan dikejar-kejar oleh raja
Fir’aun . Akhirnya Beliau selamat dan berhasil berkat pertolongan Allah SWT
bisa membelah laut merah.
Pelajaran yang bisa kita petik dari kisah
ini adalah…
A. kejujurannya
B. kecerdasannya
C. ketulusannya
D. ketabahannya
7. Setelah tiupan sangkakala yang
kedua oleh malaikat Isrofil, manusia dibangkitkan dari alam kubur setelah hari
kiamat. Setelah bangkit semua makhluk yang sudah mati digiring menuju alam
mahsyar.
Ayat Al Qur’an yang
menjelaskan tentang kebangkitan manusia di hari akhir adalah ....
A. (QS Al-Haqqah: 16) وَانْشَقَّتِ السَّمَاءُ فَهِيَ يَوْمَئِذٍ وَاهِيَةٌ
B. (QS Al-Zalzalah: 1) إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا
C. (QS Al-Qari’ah: 4) يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
D. (QS Al-Hajj: 22) وَاَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لاَ رَيْبَ فِيْهَا وَ
أَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ
8. Perhatikan ayat 6 surat Al Zalzalah berikut !
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ
أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
Gambaran
peristiwa kiamat kubro menurut ayat di atas adalah ....
A. Seluruh
manusia dibangkitkan dari kubur dalam keadaan bermacam-macam
B. bumi
berguncang dengan dahsyat dan bumi mengeluarkan segala isinya
C. manusia
beterbangan seperti kapas yang ditiup angin dan gunung diletuskan
D.Manusia akan
dimintai pertanggung-jawaban di akhirat nanti
9. Perhatikan
pernyataan-pernyataan di bawah ini!
1. Menyesali
terhadap takdir buruk yang menimpanya
2. Cukup dengan memperbanyak doa tanpa
ikhtiar
3. Bersikap optimis
dan tetap berusaha meskipun belum berhasil
4. Bersabar dan selalu bersyukur atas nikmat yang diperoleh
5. Yakin bahwa nikmat yang diperoleh
semata-mata hasil kerja kerasnya
Ciri-ciri
beriman kepada qadha’ dan qadar terdapat pada nomor … .
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan
4
D. 4 dan 5
10. Perhatikan kasus dibawah ini !
Zaky adalah siswa kelas IX ketika menghadapi uas ia sangat giat belajar
dan optimis pasti akan dapat nilai yang bagus.ketika menerima rapot ternyata
hasilnya tidak memuaskan (jelek). Ia malu terhadap teman-temanya rasanya ingin
bunuh diri dan frustasi .sikap yang harus diambil oleh Zaky adalah …
A. Marah dan benci
sama teman-temanya
B. Sabar dan tabah
terhadap musibah yang datang
C. Ketika ujian
buku di bakar agar ilmu cepat masuk
D. Berusaha membawa
buah tangan kepada guru yang mengajar
11. Nur Na’imah seorang siswi yang santun dalam kata-katanya. Ia tidak
pernah menyinggung teman-temannya. Setiap bertemu dengan orang, ia
menganggukkan kepala disertai dengan mengucapkan salam sehingga ia dihormati
dan disayangi oleh semua orang. Ilustrasi tersebut merupakan perilaku
sehari-hari yang berkaitan dengan akhlak terpuji …
A. Tawakkal
B. Tawadlu’
C. Husnuddlon
D. Taat
12. Perhatikan wacana berikut ini!
Amalia
adalah anak seorang petani. meskipun Amalia hidup serba
kekurangan tetapi ia tidak mengeluh
namun menerima keadaan dengan lapang dada. Amalia terus rajin belajar sampai akhirnya diterima di sebuah perguruan tinggi negeri.
Karena ketekunannya belajar dan ikhlas dengan takdir Allah SWT, Ia lulus dengan
nilai memuaskan, sampai akhirnya
diterima sebagai pegawai kementrian kelauatan. Sikap Intan mencerminkan
sifat…..
A. Zuhud
B. Ananiyah
C. Tawadhu’
D. Sabar
13. Perhatikan pernyataan berikut
1.Sebelum
lembar jawaban diserahkan kepada pengawas ujian, Rani terlebih dahulu
memeriksanya dengan cermat agar tidak ada kekeliruan
2. Sekalipun
sering gagal dalam meraih juara lari 100 meter
Tsabit tidak pernah mengeluh. Ia bangkit dan terus berusaha sampai
berhasil apa yang dicita-citakan.
3. Ketika
menerima uang dari seseorang sebaiknya dihitung terlebih dahulu
4. Dewi selalu belajar dari kegagalannya dalam
bercocok tanam. Kemudian berinovasi agar hasil kebunnya bisa maksimal.
Pernyataan
di atas yang termasuk sikap ulet adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
14. Perhatikan beberapa contoh perilaku berikut !
1) Fuad
seorang siswa kelas IX. Ia senantiasa mendahulukan shalat 5 waktu dalam suasana
apapun, daripada aktifitas duniawi lainnya.
2)
Sebagai seorang sopir bus, pak Andik sangat teliti memeriksa kondisi mobilnya,
agar lancar dan tidak terjadi apa-apa selama dalam perjalanannya
3) Surya
adalah orang kaya yang hidup sederhana, tampil apa adanya dan tidak tergiur
oleh pola hidup konsumtif. Namun ia sangat dermawan.
4) Ketika
sedang mengerjakan soal tes, Imam mengerjakannya dengan sepenuh hati, sehingga
hasilnya maksimal
Ciri-
ciri perilaku zuhud ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
15. Perhatikan ilustrasi berikut
!
1. Sari menceritakan kepada teman-temanya, bahwa
dita mempunyai kebiasaan suka mengganggu temanya yang sedang mengerjakan tugas
di sekolah.
2. Aminah setiap hari mengatakan kalau ibunya
cerewet dan banyak aturan yang harus di kerjakan .jika tidak dipenuhi maka ada
sangsi yang harus di penuhi.
3. Arina bercerita pada Siska bahwa pak Teguh guru
yang tidak disiplin masuk kelas ketika jam pelajaran. yang lebih parah wajahnya
banyak jerawatnya dan kalau tertawa keras sekali.
4. Pak Ridwan seorang ustad di daerahnya, Ia
selalu di undang ceramah kamana-mana setiap orang di beri nasehat untuk tidak
menggunjing aib orang lain. Akan tetapi setiap hari dirinya sendiri membuka aib
keburukan tetangganya.
Pernyataan
tersebut yang menimbulkan dampak negatif dari ghibah adalah …
A. Tidak merusak pergaulan
dan hubungan antar sesama orang
B. Banyak waktu berharga dan
tidak terbuang untuk ghibah
C. Berdosa besar dan di
benci Allah serta menyakiti hati orang yang di gunjing
D. Di sayang Allah dan masuk
surga pertama kali
16. Budi makan di sebuah Restoran sebelum
makan ia mencuci tangan dahulu, berdoa
sesudah dan sebelum makan , ketika makan tidak berkata dan senda gurau,
sedangkan Budiman, Sayuti dan Rico mereka makan tanpa cuci tangan, tanpa berdoa
makanan diacak-acak dan sambil berdiri. Perilaku ketiga anak tersebut yang
sesuai dengan adab makan adalah ….
A. Budiman
B. Sayuti
C. Rico
D. Budi
17. Perhatikan wacana dibawah ini!
Pada hari senin diadakan pertandingan futsal dalam rangka peringatan HUT
Kemerdekaan RI, tim A bertanding dengan tim B. Karena keberpihakan sang wasit,
akhirnya tim futsal B dimenangkan dengan memberi hadiah tendangan finalti
beberapa kali. Tim A merasa dizhalimi oleh wasit, sehingga ketidakadilan sang
wasit ini berbuntut di luar lapangan. Kemudian supporter tim A merusak apa saja
yang ada di sekitar lapangan. Pengrusakan yang dilakukan oleh supporter tim A
termasuk sifat buruk. sikap yang tepat
sesuai dengan ajaran Islam adalah……..
A. Mengajak
wasit berkelahi di luar lapangan.
B. Membicarakan hal tersebut secara baik-baik dengan wasit
C. Mengajak
bermain tim B dengan taruhan uang.
D. Mengajak tim B berkelahi diluar lapangan
18. Abidin selalu berkata bohong sehingga banyak
teman-teman-nya yang tidak
mempercayainya akibatnya dalam pergaulan Abidin …
A. Disenangi
banyak teman
B. Dijauhi
teman dan masyarakat
C. Mendapat
kepercayaan teman
D. Mendapat penghargaan dari teman
19. Perhatikan
pernyataan berikut ini !
Rofiq adalah seorang pelajar SMP. Setiap pergi
ke sekolah, ia diberi uang saku oleh ayahnya sebesar RP.15.000,-. Uang itu
cukup untuk naik angkot dan uang jajan, dan sisanya ditabung. Suatu hari, Rofiq
hanya diberi uang saku oleh ayahnya sebesar RP.5.000,-, ia tetap berangkat
sekolah dengan uang saku tersebut dan tidak merasa kecewa.
Kisah diatas menunjukkan contoh sikap .…
A. Qanaah
B. Tasamuh
C. Sabar
D. Zuhud
20. ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا
ثُقِفُوْا إِلَّا بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَ حَبْلٍ مِنَ النَّاسِ
Ayat ditas
menjelaskan tentang sifat
A. Qona’ah
B. Takabur
C. Dendam
D. Tasammuh
21. Perhatikan
pernyataan berikut !
1) menciptakan
keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat
2) mengikuti
ritual agama lain untuk menghormati mereka
3) berusaha
membina persaudaraan dan menghindari konflik dengan orang lain
4) mewujudkan
ketenangan dan terhindar dari ketegangan dan konflik
Pernyataan diatas
yang bukan termasuk tasamuh adalah ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
22. Perhatikan wacana berikut ini:
Kan’an putra
Nabi Nuh adalah salah satu contoh orang yang takabbur dan tidak mau beriman
kepada Allah , yang dkisahkan dalam Al Qur’an, karena kesombongannya ia tidak
mau dinaikkan perahu oleh ayahnya, akhirnya ditenggelamkan oleh Allah dalam
banjir
Dari cerita
tersebut bisa kita mengambil pelajaran agar kita bisa menghindari sifat
takabbur dengan cara....
A. Menghormati dan menghargai orang lain atas keperbedaan
B. Banyak melakukan istighfar karena tidak ada manusia yang tak bersalah
C. Bersyukur kepada Allah atas kelebihan yang dimiliki dan menerima
pemberian Allah.
D. Melakukan instropeksi bahwa manusia punya kelebihan pasti punya
kekurangan
23 Perhatikan
ayat di bawah ini !
1). الَّذِيْنَ هُمْ يُرَآءُوْنَ .
2). إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ
3). إِيْلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَ الصَّيْفِ
4). قُلْ يَآ أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ
Pada ayat tersebut yang merupakan contoh bacaan Al Qomariyah adalah pada
nomor…..
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
24. Perhatikan
tabel berikut ini !
1. Idzhar
|
A. مِنْ أَهْلِ
الْكَتَابِ
|
2. Idzghom Bilaghunnah
|
B. وَالَّذِيْنَ مِنْ
قَبْلِهِمْ
|
3. Idzghom Bighunnah
|
C. جَمَعَ مَالَا وَ
عَدَّدَهُ
|
4. Ikhfa’
|
D. فَوَيْلٌ
لِلْمُصَلِّيْنَ
|
5. Iqlab
|
E. فَلَمَّآ
أَنْبَأَهُمْ
|
Pasangan yang tepat ditunjukkan pada nomor
… .
A. 1 – c, 2 – d, 3 – e, 4 – a, 5 – b
B. 1 – d, 2 – e, 3 – a, 4 – b, 5 – c
C. 1 – b, 2 – c, 3 – d, 4 – a, 5 – c
D. 1 – a, 2 – c, 3 – d, 4 – b, 5
– e
25. Perhatikan dengan baik ayat berikut ini !
وَلَمَّا جَآءَهُمْ كِتَابٌ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُصَدِّقٌ لِمَا مَعَهُمْ
وَ كَانُوْا مِنْ قَبلُ يَسْتَفْتِحُوْنَ عَلَى الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَلَمَّا جَآءَهُمْ مَا عَرَفُوْا كَفَرُوْا بِهِ فَلَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الْكَافِرِيْنَ
Hukum bacaan "Mim Mati" pada ayat di atas berjumlah .......
A. 3
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
26. Perhatikan Qs. Al ‘Adiyat ayat : 3 -
8 berikut ini !
فَالْمُغِيْرَاتِ صُبْحًا (3) فَأَثَرْنَ
بِهِ نَقْعًا (4) فَوَسَطْنَ بِهِ جَمْعًا (5) إِنَّ ا لْاِ نْسَانَ لِرَبِّهِ
لَكَنُوْدٌ (6) وَ إِنَّهُ عَلَى ذَالِكَ لَشَهِيْدٌ (7) وَ إِنَّهُ لِحُبِّ الْخَيْرِ لَشَدِيْدٌ (8)
Hukum bacaan
qalqalah kubra terdapat pada ayat …..
A. 6, 7, 8
B. 5, 6, 7
C. 4, 5, 6
D. 3, 4, 5
27. Perhatikan ayat di bawah ini !
1). لَآ
أُقْسِمُ بِـهَـىذَا الْبَلَدِ .
2). . الَّذِيْنَ
هُمْ يُرَآءُوْنَ
3). إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍ
4). إِذَا
جَآءَ نَصْرُ اللَّهُ وَ الْفَتْحُ
Pada ayat tersebut yang merupakan
contoh bacaan mad wajib muttasil
adala nomor….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
28. ذَالِكَ الْكِتَابُ
لَا رَيْبَ فِيْهِ هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ
Tanda waqof titik tiga diantara kalimat fiihi yang tersebut dalam ayat di atas adalah tanda waqof ….
A. Lazim
B. jawaz
C. muthlak
D. muanaqoh
29. Perhatikan firman Allah SWT dalam surat At-Tiin ayat 4 berikut :
ô لَقَدْ
خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِيْ أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ
Ayat tersebut mengandung makna bahwa ... ……..
A Manusia akan dikembalikan di tempat yang serendah-rendahnya
B. Manusia diciptakan Allah SWT dalam bentuk yang sempurna
C. Makhluk Allah SWT yang paling mulia adalah orang yang bertaqwa
D. Manusia diciptakan oleh Allah
SWT adalah untuk beribadah
30. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1) kejujuran adalah kunci keberhasilan dalam bekerja
2) Seimbang antara bekerja dengat istirahat
3) Mengerjakan sesuatu berdasarkan ilmu pengetahuan
4) Bekerja keras tanpa melupakan ibadah dan doa
Pernyataan yang sesuai dengan QS. Al Insyirah
: 7-8 berikut ini
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ. * وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ
ditunjukkan oleh nomor ……
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
31. Pak yanto dan warga kampung yang lain sedang membangun jalan raya
menuju ke desanya. Untuk membangun jalan tersebut para warga harus rela
menyisihkan sebagian besar penghasilannya. Mereka juga harus rela mengorbankan
waktu utnuk bergotong royong membangun jalan. Meskipun mendapat kesulitan,
mereka yakin bahwa akan ada kemudahan pada hari-hari selanjutnya.
Pernyataan di atas sesuai dengan isi kandungan surah Al Insyiroh ayat
....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
32. Perhatikan pernyataan -
pernyataan berikut :
1) Dimanapun dan dalam keadaan bagaimanapun,
Hamdan dan keluarganya senantiasa melaksanakan shalat di awal waktu.
2) Naadya menghadapi persoalan rumit dalam
keluarganya, namun ia tidak putus asa. Ia senantiasa berdo’a pada Allah SWT dan
berusaha untuk mencari jalan keluar dalam mengatasi permasalahan yang
menimpanya.
3) Setelah giat belajar untuk mengikuti ujian
praktik shalat, Aisyah segera mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah besok
lusa.
4) Abdillah senantiasa menghindari perbuatan
yang menyakiti orang lain, karena ia sadar bahwa Allah memberikan balasannya.
Pernyataan di atas, yang merupakan pengamalan dari kandungan surah Al
Insyiroh ditunjukkan pada nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 2
33. Perhatikan tabel di bawah ini !
1
|
2
|
3
|
4
|
a. Kencing
b. Terkena darah
c. Terkena nanah
|
a. Kentut
b. Terkena kencing
c. Kotoran sapi
|
a. Haid
b. Nifas
c. Meninggal dunia
|
a. Buang angin
b. Tersiram air got
c. Kotoran ayam
|
Berdasarkan tabel di atas , yang menyebabkan
seorang harus mandi wajib adalah …
A. 3
B. 4
C. 2
D. 1
34. Perhatikan kegiatan shalat fardhu di bawah ini !
1) Takbirotul ihrom
2) Membaca doa iftitah
3) Membaca Tasyahud akhir
4) Membaca Surat Al fatihah
5) Membaca doa I’tidal
Termasuk dalam rukun sholat terdapat pada
nomor… .
A. 1, 2 dan 5
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 5
D. 3, 3 dan 5
35. Anifah dan
kawan-kawan bepergian yang jaraknya kurang lebih 100 Km. Mereka boleh menjamak Qoshor sholatnya . Cara
mengqoshor sholatnya yang benar adalah ….
A. berniat menqoshor sholat yang diqoshor 4 rakaat menjadi dua rakaat
B. tanpa niat qoshor niatnya berkaitan dengan sholat Jamak
C. shalat yang diqoshor hanya shalat yang hitungan rakaatnya 4 bisa juga
yang 3 rakaat
D. hitungan rakaat shalat qoshor
dilakukan tetap 4 rakaat
36. Perhatikan
pernyataan berikut ini !
1. Dapat membentengi diri dari
syahwat
2. Akan dimasukkan surga dari pintu
Arrayyan
3. Dapat menjadikan orang jadi
kaya karena hemat.
4. Dapat menghilangkan kedengkian, iri hati, dan waswas (kegelisahan) di dada
Dari pernyataan diatas mana
yang termasuk keutamaan puasa sunnah.
A. 1, 3 dan 4
B. 1, 2 dan 4
C. 1,3, dan 4
D. 1,2 dan 3
37. Zakat fitrah atau zakat jiwa merupakan harta yang dikeluarkan oleh seorang
muslim seusai menunaikan ibadah puasa romadlon sebagai pembersih jiwa. Harta
yang dikeluarkan berupa beras atau
makanan pokok yang besarnya 1 sho’. Ukuran 1 sho’ kira-kira sama dengan …
A. 2.5 kg.
B. 4.5 kg
C. 1,5 kg
38.
GAMBAR ; KUCING / HARIMAU
Binatang diatas haram untuk dikonsumsi karena
:
A. Hewan langka
B. Hewan piaraan
C. Hewan buas
D. Hewan yang dilindungi Negara
39. Perhatikan pernyataan
berikut!
1) Menyembelih pada tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah
2) Menyembelih pada hari raya Idhul Adha
3) Menyembelih pada hari ketujuh kelahiran bayi
4) Menyembelih pada hari ulang tahun kelahiran bayi
Di antara
pernyataan tersebut yang termasuk waktu pelaksanaan penyembelihan hewan aqiqoh adalah … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
40. Perhatikan ilustrasi amalan haji berikut !
Pak Andik sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah
almukarromah, ia wajib menggunnakan pakain ihram yang terdiri dari dua lembar
kain berwarna putih yang tidak di jahit.
Pada ilustrasi diatas, Hikmah
dari berpakaian ihram adalah ….
A. Supaya
melepaskan diri dari sifat buruk yang melekat pada dirinya, seperti merasa
bangga, suka pamer kemewahan dan sombong.
B. Supaya
melambangkan jiwa yang suci
C. Agar
kelihatan keren dan enak dipandang
D. Agar kelihatan rapi dan tidak panas
41. Pak Haji Muhsin setelah balang jumroh
dari jamarot kembali ke Makkah untuk melakukan thowaf sebagai
kelengkapan rukun haji. Thowaf yang dilakukan Pak Hajji Muhsin disebut
Thowaf ….
A. Ifadloh
B. Qudum
C. Wadak
D. sunnat
42. Pada malam
bulan Romadhon ,Pak fikri sekeluarga melaksanakan sholat terawih berjamaah.
Tetangga Pak fikri juga banyak yang melaksanakan sholat terawih di masjid
maupun musholla.
Nilai- nilai positif yang dapat diambil dari pelaksanaan sholat terawih
tersebut adalah…..
A. Meningkatkan tali persaudaraan antar
sesama manusia
B. Mendapat pahala dan keutamaan di bulan
Romadhon
C. Mendapat berkah dalam menyambut hari raya
idhul fitri
D. Menumbuhkan kesadaran bahwa masjid tempat
ibadah umat Islam
43. Perhatikan tabel berikut !
PERNYATAAN
|
KATA KUNCI
|
1. Pada tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW terjadi penyerangan pasukan
bergajah yang dipimpin Raja Abrahah untuk menghancurkan Ka’bah
|
a. Al-Alaq
1-5
|
2.Ketika Ka’bah dipugar terjadi perselisihan antara beberapa kabilah
pada suku bangsa Quraisy berkaitan dengan peletakkan kembali hajar aswad pada
tempatnya. Pada saat itulah tampil Nabi Muhammad SAW menengahi perselisihan
dan memberikan solusi yang disepakati semua pihak
|
b.Baitul Arqam
|
3.Menyaksikan perilaku masyarakat Arab Jahiliyah, Nabi Muhammad SAW
merasa risau dengan dekadensi moral yang terjadi, karena itu Beliau
berkhalwat di Gua Hira memohon pertolongan dan perlindungan Allah SWT. Pada
saat itulah datang Malaikat Jibril membawa wahyu pertama yang menandai
pengangkatan Beliau menjadi Nabi dan Rasul.
|
c. Al-Amin
|
4.Pada permulaan dakwahnya, Rasulullah SAW menyebarkan Islam dimulai
dari kerabat terdekat dan dilakukan secara sembnyi-sembunyi di rumah salah
seorang sahabat yang bernama Al-Arqm bin Abil Arqam
|
d.Tahun Gajah
|
Pasangan yang yang tepat antara pernyataan
dan kata kunci pada tabel tersebut adalah ….
A. 1-a, 2-b, 3-c, 4-d
B. 1-b, 2-c, 3-d, 4-a
C. 1-c, 2-d, 3-a, 4-b
D. 1-d, 2-c, 3-a, 4-b
44. Perhatikan penggalan kisah berikut !
Selama Nabi Muhammad saw. berdakwah, banyak
peperangan terjadi di Madinah, di antaranya adalah perang Badar, perang Uhud
dan sebagainya. Puncaknya Nabi Muhammad bersama dengan 10.000 pasukan muslim
menyerbu kota Mekah. Pada peristiwa tersebut, penduduk Mekah yang selama ini
menjadi seteru Nabi Muhammad, tidak satupun yang diserang oleh pasukan Nabi
Muhammad. Seluruh penduduk Mekah dimaafkan oleh Nabi Muhammad. Peristiwa ini
dikenal dengan Fathu Mekah.
Misi yang tersirat dari kisah di atas adalah …
A. Terwujudnya persatuan bangsa arab
B. Membawa misi perdamaian
C. Dilarang mengambil hak orang lain
D. Menyempurnakan akhlak
45. Dengan datang dan diakuinya Rosulullah
sebagai penguasa baru kota Madinah, kondisi masyarakat mulai berubah. Komunitas
Arab yang sebelumnya selalu bermusuhan sehingga
dapat dikendalikan kaum Yahudi, akhirnya bersatu dan menjadi kekuatan utama bidang
ekonomi yang selama ini dikuasai konglomerat Yahudi, mulai beralih ke komunitas
Arab yang mayoritas. Sehingga kemajuan di bidang ekonomi bisa dinikmati oleh
mayoritas penduduk Madinah.
Nilai yang
bisa kita teladani dari kisah di atas adalah…..
A. Kemajuan ekonomi harus dinikmati oleh ahli
ekonomi
B. Kemajuan ekonomi harus dikuasai oleh
pemilik modal
C. Kemajuan ekonomi harus mengutamakan
golongan tertentu
D. Kemajuan ekonomi harus dinikmati oleh
seluruh anggota masyarakat.
46.
Perhatikan tabel dibawah ini
No / Nama Ilmuwan
|
NO / Keahliannya
|
1. Abu Hasan Al-Asy’ari
|
A. Ahli Kimia
|
2. Jabir Ibnu Hayyan
|
B. Ilmu Kalam
|
3. Al Farobi
|
C. Ahli Fisika
|
4. Ibnu Haitsam
|
D. Penemu alat music Al Qonun
|
5. Ibnu Batiar
|
E. Ahli Biologi
|
Dari tabel diatas
pasangan nama ilmuwan dan keahliannya yang benar adalah…
A. 1-A , 2-B , 3-C , 4-D , 5-E
B. 1-C , 2-A , 3-B , 4-E , 5-D
C. 1-B , 2-A , 3-D , 4-C , 5-E
D. 1-E , 2-D , 3-C , 4-B , 5-A
47. Khalifah Harun Al-Rasyid
adalah salah satu khalifah bani Abbasiyah yang sangat perduli dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan
saat itu. Usaha yang dilakukan kholifah saat itu adalah... .
A. Membukukan Al Qur’an menjadi mushaf
B. Mendirikan Lembaga Baitul Hikmah
C. Menyebarkan guru-guru ke pelosok negeri
D. Membukukan hadits Nabi Muhammad SAW
48. Perhatikan
deskripsi
berikut !
Penyebaran Islam di Nusantara adalah proses menyebarnya agama Islam di Nusantara (sekarang Indonesia).
Islam dibawa ke Nusantara oleh pedagang dari Gujarat, India selama abad ke-11, meskipun Muslim telah mendatangi Nusantara
sebelumnya. Pada akhir abad ke-16, Islam
telah melampaui jumlah penganut Hindu dan Buddhisme sebagai agama dominan bangsa Jawa
dan Sumatra. Bali mempertahankan mayoritas Hindu, sedangkan pulau-pulau timur sebagian
besar tetap menganut animisme sampai abad 17 dan 18 ketika agama Kristen menjadi dominan di daerah
tersebut. Penyebaran Islam didorong oleh meningkatnya jaringan perdagangan di luar Nusantara. Pedagang dan
bangsawan dari kerajaan besar Nusantara biasanya adalah yang pertama mengadopsi
Islam. Kerajaan yang dominan, termasuk Kesultanan Mataram (di Jawa Tengah sekarang), dan Kesultanan Ternate dan Tidore di Kepulauan Maluku di timur.
Berdasarkan deskripsi di atas, Islam masuk ke Indonesia dengan cara …
A. Pernikahan dengan penduduk setempat
B. Pendidikan Pondok Pesantren
C. Peperangan dengan penduduk setempat
D. Perdagangan yang dilakukan oleh pedagang Islam dari Gujarat
49. Kerajaan Islam di Nusantara sangat besar perannya dalam mempengaruhi
bangsa Indonesia di berbagai bidang baik bidang dakwah, sosial ekonomi dan
budaya. Bahkan sangat gigih dalam melawan penjajahan untuk mempertahankan
kedaulatan wilayah masing-masing. Pengorbanan mereka sangat besar tidak cukup
harta bila perlu nyawa.
Dari diskripsi di atas peranan kerajaan Islam
yang patut diteladani adalah ….
A. Kesungguhannya dalam
mempertahankan budaya
masing-masing
B. Sikap yang sungguh untuk
mengurus kepentingan rakyatnya di segala lini kehidupan
C. Pedulian mengurus rakyat, berani, gigih dalam mempertahankan
kedaulatan
D. Kecermatan untuk memilih budaya yang sesuai dengan karakter rakyatnya
50. Perhatikan wacana berikut!
Kebiasaan masyarakat pra Islam
berkumpul di rumah keluarga yang berduka, oleh para Wali diisi dengan bacaan
dzikir dan ayat suci al Quran untuk anggota keluarga yang meninggal. Secara
turun-temurun kebiasaan ini menjadi tradisi masyarakat Islam Indonesia sampai
saat ini. Nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut adalah….
A. Meningkatkan kedisiplinan dalam beribadah
B. Sebagai seorang muslim kita saling mendoakan
C. Mendapatkan ketentraman hidup
D. Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar