KISI –KISI PENULISAN SOAL
UASBN PAI TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
|
N0
|
SKL
|
KD
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
1
|
Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai
dari iman kepada Allah sampai iman kepada qadha
dan qadar serta asmaul husna.
|
Mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi perilaku seseorang yang mencerminkan pengamalan nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. peserta
didik dapat menentukan asmaul husna
yang sesuai dengan ilustrasi
tersebut
|
1
|
Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan satu nama malaikat beserta tugasnya , peserta didik dapat menentukan perilaku
terpuji yang mencerminkan keimanan kepada malaikat tersebut
|
2
|
||
Menampilkan sikap mencintai al-Qur’an
iman kepada kitab-kitab Allah
dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan beberapa ilustrasi
perilaku terhadap al-Qur’an Al Qur’an
dalam kehidupan sehari-hari
, peserta didik dapat
mengkategorikan perilaku mencintai
|
3
|
||
Disajikan beberapa perilaku terhadap
al-Qur’an, peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai al-Qur’an
|
4
|
|||
Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Dipaparkan secara singkat kisah nabi Muhamad Saw, peserta
didik dapat mengkorelasikan kisah tersebut dengan salah satu
sifat wajib bagi rasul
|
5
|
||
Disajikan cuplikan kisah salah
seorang nabi yang mendapat gelar ulul azmi. Peserta didik dapat menentukan
nilai yang terkandung dari cuplikan kisah tersebut.
|
6
|
|||
Menceritakan proses kejadian kiamat sughra / kubra dan peristiwa setelah
hari kiamat menurut al-Qur’an dan hadits
|
Diilustrasikan peristiwa
terjadinya hari kiamat, siswa dapat menentukan ayat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
|
7
|
||
Ditampilkan ayat al-Qur’an tentang peristiwa setelah hari kiamat, peserta didik dapat menentukan
nama peristiwa yang berkaitan dengan ayat tersebut.
|
8
|
|||
Mengidentifikasi hubungan antara qada dan qodar dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan beberapa pernyataan yang
berkaitan dengan takdir, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
termasuk takdir mubram/muallaq
|
9
|
||
Disajikan
sebuah kasus yang menggambarkan sikap yang bertentangan dengan qada dan qadar Allah Swt, peserta didik
dapat menentukan sikap dan alasan yang tepat dalam menyikapi kasus tersebut
berdasarkan ajaran Islam.
|
10
|
|||
2
|
Menjelaskan
dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela
seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
|
Menerapkan perilaku terpuji (tawadhu’, taat, atau sabar) dalam kehidupan
sehari- hari
|
Disajikan beberapa ilustrasi tentang perilaku sehari-hari,
peserta didik dapat menentukan ilustrasi yang merupakan contoh perilaku terpuji (tawadhu' atau
taat).
|
11
|
Disajikan beberapa ilustrasi tentang perilaku sehari-hari,
peserta didik dapat menentukan ilustrasi yang merupakan contoh perilaku terpuji (sabar).
|
12
|
|||
Menerapkan
perilaku terpuji (kerja keras, ulet) dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Disajikan beberapa contoh
perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet).
|
13
|
||
Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji sesuai
dengan contoh tersebut (zuhud atau
tawakal).
|
14
|
||
Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ditampilkan ilustrasi perilaku
sehari-hari yang berkaitan dengan sikap tercela (ananiah,
ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan
dampak negatif dari sifat tersebut.
|
15
|
||
Menerapkan adab makan dan
minum dalam ke- hidupan sehari-hari.
|
Disajikan satu ilustrasi tentang perilaku makan dan minum dalam
kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang
benar berkenaan dengan adab makan dan minum.
|
16
|
||
Mengklasifikasi
akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi akibat dari perilaku dendam peserta didik dapat
menentukan sikap yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.
|
17
|
||
Disajikan ilustrasi akibat dari perilaku munafik, peserta didik dapat
menentukan sikap yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.
|
18
|
|||
Menyebutkan
contoh perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh ) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh) sesuai contoh tersebut.
|
19
|
||
Menunjukkan dalil
tentang perilaku terpuji (qana'ah dan tasamuh).
|
Disajikan beberapa dalil
perilaku sifat terpuji, peserta didik dapat menentukan salah satu dalil sifat
terpuji yang terkandung di dalamnya (qanaah dan
tasamuh).
|
20
|
||
Menerapkan
perilaku terpuji (qana'ah dan tasamuh).
|
Disajikan ilustrasi perilaku
sifat terpuji dalam kehidupan sehari-hari , peserta didik dapat meneladani
sikap yang terkandung dari ilustrasi
tersebut (qanaah dan tasamuh).
|
21
|
||
Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Disajikan suatu kasus yang aktual tentang perilaku
takabur, peserta didik dapat
menentukan sikap untuk menghindari perilaku tersebut.
|
22
|
||
3
|
Menerapkan
tatacara membaca Al-Qur’an menurut tajwid mulai dari cara membaca “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan
waqaf.
|
Membedakan hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah”
|
Disajikan beberapa potongan ayat Al-Qur’an yang mengandung
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah, peserta didik dapat
mengklasifikasikan hukum bacaan “Al” Syamsiyah atau “Al” Qamariyah.
|
23
|
Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim
mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
|
Disajikan tabel tentang hukum nun mati/tanwin dan
contoh bacaannya, peserta didik dapat
menentukan pasangannya
|
24
|
||
Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim
mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
|
Disajikan
ayat Al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan mim mati, peserta didik dapat
menyebutkan jumlah hukum bacaan mim mati tersebut.
|
25
|
||
Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra
pada ayat Al-Quran.
|
Disajikan
tabel tentang potongan ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan qalqalah,
peserta didik dapat mengklasifikasikan hukum bacaannya.
|
26
|
||
Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan
Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Quran.
|
Disajikan ayat al Qur’an yang
mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum
bacaan mad di dalamnya
|
27
|
||
Disajikan ayat al-Quran yang
mengandung tanda waqaf, peserta
didik dapat menentukan nama tanda waqaf tersebut.
|
28
|
|||
Menjelaskan makna QS. At-Tiin.
|
Disajikan
sebuah ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat mengaitkan perilaku tersebut dengan makna salah satu ayat dalam Q.S.
al- Tin.
|
29
|
||
Disajikan beberapa pernyataan
perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi
sikap terpuji yang sesuai dengan kandungan
Q.S. al-Tin
|
30
|
|||
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan
selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
|
Disajikan sebuah ilustrasi tentang
perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengaitkan perilaku
tersebut dengan makna salah satu ayat dalam
Q.S. al Insyirah
|
31
|
||
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan
selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
|
Disajikan beberapa pernyataan
tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
mengidentifikasi sikap terpuji sebagaimana terkandung dalam Q.S. al Insyirah
|
32
|
||
4
|
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah
baik shalat wajib maupun shalat sunat
|
Menjelaskan ketentuan mandi wajib
|
Disajikan tabel tentang contoh hadast kecil dan hadast besar,
peserta didik dapat menentukan penyebab mandi wajib dengan tepat.
|
33
|
Menjelaskan ketentuan –ketentuan
shalat wajib
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang gerakan dan bacaan shalat peserta
didik dapat mengidentifikasi rukun shalat dengan tepat.
|
34
|
||
Menjelaskan shalat jama’ dan qashar
|
Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang melakukan shalat
dalam perjalanan jauh, peserta didik dapat menentukan cara mengerjakan shalat
jamak, qashar atau jama’ dan qashar dengan tepat
|
35
|
||
Menjelaskan ketentuan puasa sunah senin – kamis, syawal dan arafah
|
Disajikan beberapa keutamaan puasa sunah peserta didik
dapat menunjukkan keutamaan salah satu puasa sunah
|
36
|
||
Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.
|
Disajikan ilustrasi tentang jumlah harta tertentu yang telah mencapai
nishab dan haul. peserta didik dapat
menghitung besarnya zakat mal yang
harus dikeluarkan
|
37
|
||
Menjelaskan jenis jenis hewan yang halal dan haram dimakan
|
Disajikan gambar
binatang yang haram peserta didik dapat menetukan penyebab keharamannya
berdasarkan dalil naqli
|
38
|
||
Menjelaskan
ketentuan aqiqah dan qurban
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang
aqiqah dan kurban, peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan aqiqah atau
kurban
|
39
|
||
Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan
umrah.
|
Disajikan ilustrasi amalan dalam pelaksanaan ibadah
haji,
peserta didik dapat
menentukan hikmah
dari amalan tersebut.
|
40
|
||
Disajikan ilustrasi seseorang yang
mengerjakan thawaf, peserta didik dapat
membedakan jenis-jenis thawaf (thawaf qudum, thawaf ifadhah, thawaf sunnah,
thawaf wada)
|
41
|
|||
Mengidentifikasi shalat sunnah berjamaah dan munfarid.
|
Disajikan ilustrasi pelaksanaan shalat sunah berjamaah, peserta didik
dapat mengidentifikasi nilai nilai positif dari pelaksanaaan shalat sunah tersebut
|
42
|
||
5
|
Memahami dan meneladani
sejarah Nabi Muhammad
dan para sahabat serta
menceritakan sejarah
masuk dan berkembangnya
Islam di Nusantara.
|
Menjelaskan sejarah
Nabi Muhammad SAW pada periode Mekkah
|
Disajikan tabel tentang peristiwa penting yang dialami oleh Nabi
Muhammad SAW. serta para sahabat dan
kata kunci yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Peserta didik
dapat menentukan pasangannya.
|
43
|
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW
untuk menyempurnakan
akhlak, mem-
bangun manusia mulia dan bermanfaat.
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan
pernyataan-pernyataan yang merupakan misi dakwah Nabi Muhammad SAW.
|
44
|
||
Menceritakan sejarah
Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat mela- lui kegiatan ekonomi dan perdagangan pada
periode Madinah.
|
Disajikan narasi tentang langkah-langkah Rasulullah SAW dalam membangun
kota Madinah melalui kegiatan perekonomian dan perdagangan, Peserta didik
dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dari narasi tersebut.
|
45
|
||
Menceritakan sejarah
pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
beserta peran ilmuwan
Islam.
|
Disajikan tabel yang berisi para ilmuwan Muslim dan karyanya, peserta
didik dapat menentukan pasangan yang tepat.
|
46
|
||
Disajikan ilustrasi sejarah perkembangan ilmu pengetahuan Islam pada
masa khalifah Bani Abbasiyah, peserta didik dapat menentukan nilai yang dapat
diteladani dan dikembangkan pada saat ini.
|
47
|
|||
Disajikan deskripsi proses masuknya Islam di nusantara, peserta didik
dapat menentukan cara masuknya Islam di Nusantara sesuai dengan deskripsi
tersebut (perdagangan, sosial, atau pendidikan).
|
48
|
|||
Menceritakan sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan
pengajaran.
|
Disajikan deskripsi peran kerajaan Islam di Nusantara dalam dakwah,
pendidikan, ekonomi, dan kebudayaan serta penentangan terhadap penjajahan,
peserta didik dapat menentukan nilai yang patut diteladani dari peran
kerajaan tersebut dalam kehidupan
|
49
|
||
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan
Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Disajikan salah satu contoh tradisi yang bernuansa Islam di Indonesia,
peserta didik dapat meneladani nilai-nilai yang terkandung dalam
tradisi tersebut.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar