Jumat, 21 Maret 2014

Kisi-kisi UASBN PAI SMP 2014



KISI –KISI PENULISAN SOAL
UASBN PAI TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Jenis Sekolah   : Sekolah Menengah Pertama
Alokasi Waktu      : 120 Menit
Mata Pelajaran : PAI
Jumlah Soal         : 50
Kurikulum          : KTSP
Bentuk Tes            : Pilihan Ganda (PG)

Penulis                  : Tim Subdit PAI SMP



N0
SKL
KD
INDIKATOR
SOAL
1
Meningkatkan penge­nalan  dan keyakinan terha­dap  aspek-as­pek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sam­pai iman kepada qadha dan qadar  serta asmaul husna.

Mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi perilaku seseorang yang mencerminkan pengamalan  nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. peserta didik  dapat menentukan  asmaul husna yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
1
Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan  satu nama malaikat beserta tugasnya  , peserta didik dapat menentukan perilaku terpuji yang mencerminkan keimanan kepada malaikat tersebut
2
Menampilkan sikap mencintai al-Qur’an  iman kepada  kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan beberapa ilustrasi perilaku terhadap al-Qur’an Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
, peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai
3
Disajikan beberapa perilaku terhadap al-Qur’an, peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai al-Qur’an
4
Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Dipaparkan secara singkat kisah nabi Muhamad Saw,  peserta didik dapat mengkorelasikan kisah tersebut dengan salah satu sifat wajib bagi rasul
5
Disajikan cuplikan kisah salah seorang nabi yang mendapat gelar ulul azmi. Peserta didik dapat menentukan nilai yang terkandung dari cuplikan kisah tersebut.

6
Menceritakan proses kejadian kiamat sughra / kubra dan peristiwa setelah hari kiamat menurut al-Qur’an dan hadits

 Diilustrasikan peristiwa terjadinya hari kiamat, siswa dapat menentukan  ayat yang sesuai   dengan ilustrasi tersebut

7
Ditampilkan  ayat   al-Qur’an tentang peristiwa setelah hari kiamat, peserta didik dapat menentukan nama peristiwa yang berkaitan dengan ayat  tersebut.
8
Mengidentifikasi hubungan antara qada dan qodar dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan takdir, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk takdir mubram/muallaq
9
Disajikan sebuah kasus yang menggambarkan sikap yang bertentangan dengan  qada dan qadar Allah Swt, peserta didik dapat menentukan sikap dan alasan yang tepat dalam menyikapi kasus tersebut berdasarkan  ajaran Islam.
10
2
Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan  menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
Menerapkan perilaku terpuji (tawadhu’, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari- hari
Disajikan beberapa ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ilustrasi yang merupakan contoh perilaku terpuji (tawadhu' atau taat).
11
Disajikan beberapa ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ilustrasi yang merupakan contoh perilaku terpuji (sabar).
12
Menerapkan perilaku terpuji (kerja keras, ulet) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet).
13
Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji sesuai dengan contoh tersebut (zuhud atau tawakal).
14
Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari.
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang berkaitan dengan sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan dampak negatif dari sifat tersebut.
15
Menerapkan adab makan dan minum dalam ke- hidupan sehari-hari.
Disajikan satu ilustrasi tentang perilaku makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum.
16
Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi akibat dari perilaku dendam peserta didik dapat menentukan sikap yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.
17
Disajikan ilustrasi akibat dari perilaku munafik, peserta didik dapat menentukan sikap yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.
18
Menyebutkan contoh perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh ) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh) sesuai contoh tersebut.
19
Menunjukkan dalil tentang  perilaku terpuji  (qana'ah dan tasamuh).
Disajikan beberapa dalil perilaku sifat terpuji, peserta didik dapat menentukan salah satu dalil sifat terpuji yang terkandung di dalamnya (qanaah dan tasamuh).
20
Menerapkan perilaku terpuji (qana'ah dan tasamuh).
Disajikan ilustrasi perilaku sifat terpuji dalam kehidupan sehari-hari , peserta didik dapat meneladani sikap yang terkandung dari  ilustrasi tersebut (qanaah dan tasamuh).
21
Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan suatu kasus yang aktual tentang perilaku takabur,  peserta didik dapat menentukan sikap untuk menghindari perilaku tersebut.
22
3
Menerapkan tatacara membaca Al-Qur’an menurut tajwid mulai dari cara membaca “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.

Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Disajikan beberapa potongan ayat Al-Qur’an yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah, peserta didik dapat mengklasifikasikan  hukum  bacaan “Al” Syamsiyah atau “Al” Qamariyah.
23
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
Disajikan tabel tentang hukum nun mati/tanwin dan contoh bacaannya, peserta didik  dapat menentukan pasangannya
24
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
Disajikan ayat Al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan mim mati, peserta didik dapat menyebutkan jumlah hukum bacaan mim mati tersebut.
25
Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat Al-Quran.
Disajikan tabel tentang potongan ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan qalqalah, peserta didik dapat mengklasifikasikan hukum bacaannya.
26
Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Quran.

Disajikan ayat al Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan mad di dalamnya
27
Disajikan  ayat al-Quran yang mengandung tanda waqaf, peserta  didik  dapat menentukan   nama tanda waqaf tersebut.
28
Menjelaskan  makna QS. At-Tiin.

Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengaitkan perilaku tersebut dengan makna salah satu ayat dalam Q.S. al- Tin.
29
Disajikan beberapa pernyataan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap terpuji yang sesuai dengan kandungan  Q.S.  al-Tin
30
 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengaitkan perilaku tersebut dengan makna salah satu ayat dalam  Q.S. al Insyirah
31
 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap terpuji sebagaimana terkandung dalam Q.S. al Insyirah
32
4
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
Menjelaskan ketentuan mandi wajib
Disajikan tabel tentang contoh hadast kecil dan hadast besar, peserta didik dapat menentukan penyebab mandi wajib dengan tepat.
33
Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat wajib

Disajikan beberapa pernyataan tentang gerakan dan bacaan shalat peserta didik dapat mengidentifikasi rukun shalat dengan tepat.
34
Menjelaskan shalat jama’ dan qashar

Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang melakukan shalat dalam perjalanan jauh, peserta didik dapat menentukan cara mengerjakan shalat jamak, qashar atau jama’ dan qashar dengan tepat
35
Menjelaskan ketentuan puasa sunah senin – kamis, syawal dan arafah
Disajikan beberapa keutamaan puasa sunah peserta didik dapat menunjukkan  keutamaan salah satu puasa sunah
36
Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.
Disajikan ilustrasi tentang jumlah harta tertentu yang telah mencapai nishab dan haul.  peserta didik dapat menghitung besarnya zakat mal  yang harus dikeluarkan  
37
Menjelaskan jenis jenis hewan yang halal dan haram dimakan
Disajikan  gambar binatang yang haram peserta didik dapat menetukan penyebab keharamannya berdasarkan dalil naqli
38
Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban
Disajikan beberapa pernyataan tentang aqiqah dan kurban, peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan aqiqah atau kurban
39
Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
Disajikan ilustrasi amalan dalam pelaksanaan  ibadah haji, peserta didik dapat menentukan hikmah  dari amalan tersebut.
40
Disajikan ilustrasi seseorang yang mengerjakan thawaf, peserta didik dapat membedakan jenis-jenis thawaf (thawaf qudum, thawaf ifadhah, thawaf sunnah, thawaf wada)
41

Mengidentifikasi shalat sunnah berjamaah dan munfarid.
Disajikan ilustrasi pelaksanaan shalat sunah berjamaah, peserta didik dapat mengidentifikasi nilai nilai positif dari pelaksanaaan  shalat sunah tersebut
42
5
Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara.
Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW pada periode Mekkah
Disajikan tabel tentang peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. serta para sahabat dan  kata kunci yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Peserta didik dapat menentukan pasangannya.
43
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, mem- bangun manusia mulia dan bermanfaat.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan-pernyataan yang merupakan misi dakwah Nabi Muhammad SAW.
44
Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat mela- lui kegiatan ekonomi dan perdagangan pada periode Madinah.
Disajikan narasi tentang langkah-langkah Rasulullah SAW dalam membangun kota Madinah melalui kegiatan perekonomian dan perdagangan, Peserta didik dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dari narasi tersebut.
45
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam.
Disajikan tabel yang berisi para ilmuwan Muslim dan karyanya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat.
46
Disajikan ilustrasi sejarah perkembangan ilmu pengetahuan Islam pada masa khalifah Bani Abbasiyah, peserta didik dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dan dikembangkan pada saat ini.
47
Disajikan deskripsi proses masuknya Islam di nusantara, peserta didik dapat menentukan cara masuknya Islam di Nusantara sesuai dengan deskripsi tersebut (perdagangan, sosial, atau pendidikan).
48
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Disajikan deskripsi peran kerajaan Islam di Nusantara dalam dakwah, pendidikan, ekonomi, dan kebudayaan serta penentangan terhadap penjajahan, peserta didik dapat menentukan nilai yang patut diteladani dari peran kerajaan tersebut dalam kehidupan
49


Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Disajikan salah satu contoh tradisi yang bernuansa Islam di Indonesia, peserta didik dapat meneladani nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut.
50











Tidak ada komentar:

Posting Komentar