Rabu, 31 Maret 2021

Kisi-kisi US (Ujian Sekolah) PAI 2021

 

NOMOR KD

MATERI / KELAS

INDIKATOR

SOAL

3.1.

Q.S. al-Mujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu.

 

VIII/1

Ditampilkan Q.S. al-Mujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33  atau Hadis terkait beserta artinya, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dengan ayat atau hadis tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

1

3.2.

Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134

VIII / 2

Disajikan beberapa contoh perilaku terpuji, peserta didik dapat menganalisis keterkaitanya dengan Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, atau Q.S. Ali Imran/3: 134dengan tepat.

2

3.1.

Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana

VIII / 1

Disajikan tabel tentang lafad dan hukum bacaan dari Q.S. al-Furqan/25: 63 atau  Q.S. al-Isra/17: 26-27, peserta didik dapat memadukan hukum bacaan mad dengan tepat

3

3.2.

Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari     VIII / 2

Ditampilkan Q.S. an-Nahl/16: 114atau Hadis terkait beserta artinya, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan ayat atau hadis tersebut dengan tepat.

4

3.1.

Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159

IX / 1

Ditampikan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 peserta didik dapat menentukan arti lafal yang digarisbawahi dengan tepat.

5

 

 

Disajikan contoh perilaku berdasarkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Ali Imrān/3:159 peserta didik dapat membedakan contoh perilaku optimis, tawakal atau ikhtiar dengan benar.

6

3.2.

Q.S. al-Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan

IX / 2

Disajikan narasi tentang problematika kehidupan beragama di sekolah, peserta didik dapat memecahkan masalah tersebut dengan tepat

41

3.3.

Al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

VII / 1

Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkan dengan asmaul husna yang sesuai

7

3.4.

Iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli

VII / 2

Ditampilkan QS.Al-Anbiya’/21:19 beserta artinya, peserta didik dapat menyimpulkan makna ayat tersebut dengan benar

8

3.3.

Beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

VIII / 1

Disajikan contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkannya dengan implementasi beriman kepada  kitab-kitab Allah Swt secara tepat.

9

3.4.

Beriman kepada Rasul Allah Swt.

VIII / 2

Disajikan ilustrasi perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkannya dengan sifat-sifat Rasul Allah Sw  secara tepat.

10

3.3.

Iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya

IX / 1

Disajikan beberapa pernyataan tentang beriman kepada hari akhir,  peserta didik dapat mengiden-tifikasi pernyataan tersebt yang merupakan fungsi iman kepada hari akhir dengan tepat.

11

Disajikan ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menjelaskan lima tahapan secara urut.

42

3.4.

Iman kepadaQadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya          IX / 2

Disajikan kutipan berita tentang musibah yang terjadi di Indonesia, peserta didik dapat menyimpulkan sikap beriman kepada Qadha dan Qadar dengan benar.

12

3.5.

Perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

VII / 1

Disajikan contoh perilaku kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkan dengan perilaku jujur, amanah, atau istiqamah secara tepat

13

3.6.

Hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

VII / 2

Disajikan ilustrasi sebuah musibah, peserta didik dapat memberikan contoh perilaku empati dengan tepat

14

3.5.

Bahaya mengomsumsi minumankeras, judi, dan pertengkaran

VIII / 1

Disajikan beberapa pernyataan tentang bahaya mengonsumsi minuman keras, peserta didik dapat mengidentifikasi cara menghindari  minuman keras dengan tepat

15

3.6.

Cara menerapkan perilaku jujur dan adil

VIII / 1

Disajikan narasi tentang sebuah peristiwa, peserta didik dapat menentukan perilaku perilaku jujur atau adil dengan benar

16

Disajikan ilustrasi peristiwa sehari-hari, peserta didik dapat merumuskan perilaku jujur dengan benar

43

3.7.

Perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru

VIII / 2

Disajikan deskripsi permasalahan terhadap orang tua atau guru, peserta didik dapat memecahkan masalah dengan benar.

17

3.8.

Perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama

VIII / 2

Disajikan beberapa contoh perilaku terpuji, peserta didik dapat memilih contoh perilaku berbaik sangka dengan benar

18

3.5.

Perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan

IX / 1

Disajikan ilustrasi tentang perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menyimpulkan perilaku yang mencerminkan sikapj ujur atau menepati janji dengan benar

19

3.5.

Perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru

IX / 1

Disajikan narasi tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menyimpulkan cara berbakti dan taat kepada orang tua atau guru dengan tepat.

20

3.7.

Tata krama, sopan santun, dan rasa malu

IX / 1

Disajikan bebrapa contoh sikap terpuji, peserta didik dapat menentukan sikap tata krama, sopan santun, atau rasa malu dengan benar.

21

3.7.

Ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

IX / 2

Disajikan narasi tentang keadaan orang berhadas, peserta didik dapat menentukan cara mensucikannya dengan benar.

 

22

3.8.

Ketentuan Salat  berjama’ah

 

VII / 1

Disajikan ilustrasi tentang pelaksanaan salat berjamaah, peserta didik dapat menerapkan tata cara sebagai makmum masbuk atau muwafiq dengan benar

23

3.9.

Ketentuan Salat  Jum’at

 

VII / 2

Disajikan ilustrasi pelaksanaan salat jumat, peserta didik dapat mengevaluasinya dengan benar

24

3.10

Ketentuan Salat Jamak Qasar

 

VII / 2

Disajikan narasi sebuah perjalanan, peserta didik dapat memecahkan masalah pelaksanaan salat jama dan qasar dengan tepat.

25

3.9

Ketentuan shalat sunnah berjamaah dan munfarid

VIII / 1

Disajikan  ilustrasi gejala  alam, peserta didik dapat menentukan pelaksanaan salat sunah terkait peristiwa tersebut dengan tepat.

26

3.10

Sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

VIII / 1

Disajikan narasi tentang peristiwa yang terjadi pada seseorang, peserta didik dapat menentukan cara pelaksanaan sujud dengan benar

27

3.11

Tatacara puasa wajib dan sunnah

VIII / 1

Disajikan ilustrasi penyebab pelaksanaan pua  sa, peserta didik dapat memilih ibadah puasa dengan tepat.

28

3.12

Makanan dan minuman yang halal dan haram

VIII / 2

Disajikan beberapa gambar makanan atau minuman yang haram, peserta didik dapat menganalisis bahayanya dengan benar.

29

3.8

Dasar hokum pelaksanaan Zakat

 

IX / 1

Disajikan ayat al-Qur’an tentang zakat, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya dengan benar.

30

 

Menentukanj umlah zakat yang wajib dikeluarkan dalam zakat mal

Disajikan ilustrasi tentang harta kekayaan seseorang, peserta didik dapat menghitung  zakat yang harus dikeluarkan dengan benar.

44

3.9.

Ketentuan haji dan umrah

IX / 1

Disajikan beberapa pernyataan tentang ibadah haji, peserta didik dapat menentukan amalan haji dengan benar.

31

3.10

Ketentuan penyembelihan hewan dalam  Islam

IX / 1

Disajikan eberapa pernyataan tentang penyembelihan hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam dengan benar.

32

3..11

Ketentuan kurban dan akikah

IX / 2

Disajikan ilustrasi tentang pelaksanaan kurban atau akikah, peserta didik dapat menganalisis berdasarkan ketentuan hukum Islam dengan benar.*

33

3.11

Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Mekah

VII / 1

Disajikan beberapa nama sahabat Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat mengidentifikasi nama yang termasuk Assabiqun al awwalun dengan benar.

34

3.12

Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.

VII / 2

Disajikan narasi tentang kehidupan bermasyarakat pada masa Nabi Muhammad saw. periode Madinah, peserta didik dapat menyimpulkan nilai-nilai yang diterapkan dengan benar.

35

3.13

Sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun

VII / 2

Disajikan narasi tentang perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun, peserta didik dapat menyimpulkan hasilnya dengan benar.

36

3.13

Sejarah ilmu pengetahuan masa Bani Umayah

VIII / 1

Disajikan biografi salah satu Khalifah Bani Ummayah, Peserta didik dapat memberi contoh nilai perjuangan yang bisa diteladani dengan benar.

37

3.14

Sejarah ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah

VIII / 2

Disajikan kisah ilmuwan di Masa Abbasiyah, Peserta Didik dapat menyimpulkan nilai-nilai yang dapat diteladani dengan benar.

38

3.12

Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara

IX / 1

Disajikan tabel tentang nama Sunan dan nama aslinya, peserta didik dapat menentukan pasangan dengan benar.

39

Disajikan narasi tentang penyebaran Islam di Nusantara, peserta didik dapat menginterpretasi penyebab Islam mudah diterima dengan benar.

40

3.13

Sejarah Tradisi Islam di Nusantara *)

IX / 2

Disajikan fakta tentang pelaksanaan tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat menyimpulkan nilai yang terkandung pada tradisi tersebut dengan benar

45

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar