NOMOR KD |
MATERI /
KELAS |
INDIKATOR |
SOAL |
3.1. |
Q.S. al-Mujadilah /58:
11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu.
VIII/1 |
Ditampilkan Q.S. al-Mujadilah
/58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 atau Hadis terkait beserta
artinya, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dengan ayat atau
hadis tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. |
1 |
3.2. |
Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 VIII
/ 2 |
Disajikan beberapa contoh
perilaku terpuji, peserta didik dapat menganalisis keterkaitanya dengan Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153,
atau Q.S. Ali Imran/3: 134dengan tepat. |
2 |
3.1. |
Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra/17: 26-27 dan
Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana VIII
/ 1 |
Disajikan
tabel tentang lafad dan hukum bacaan dari Q.S. al-Furqan/25: 63 atau Q.S. al-Isra/17: 26-27, peserta didik
dapat memadukan hukum bacaan mad dengan tepat |
3 |
3.2. |
Q.S. an-Nahl/16: 114 dan
Hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi
dalam kehidupan sehari-hari VIII / 2 |
Ditampilkan Q.S.
an-Nahl/16: 114atau
Hadis terkait beserta artinya, peserta didik
dapat menyimpulkan kandungan ayat atau hadis tersebut dengan tepat. |
4 |
3.1. |
Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 IX
/ 1 |
Ditampikan Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 peserta didik
dapat menentukan arti lafal yang digarisbawahi dengan tepat. |
5 |
|
|
Disajikan contoh perilaku
berdasarkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Ali
Imrān/3:159 peserta didik dapat membedakan contoh perilaku optimis, tawakal
atau ikhtiar dengan benar. |
6 |
3.2. |
Q.S. al-Hujurat/49: 13
tentang toleransi dan
menghargai perbedaan IX
/ 2 |
Disajikan narasi tentang
problematika kehidupan beragama di sekolah, peserta didik dapat memecahkan
masalah tersebut dengan tepat |
41 |
3.3. |
Al-Asma‘u
al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir VII
/ 1 |
Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkan dengan asmaul husna
yang sesuai |
7 |
3.4. |
Iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli VII
/ 2 |
Ditampilkan
QS.Al-Anbiya’/21:19 beserta artinya, peserta didik
dapat menyimpulkan
makna ayat tersebut dengan benar |
8 |
3.3. |
Beriman
kepada Kitab-kitab Allah Swt. VIII
/ 1 |
Disajikan
contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkannya dengan implementasi beriman
kepada kitab-kitab Allah Swt secara
tepat. |
9 |
3.4. |
Beriman
kepada Rasul Allah Swt. VIII
/ 2 |
Disajikan
ilustrasi perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkannya dengan sifat-sifat Rasul
Allah Sw secara
tepat. |
10 |
3.3. |
Iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam
sekitar, dan makhluk ciptaanNya IX
/ 1 |
Disajikan
beberapa pernyataan tentang beriman kepada hari akhir, peserta didik dapat mengiden-tifikasi pernyataan tersebt yang merupakan fungsi
iman kepada hari akhir dengan tepat. |
11 |
Disajikan ilustrasi
peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menjelaskan lima
tahapan secara urut. |
42 |
||
3.4. |
Iman
kepadaQadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar
dan makhluk ciptaan-Nya IX / 2 |
Disajikan
kutipan berita
tentang musibah yang terjadi di Indonesia, peserta didik dapat menyimpulkan
sikap beriman kepada Qadha dan Qadar dengan benar. |
12 |
3.5. |
Perilaku
jujur, amanah, dan istiqamah VII
/ 1 |
Disajikan contoh perilaku
kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkan dengan perilaku jujur, amanah, atau
istiqamah secara tepat |
13 |
3.6. |
Hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan
empati terhadap sesama VII
/ 2 |
Disajikan ilustrasi sebuah musibah, peserta didik dapat
memberikan contoh perilaku empati dengan tepat |
14 |
3.5. |
Bahaya mengomsumsi minumankeras,
judi, dan pertengkaran VIII
/ 1 |
Disajikan beberapa pernyataan tentang bahaya
mengonsumsi minuman keras, peserta didik dapat mengidentifikasi cara
menghindari minuman keras dengan tepat |
15 |
3.6. |
Cara menerapkan
perilaku
jujur dan adil VIII
/ 1 |
Disajikan narasi tentang
sebuah peristiwa, peserta didik dapat menentukan perilaku perilaku jujur atau adil dengan
benar |
16 |
Disajikan
ilustrasi peristiwa sehari-hari, peserta didik dapat merumuskan perilaku
jujur dengan benar |
43 |
||
3.7. |
Perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua
dan guru VIII
/ 2 |
Disajikan deskripsi permasalahan terhadap orang tua atau
guru, peserta didik dapat memecahkan masalah dengan benar. |
17 |
3.8. |
Perilaku gemar beramal saleh dan
berbaik sangka kepada sesama VIII
/ 2 |
Disajikan beberapa contoh
perilaku terpuji, peserta didik dapat memilih contoh perilaku berbaik sangka
dengan benar |
18 |
3.5. |
Perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan IX
/ 1 |
Disajikan
ilustrasi tentang
perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
menyimpulkan perilaku yang mencerminkan sikapj ujur atau
menepati janji dengan
benar |
19 |
3.5. |
Perilaku berbakti dan taat
kepada orangtua dan guru IX
/ 1 |
Disajikan narasi tentang
perilaku terpuji, peserta didik dapat menyimpulkan cara berbakti dan taat kepada
orang tua atau guru dengan tepat. |
20 |
3.7. |
Tata krama, sopan santun,
dan rasa malu IX
/ 1 |
Disajikan bebrapa contoh sikap terpuji, peserta didik dapat menentukan sikap tata krama, sopan
santun, atau rasa malu dengan benar. |
21 |
3.7. |
Ketentuan bersuci dari hadas besar
berdasarkan ketentuan syari’at Islam IX
/ 2 |
Disajikan
narasi tentang
keadaan orang berhadas, peserta didik dapat menentukan cara
mensucikannya
dengan benar.
|
22 |
3.8. |
Ketentuan Salat berjama’ah
VII
/ 1 |
Disajikan
ilustrasi tentang pelaksanaan salat berjamaah, peserta didik dapat menerapkan
tata cara sebagai makmum masbuk atau muwafiq dengan benar |
23 |
3.9. |
Ketentuan Salat Jum’at
VII
/ 2 |
Disajikan ilustrasi
pelaksanaan salat jumat, peserta didik dapat mengevaluasinya dengan benar |
24 |
3.10 |
Ketentuan Salat Jamak Qasar
VII
/ 2 |
Disajikan narasi sebuah perjalanan, peserta didik dapat
memecahkan masalah pelaksanaan salat jama dan qasar dengan tepat. |
25 |
3.9 |
Ketentuan
shalat sunnah berjamaah dan munfarid VIII
/ 1 |
Disajikan ilustrasi gejala alam, peserta didik dapat menentukan
pelaksanaan salat sunah terkait peristiwa tersebut dengan tepat. |
26 |
3.10 |
Sujud syukur, sujud sahwi, dan
sujud tilawah VIII
/ 1 |
Disajikan
narasi tentang peristiwa yang terjadi pada seseorang, peserta didik dapat
menentukan cara pelaksanaan sujud dengan benar |
27 |
3.11 |
Tatacara puasa wajib dan
sunnah VIII
/ 1 |
Disajikan
ilustrasi penyebab pelaksanaan pua sa,
peserta didik dapat memilih ibadah puasa dengan tepat. |
28 |
3.12 |
Makanan dan minuman yang
halal dan haram VIII
/ 2 |
Disajikan beberapa gambar
makanan atau minuman yang haram, peserta didik dapat menganalisis bahayanya dengan benar. |
29 |
3.8 |
Dasar
hokum pelaksanaan Zakat
IX
/ 1 |
Disajikan
ayat al-Qur’an tentang zakat,
peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya dengan benar. |
30 |
|
Menentukanj
umlah zakat yang wajib dikeluarkan dalam zakat mal |
Disajikan
ilustrasi tentang harta kekayaan seseorang, peserta didik dapat
menghitung zakat yang harus
dikeluarkan dengan benar. |
44 |
3.9. |
Ketentuan
haji dan umrah IX
/ 1 |
Disajikan
beberapa pernyataan tentang ibadah haji, peserta didik dapat menentukan
amalan
haji dengan benar. |
31 |
3.10 |
Ketentuan
penyembelihan hewan dalam Islam IX
/ 1 |
Disajikan eberapa pernyataan
tentang penyembelihan hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi tata cara menyembelih hewan menurut
ajaran Islam dengan benar. |
32 |
3..11 |
Ketentuan
kurban dan akikah IX
/ 2 |
Disajikan
ilustrasi tentang pelaksanaan kurban atau akikah, peserta didik dapat
menganalisis berdasarkan ketentuan hukum Islam dengan benar.* |
33 |
3.11 |
Sejarah
perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Mekah VII
/ 1 |
Disajikan
beberapa nama sahabat Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat mengidentifikasi
nama yang termasuk Assabiqun al awwalun dengan benar. |
34 |
3.12 |
Sejarah
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah. VII
/ 2 |
Disajikan narasi tentang
kehidupan bermasyarakat pada masa Nabi Muhammad saw. periode Madinah, peserta
didik dapat menyimpulkan nilai-nilai yang diterapkan dengan benar. |
35 |
3.13 |
Sejarah
perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun VII
/ 2 |
Disajikan narasi tentang
perjuangan al-Khulafa
al-Rasyidun, peserta didik dapat
menyimpulkan hasilnya dengan benar. |
36 |
3.13 |
Sejarah
ilmu pengetahuan masa Bani Umayah VIII
/ 1 |
Disajikan biografi salah
satu Khalifah Bani Ummayah, Peserta didik dapat memberi contoh nilai
perjuangan yang bisa diteladani dengan benar. |
37 |
3.14 |
Sejarah
ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah VIII
/ 2 |
Disajikan kisah ilmuwan
di Masa Abbasiyah, Peserta Didik dapat menyimpulkan
nilai-nilai yang dapat diteladani dengan benar. |
38 |
3.12 |
Sejarah
Perkembangan Islam di Nusantara IX
/ 1 |
Disajikan
tabel tentang nama Sunan dan nama aslinya, peserta didik dapat menentukan pasangan dengan
benar. |
39 |
Disajikan narasi tentang
penyebaran Islam di Nusantara, peserta didik dapat menginterpretasi penyebab
Islam mudah diterima dengan benar. |
40 |
||
3.13 |
Sejarah Tradisi
Islam di Nusantara *) IX
/ 2 |
Disajikan
fakta tentang pelaksanaan tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat
menyimpulkan nilai yang terkandung pada tradisi tersebut dengan benar |
45 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar