Selasa, 06 Juni 2017

5. SELAMAT DATANG WAHAI NABIKU KEKASIH ALLAH SWT





Bahan Ajar dan Latihan Soal PAI Kurikulum 13
Untuk Siswa Kelas VII Semester Ganjil
SMPN 1 Cerme Gresik – Jawa Timur
________________________________
Penulis :
Drs. H. ACHMAD  SUCHAIMI, M.A


 

A. KEHADIRAN SANG KEKASIH

Nabi Muhammad saw. lahir pada hari Senin, 12 Rabi’ul Awwal tahun gajah, bertepatan dengan tanggal 20 April 571 Masehi. Dikatakan “tahun gajah”, karena waktu itu bertepatan dengan pasukan bergajah pimpinan raja Abrahah ingin merobohkan Ka’bah, tetapi mereka dihancurkan oleh Alloh dengan perantaraan burung Ababil.
Ayah Nabi Muhammad bernama Abdulloh bin Abdul Mutholib, dan ibunya bernama Aminah binti Wahab. Ayahnya wafat dan dikubur di Madinah, ketika beliau berusia 3 bulan dalam kandungan ibunya.
Beberapa hari setelah kelahirannya, beliau diserahkan kepada Halimah as-Sa’diyah untuk disusui dan dididik sampai berusia 5 tahun. Ketika berusia 6 tahun, Ibunya (Aminah) wafat dan dikubur di desa Abwa’ (Madinah) dalam perjalanan pulang dari menziarahi makam ayahnya di Madinah. Sehingga beliau menjadi anak Yatim piatu. Beliau dirawat oleh kakeknya yang bernama Abdul Mutholib, sampai kakeknya itu wafat ketika beliau berusia 8 tahun. Selanjutnya beliau diasuh oleh pamannya yang bernama Abu Tholib, sampai beliau menikah pada usia 25 tahun.
Sejak diasuh oleh pamannya, Nabi Muhammad saw. berkembang sebagai eorang anak yang mulai menginjak masa remaja. Pada usia 10 tahun, beliau oleh pamannya diajari: bagaimana cara menjalani kehidupan ini dengan cara bekerja menjadi penggembala kambing milik orang Makkah, untuk menghidupi dirinya sendiri. Sejak saat itu beliau mulai bisa menghayati arti kehidupan di tengah panasnya padang pasir. Kesulitan hidup, kesendirian, dan rasa tanggung jawab menjadikannya lebih matang dari pada usianya.
.Pada usia 12 tahun, beliau diajak pamannya “Abu Tholib” berdagang membawa barang dagangan Siti Khodijah ke Syam. Hal ini dilakukannya selama 3 tahun. Pada suatu ketika, sewaktu rombongan kafilah dagangnya sampai di kota Basrah (Syam), seorang pendeta besar agama Nasrani yang bernama Buhairoh menghampiri Abu Tholib, seraya berkata:
Aku mengenai anak muda ini sebagai orang yang kelak akan diangkat oleh Alloh sebagai “Rohmatran lil ‘alamin” (Pembawa rahmat bagi sekalian alam). Hal ini tertulis didalam kitab-kitab suci kami. Lindungi anak muda ini dari gangguan orang-orang jahat dan pendeta Yahudi. Lebih baik dia dibawa pulang saja ke Makkah”..
Saran pendeta tersebut kemudian dituruti oleh Abu Tholib.
Pada usia 15 tahun, beliau ikut berperang membela kaum Quraisy melawan kabilah Qois Ailan dalam perang Fijar. Dan pada usia 25 tahun, beliau mulai berdagang sendiri dengan cara membawa barang dagangan milik Siti Khodijah ke negeri Syam, dengan ditemani oleh Maisaroh (pegawainya Siti Khodijah).
Selama dalam perjalanan dagang, Maisaroh menyaksikan keanehan-2 dan kepribadian beliau saw yang luhur, diantaranya:
1. selalu dipayungi oleh awan kemana pun beliau pergi.
2. selalu berkata sopan, ramah da penuh kasih saying kepada siapa saja.
3. Beliau sangat jujur, tak pernah bohong, dan amanah (dapat dipercaya dan tanggung jawab).
4, Beliau tak pernah mengambil keuntungan yang terlalu besar, sehingga barang dagangannya cepat habis.  
5. Menyamakan pelayanan dan tanpa membeda-bedakan para pembeli.
6. Mampu menghadapi segala cobaan dan rintangan selama dalam perjalanan
Kejujuran, perilaku santun, kesopanan berbicara, kerja keras, amanah dan penuh tanggung jawab, serta kecerdasan beliau saw tersebut merebut hati setiap orang, termasuk sang juragan “Siti Khadijah”.
Untuk selanjutnya, Siti Khodijah meminta beliau lagi untuk memasarkan barang dagangannya ke Syria. Dan hasilnya luar biasa. Hal itulah yang membuat Siti Khadijah yang berusia 40 tahun tertarik dan akhirnya menikah dengan Nabi Muhammad saw yang saat itu berusia 25 tahun. Hasil dari perkawinan ini mereka berdua dikaruniai 6 orang anak, yaitu : 1) Qasim,  2) Abdullah,  3) Zainab,  4) Ruqayyah,  5) Ummi Kulsum,  dan  6) Fatimah az-Zahroh. .



B. DIANGKAT MENJADI NABI DAN RASUL

Sejak kecil Nabi Muhammad terkenal sangat jujur, berprilaku sopan, tawadhu’ (rendah hati), amanah (dapat dipercaya) dan bertanggung jawab, sehingga beliau digelari “Al-Amin” (orang yang paling dapat dipercaya) oleh kaumnya. Sampai pada waktu terjadi peristiwa percekcokan diantara para tokoh Quraisy akibat rebutan meletakkan  “Hajar Aswad” di pojok Ka’bah yang baru selesai direnovasi dan didirikan kembali, maka beliau-lah yang ditunjuk oleh kaumnya untuk mendamaikan mereka. Ketika itu beliau berusia 35 tahun.
Sementara itu, semakin hari semakin rusak tata kehidupan dan moral bangsa arab quraisy, yang  Saat itu terkenal dengan sebutan jaman jahiliyah. Beliau saw berniat ingin membenahi dan memperbaiki kehidupan masyarakatnya. Untuk itu, beliau saw sering pergi bertahannus (berkontemplasi) ke Gua Hiro’ untuk menenangkan hati, pikiran, sekaligus mencari jalan keluarnya, Sampai pada suatu malam tanggal 17 Ramadhan, bertepatan dengan tanggal 6 Agustus 610 M, beliau yang saat itu berusia 40 tahun, didatangi malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu Alloh yang pertama, yaitu “Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5”.

ٱقۡرَأۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلَّذِي خَلَقَ ١ خَلَقَ ٱلۡإِنسَٰنَ مِنۡ عَلَقٍ ٢ ٱقۡرَأۡ وَرَبُّكَ ٱلۡأَكۡرَمُ ٣ ٱلَّذِي عَلَّمَ بِٱلۡقَلَمِ ٤ عَلَّمَ ٱلۡإِنسَٰنَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡ ٥


Artinya:
أرتيپا: "(۱). باڇالاه دٓڠان مٓۑٓبوت ناما توهانمو ياڠ مٓنڇيڤتاكان, (٢). ديا تٓلاه مٓنڇيڤتاكان مانوسيا داري سٓݤومڤال داراه, (٣). باڇالاه, دان توهانمولاه ياڠ ماها ڤٓموراه,  (٤). ياڠ مٓڠاڇار (مانوسيا) دٓڠان ڤٓرانتاراأن قالام.  (٥). ياڠ مٓڠاڇار مانوسيا اڤا ساجا ياڠ تيداء مٓرٓكا كٓتاهوي". (سورة العَلَقْ : ۱-٥)
,
Dengan begitu, sejak saat itu beliau saw secara resmi diangkat menjadi seorang Nabi utusan Allah.



C. BERDAKWAH DI MEKAH

Setelah beberapa lama Nabi Muhammad menanti kedatangan malaikat Jibril, maka turunlah wahyu berikutnya, yaitu QS Al-Muddats-dsir [74] : 1-7, berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلۡمُدَّثِّرُ ١ قُمۡ فَأَنذِرۡ ٢ وَرَبَّكَ فَكَبِّرۡ ٣ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرۡ ٤ وَٱلرُّجۡزَ فَٱهۡجُرۡ ٥ وَلَا تَمۡنُن تَسۡتَكۡثِرُ ٦ وَلَا تَمۡنُن تَسۡتَكۡثِرُ ٦

أرتيپا: "(۱). واهاي اوراڠ ياڠ بٓرسٓليموت, (٢). باڠونلاه, لالو بٓريلاه ڤٓريڠاتان, (٣). دان اݤوڠكانلاه توهانمو,  (٤). دان بٓرسيهكانلاه ڤاكايأنمو.  (٥). تاڠݤالكانلاه ڤٓربواتان دوسامو, (٦). دان جاڠانلاه كامو مٓمبٓري (دٓڠان ماكسود) مٓمڤٓروليه (بالاسان) ياڠ لٓبيه باۑاء.  (٧).دان تٓرهاداڤ ڤٓرينتاه توهانمو, ماكا بٓرسابارلاه كامو".. (سورة المُدَّثِّرْ : ۱-٧)

Dengan turunnya QS Al-Muddats-tsir tersebut, maka beliau saw diperintahkan untuk berdakwah menyampaikan wahyu dan agama Islam kepada masyarakatnya.


1. Berdakwah Secara Perorangan & Sembunyi-sembunyi.
Mula-mula beliau berdakwah secara sembunyi-sembunyi kepada kalangan keluarganya sendiri dan teman akrabnya. Banyak diantara mereka yang berhasil masuk Islam. Orang yang pertama kali masuk Islam  adalah (1). dari kalangan kaum wanita /ibu = Khodijah;  (2), dari kalangan kaum lelaki/bapak = Abu Bakar;  (3) dari kalangan anak-anak = Ali bin Abi Tholib; (4). dari kalangan budak = Zaid bin Haritsah. Setelah itu disusul oleh Usman bin Affan, Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqqash, Abdurrahman bin ‘Auf, Tholhah bin Ubaidillah, Abu Ubaidah bin Jarroh, Arqam bin Abil Arqam, Fathimah binti Khottob (adik sayyidina Umar) dan suaminya: Sa’id bin Zaid al-Adawy, Usman bin Madz’un, Abdullah bin Mas’ud, Ammar bin Yasir, Ja’far bin Abu Tholib, Khabbab bin Arats, Bilal bin Rabah, Abu Dzar al-Ghiffari, Shafiyah binti Abdul Mutholib, Ummu Salamah, Asma’ binti Abu Bakar, dan beberapa penduduk Makkah.
Mereka yang pertama kali masuk Islam tersebut terkenal dengan julukan “Assabiqunal awwalun” (اَلسَّابِقُوْنَ الْأَوَّلُوْنَ). Mereka dididik, digempbleng dan diajari ilmu agama oleh Rasulullah saw di rumah Arqam bin Abil Arqan, selama + 3 tahun.
.

2. Berdakwah Secara Umum  & Terang-terangan.
Rasulullah saw dan para sahabat berdakwah secara terang-terangan kepada masyarakat Quraisy Makkah setelah turun wahyu yang ketiga: QS Al-Hijr [15]: 94-95 berikut ini:

فَٱصۡدَعۡ بِمَا تُؤۡمَرُ وَأَعۡرِضۡ عَنِ ٱلۡمُشۡرِكِينَ ٩٤ إِنَّا كَفَيۡنَٰكَ ٱلۡمُسۡتَهۡزِءِينَ ٩٥

أرتيپا: "(٩٤). ماكا سامڤايكانلاه سٓڇارا تٓراڠ-تٓراڠان سٓݤالا اڤا ياڠ ديڤٓرينتاهكان كٓڤادامو دان بٓرڤاليڠلاه كامو داري اوراڠ-٢ موشريك.  (٩٥). سٓسوڠݤوهۑا كامي مٓمٓليهارا كامو داري كٓجاهاتان اوراڠ-٢ ياڠ مٓمڤٓرولوك-٢ كامو". (سورة الحِجْر : ٩٤-٩٥)
Dengan berdakwah secara terang-terangan tersebut, sehingga semakin hari semakin banyak yang masuk Islam. Akibatnya, Beliau saw dan para sahabat dimusuhi kafir Quraisy Makkah. Tidak sedikit diantara para sahabat yang diancam, diteror, disiksa, dibunuh, diasingkan, diboikot ekonominya dll.
Beliau saw tidak gentar menghadapi ancaman dan perlakuan kasar mereka. Bahkan beliau saw menolak mentah-mentah bujukan dan tawaran mereka melalui pamannya, Abu Tholib, agar beliau berhenti berdakwah, dengan kompensasi beliau akan diangkat jadi raja, dicukupi kebutuhan hidupnya dan fasilitas mewah lainnya. Kepada pamannya, Abu Tholib, Beliau saw  mengatakan:

"دٓمي اللّه. واهاي ڤامان! سٓكيراۑا مٓرٓكا مّلّتاككان ماتاهاري دي تاڠان كانانكو دان بولان دي تاڠان كيريكو, دّڠان ماكسود اݤار اكو منيڠݤالكان دَعْوَاهكو ايني, نيسڇايا اكو تيداء اكان مٓنيڠݤالكانۑا, سٓهيڠݤا اللّه ممٓناڠكانكو اتاو اكو جوسترو بيناسا كارٓناۑا"

Abu Tholib terharu mendengar jawaban beliau saw, sehingga dia bertekad sekuat tenaga tetap terus melindungi beliau saw dari berbagai ancaman, terror, dan tekanan kaum kafir quraisy, dengan cara menggalang persatuan di kalangan keluarga Bani Hasyim dan Bani Mutholib.
Sementara itu, kaum kafir quraisy semakin memperhebat siksaan mereka kepada para sahabat, sehingga beliau memerintahkan mereka berhijrah ke Habasyah (Ethiopia, Afrika). Rombongan hijrah angkatan pertama diikuti 10 orang lelaki dan 4 orang perempuan. Kemudian disusul gelombang hijrah kedua sebanyak 100 iorang, diantaranya adalah Usman bin Affan dan Istrinya “Ruqoyyah”, Ja’far bin Abu Tholib, dll. Peristiwa ini terjadi pada tahun ke-5 setelah kenabiannya. Pada waktu yang hamper bersamaan, pahlawan quraisy masuk Islam, yaitu Hamzah bin Abdul Mutholib dan Umar bin Khottob, sehingga barisan kaum muslimin semakin kuat.
Kaum kafir quraisy tidak berhasil menghgentikan dakwah Rasulullah saw, lalu mereka melakukan boikot dan pemutusan hubungan, baik di bidang ekonomi, perkawinan, maupun kehidupan sosial kemasyarakatan lainnya kepada Rasulullah, keluar Bani Hasyim dan Bani Abdul Mutholib, serta para sahabat selama + 3 tahun, sehingga beliau saw bersama keluarga besarnya dan umat Islam mengalami kesengsaraan hidup. Setelah itu, beliau saw semakin sedih karena ditinggal wafat oleh Abu Tholib yang selama itu menjadi pelindungnya, lalu ditinggal wafat Khadijah, istrinya yang selama itu menjadi donator untuk membiayai dakwahnya sekaligus pendorong semangatnya. Peristiwa yang terkenal dengan dengan sebutan ‘Amul Huzni (tahun kesedihan) ini terjadi pada tahun ke-10 dari kenabiannya.
Selanjutnya beliau saw berdakwah dan mencari perlindungan kepada masyarakat Thoif. Di sana beliau tidak disambut dengan ramah, tetapi beliau malah dilempari bebatuan sampai babak belur, sehingga membuat para malaikat sangat marah dan menawarkan kepada beliau untuk menjungkir-balikkan pegunungan Thoif untuk mengubur mereka hidup-hidup. Namun beliau menolak tawaran  malaikat tersebut, dan berdoa agar mereka dan anak turunnya diberi hidayah/petunjuk untuk menjadi pengikut beliau di masa depan:: 

اَللَّهُمَّ اهْدِ قَوْمِي فَإِنَّهُمْ   لَا يَعْلَمُوْنَ
"يا اللّه. بٓريكان ڤٓتونجوء (هِدَايَةْ) كٓڤادا مٓرٓكا. كارّنا مٓرٓكا اوراڠ-٢ ياڠ تيداء تاهو". 

Di saat-saat mengalami kesedihan tersebut, kemudian Allah mengundang Nabi Muhammad saw melakukan Isro’ dan Mi’roj dalam waktu semalam. “Isro’” artinya perjalanan di malam hari dari Masjidil Harom Makkah ke Masjidil Aqsho Palestina, dan “Mi’roj” artinya dinaikkan dari Masjidil Aqsho menuju ke Sidrotul Muntaha  menghadap langsung di hadapan Alloh. Di Sana, beliau saw menerima perintah sholat fardhu 5 waktu.Peristiwa ini terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-11 dari kenabiannya, bertepatan dengan tahun 612 M.
Dengan peristiwa Isro’ & Mi’roj tersebut, Nabi Muhammad saw semakin yakin, bahwa betapapun beratnya usaha dakwah menyebarkan agama Islam, akhirnya Alloh memberikan pertolongan dan kemenangan. Tidak lama kemudian, beliau dan para sahabat diperintah Alloh agar berhijrah ke Yasrib (Madinah) yang masyarakatnya sudah lama menanti kedatangan beliau.



TUGAS MANDIRI SISWA

A. Kerjakan tugas berikut ini!

1. Salinlah arti “Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5”. di atas dengan huruf latin!

……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………


2. Salinlah arti QS Al-Muddats-dsir [74] : 1-7 di atas dengan huruf latin!

……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………


3. Salinlah arti QS Al-Hijr [15]: 94-95 di atas dengan huruf latin!

……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

4. Salinlah jawaban Rasululloh melalui Abu Tholib untuk menolak tawaran dan bujukan kafir Quraisy tersebut di atas dengan huruf latin!

……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………



B. PILIH JAWABAN YANG PALING BENAR & TEPAT!

1. Nabi Muhammad saw. lahir pada....
A. Senin, 12 Rabiul Awwal    
B. Senin 15 Rabiul Awwal
C. Ahad, 12 Rabiul Awwal    
D. Jumat 13 Rabiul Awwal

2. Ayah Nabi Muhammad saw. bernama....
A.  Abdullah bin Auf                                    
B. Abdullah bin Abdul Aziz
C. Abdullah bin Abdul Muthalib                
D. Abdullah bin Ibrahim

3. Saat bayi, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh seorang perempuan dari kampung pedalaman yang bernama....
A. Siti Huzaifah                     
B. Halimatus Sa’diyah   
C. Ummi Kulsum    
D. Ummi Maktum

4. Setelah ibunya wafat, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh....
A. Abu Thalib                        
B. Abdul Muthalib
C. Hamzah bin Abdul Muthalib                 
D. Abu Lahab

5. Nabi Muhammad pernah mulai berdagang sendiri ke-Syiria ketika berusia....
A. 12 tahun    
B. 15 tahun     
C. 20 tahun     
D.25 tahun

6. Paman Nabi Muhammad saw. yang sangat benci terhadap Islam ialah....
A. Abu Tholib                        
B. Abu Lahab
C. Abbas        
D. Hamzah

7. Nabi Muhammad saw. Diangkat menjadi Rasul pada usia....
A. 25 tahun    
B. 30 tahun     
C. 35 tahun     
D. 40 tahun

8. Nabi Muhammad diangkat jadi Rasul ditandai dengan menerima wahyu....
A. Q.S. al-Fatihah 1-7             
B. Q.S. al-Falaq 1-5 
C. Q.S. al-‘Alaq 1-5                                       
D. Q.S. al-Baqarah 1-5

9. Setelah Nabi Muhammad berdakwah kepada kaum kafir Quraisy, sikap mereka....
A. Biasa-biasa saja                             
B. Ada yang menerima ada yang menolak
C. Menerima semua ajakan Nabi      
D. Menolak semua ajakan Nabi

10. Di bawah ini sikap yang tidak dimiliki Nabi Muhammad saw. adalah....
A. Menyampaikan dakwah dengan sopan dan ramah
B. Memaksakan kehendak agar mereka masuk Islam
C. Memberikan kesempatan kepada mereka berpikir
D. Berdakwah dengan teladan yang baik

11. Kebudayaan bangsa arab jahiliyah yang patut dicontoh  ….
a. Menghormati tamu         
b.Suka berperang                  
c. Mabuk-mabukan            
d. Menyembah berhala

12. Nabi Muhammad dilahirkan oleh seorang ibu yang bernama ….
a. Aminah   
b.  Halimah Sa’diyah            
c.  Khadijah 
d.  ‘Aisyah

13. Pada usia 8 tahun, Nabi Muhammad ditinggal wafat oleh kakeknya yang bernama ….
a. Abdul Mutholib                 
b.  Abdulloh  
c.  Abu Tholib
d.  Abu Jahal

14. Nabi Muhamad menerima wahyu pertama kali QS Surat al-’Alaq ketika bertahannus di  
a. Jabal Qubaisy                     
b.  Bukit Tursina                    
c.  Gua Hira’  
d.  Gua Tsur

15. Julukan yang diberikan kepada Nabi Saw karena dapat dipercaya adalah ….
a. al-hakim                              
b. al-ihsan       
c. al-amin        
d. al-hasan

16. Misi kerasulan Nabi Muhammad sebagai rahmatan lil 'alamin ialah dalam bentuk 
a. toleransi antar umat beragama                 
b. mengadakan pembinaan  umat
c. memberi manfaat pada semua manusia  
d. meningkatkan kesejahteraan rakyat

17. Reaksi kaum quraisy Makkah menghadapi dakwah Nabi yang dilakukan secara terang-terangan dan terbuka adalah ....
a. merasa gembira      
b. memerangi                          
c. membantu  
d. membiarkan

18. Usaha Nabi Saw mendamaikan pemuka quraisy Makkah sewaktu membangun Ka'bah dengan cara ……
a. mempertemukan dalam musyawarah    
b. membentuk kepanitian pembangunan
c. memimpin peletakan hajar aswad           
d. membagi tugas dalam pembangunan

19. Salah satu misi kerasulan Rasulullah Saw adalah ……..
a. menyempurnakan akhlak manusia          
b. mengadakan perdamaian
c. mengadakan perjanjian     
d. melakukan perjalanan hijrah

20. Cara dakwah Rasulullah yang manjur dan dapat memikat umat adalah dilakukan dengan .
a. kekerasan                            
b. banyak ceramah           
c. akhlak mulia dan bijaksana                      
d. mengadakan pengajian

21. Ketika merasa tertekan dan terancam kaum quraisy Makkah, maka Nabi dan para sahabatnya melakukan ....
a. perlawanan
b. Peperangan                        
c. Pertahanan diri                  
d. hijrah

22. Hijrah yang bertama kali dilakukan adalah ke  ...
a. Habasyah                             
b. Syam           
c. Madinah                               
d. Yaman

23. Hijrah Nabi Saw dari Makkah diikuti oleh para sahabat yang disebut dengan kaum …….
a. anshor                                    b. muhajirin             c. quraisy   d. urban
24. Sedangkan penduduk Madinah yang membantu dan menerima kedatangan hijrah Nabi beserta sahabatnya disebut kaum .....
a. anshor                                  
b. muhajirin                             
c. quraisy                                 
d. Urban

25. Istri Nabi Saw yang membantu perjuangan Islam pertama kali bernama ……..
a. Hafshoh                             
b.  A'isyah      
c. Khadijah                             
d. Ummu Salamah

26. Nabi pertama kali menerima wahyu Al-Qur'an adalah ketika berada di ......
a. gua Tsur                             
b. Gua Hira'   
c. Ka'bah         
d. Rumah

27. Al-Qur'an yang pertama kali turun adalah 5 ayat pertama surat .....
a. Al-Falaq                             
b. Al-Baqarah
c. Al-Fatihah 
d. Al-'Alaq

28. Peristiwa turunnya Al-Qur'an pertama kali tersebut dikenal dengan istilah ......
a. asbabunnuzul                   
b. Asbabul wurud                
c. Nuzulul qur'an                 
d. Qiroatul qur'an

29. Agama bangsa Arab sebelum datangnya Islam ialah …
a. Majusi    
b. pengembah berhala          
c. Nasrani                               
d. Yahudi 
                
30. Usia Nabi Muhammad ketika menikahi Siti Khadijah adalah …
a. 20 tahun                           
b. 25 tahun                           
c. 30 tahun                            
d. 35 tahun

31. Nabi Muhamad menerima wahyu pertama kali ketika bertahannus di   ….
a. Jabal Qubaisy                  
b.  Bukit Tursina                  
c.  Gua Hira’                        
d.  Gua Tsur

32. Wahyu Al-Qur’an yang pertama kali diterima Nabi ayat 1-5 surat ….
a. Al-Fatihah                  
b. An-Nas                        
c. Al-Falaq                       
d. Al-‘Alaq

33. Alloh berfirman: وَمَآ  أَرْسَلْنَاكَ  اِلَّا  رَحْمَةً  لِلْعَالَمِيْنَ
Artinya: Dan Aku tidak …… kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam”.
a. mengangkatmu                  
b. mengutusmu                      
c. menjadikanmu                    
d. melahirkanmu

34. Kerasulan Nabi Muhammad SAW bersifat universal atau rahmatan lil ‘alamin.  Artinya ... .
a. berlaku bagi bangsa arab dan sekitar      
bb. berlaku untuk seluruh umat manusia
c. berlaku untuk bangsa tertentu                 
d. untuk umat yang sezaman dengan Nabi
35. Zaman sebelum Nabi Muhammad diangkat sebagai Nabi dan Rosul disebut zaman ……
a. Abu Jahal                            
b. Kemiskinan                         
c. Jahiliyah                               
d. Kejayaan

36. Yang memimpin pasukan bergajah untuk menghancurkan Ka'bah adalah ....
a. Jalut             
b. Namrud                               
c. Abrahah     
d. Fir'aun

37. Tahun kelahiran Nabi Muhammad disebut tahun ......
a. gajah                 
b. masehi                    
c. hijriyah                   
d. Ababil

38. Ayah Nabi Muhammad bernama ........
a. Abdulloh    
b. Abdul Mutholib                 
c. Abu Tholib 
d. Hasyim

39. Sejak muda Nabi Muhammad terkenal berakhlak mulia, jujur, menepati janji dan dapat dipercaya . Orang Quraisy memberinya gelar....
a. Al Amin               
b. Ash-Shiddiq                        
c. Al Amanah                          
d. Ar Rasyid

40. Nabi Muhammad berdakwah menyebarkan Islam di kota Makkah selama ….
a. 10 tahun                
b. 11 tahun                   
c. 12 tahun                
d. 13 tahun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar