Selasa, 06 Juni 2017

2. HIDUP TENANG DENGAN KEJUJURAN, AMANAH, DAN ISTIQOMAH




Bahan Ajar dan Latihan Soal PAI Kurikulum 13
Untuk Siswa Kelas VII Semester Ganjil
SMPN 1 Cerme Gresik – Jawa Timur
________________________________
Penulis :
Drs. H. ARSYAD  JAUHARI




A. JUJUR

Pengertian Jujur.
Jujur adalah kesesuaian sikap antara apa yang ada didalam hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diucapkan itu sama dengan apa yang diperbuat, dan apa yang.ada didalam hati,.
Jujur bermakna lurus hati, tidak curang, dan tidak culas. Orang yang perkataannya sesuai dengan hatinya maka ia dapat dikatan jujur. Orang yang memberikan penjelasan atau informasi sesuai dengan kejadian yang sebenarnya dikatakan jujur. Lawan jujur adalah bohong atau dusta yaitu mengatakan sesuatu tidak sesuai dengan kata hatinya dan kejadian yang sebenarnya.

Mengapa kita harus jujur?
Orang yang jujur akan selalu memberikan informasi yang benar dan dapat dipercaya sehingga ia mantap dan tidak ragu-ragu mengatakaan apa yang diketahuinya. Dalam kehidupan sehari-hari, orang yang jujur akan selalu berjalan dan menentukan sesuatu dengan pasti, tidak ada keraguan dalam hati dan perbuatannya.
Sebaliknya orang yang tidak jujur akan memberikan keterangan yang tidak meyakinkan, dan dia akan cenderung ragu dalam melangkah / berbuat.
Kejujuran sangat erat kaitannya dengan hati nurani. Kata hati nurani adalah sesuatu yang murni dan suci. Hati nurani selalu mengajak kita kepada kebaikan. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi:

إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ إِلَى الْبِرِّ وَ الْبِرَّ يَهْدِيْ إِلَى الْجَنَّةِ
أرتيپا: "سٓسوڠݤوهۑا جوجور ايتو مٓمباوا كٓڤادا كٓبايكان, دان كٓبايكان ايتو مٓمباوا  كٓسورݤا". (رواه البُخارِي)
Kejujuran berbuah kepercayaan, sebaliknya dusta menjadikan orang lain tidak percaya. Jujur membuat hati kita tenang, sedangkan berbohong membuat hati jadi was-was.  Oleh karena itu, Katakan bahwa yang benar itu adalah benar, dan yang salah itu salah, meskipun sangat berat. sebagaimana sabda Nabi :

قُلِ الْحَقَّ وَلَوْ كَانَ مُرًّا. (أرتيپا: "كاتاكانلاه ياڠ سٓبٓنارۑا, والاوڤون ڤاهيت راساۑا"). 

Allah Swt. berfirman:

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِا لْبَاطِلِ وَلَا تَكْتُمُوا الْحَقَّ وَ أَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
أرتيپا: "دان جاڠانلاه كامو ڇامڤور ادوككان كٓبٓناران دٓڠان كٓباطيلان دان جاڠانلاه كامو سٓمبوۑيكان كٓبٓناران, سٓداڠكان كامو مٓڠٓتاهويۑا". (سورة البَقَرَة : ٤٢ )

Hikmah atau manfaat dari perilaku jujur,  antara lain :
1. mendapatkan kepercayaan dari orang lain,
2. mendapatkan banyak teman, dan
3. hati menjadi tenang dan tentram 
4. Tidak menyakiti dan menzhalimi orang lain
5. Diridhoi Allah dan memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat



B. AMANAH

Amanah artinya terpercaya (dapat dipercaya). Amanah juga berarti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak  menerimanya. Kebalikan dari amanah adalah khianat.
Orang yang mampu menjalankan amanah dengan baik disebut Al-Amin (= dapat dipercaya). Sebaliknya orang yang menyia-nyiakan, melanggar / tidak menjalankan amanah disebut Pengkhianat. 
Amanah berkaitan erat dengan tanggung jawab. Orang yang menjaga Amanah biasanya disebut orang yang bertanggung jawab. Sebaliknya, orang yang tidak menjaga Amanah disebut orang yang tidak bertanggung jawab.
Menjaga Amanah itu penting. Oleh karena itu, mulai sekarang kalian harus berlatih untuk menjaga Amanah. Mulailah dari menjaga Amanah yang kecil-kecil, seperti bertanggung jawab saat piket kebersihan, menjaga titipan orang. Kalian belajar dan sekolah dengan sungguh-sungguh, itu juga bagian dari menjaga Amanah terhadap diri sendiri. Melaksanakan ibadah Shalat juga bagian dari menjaga Amanah dari Allah Swt.


Macam-macam amanah :

1). Amanah terhadap Allah Swt.

Amanah ini berupa perbuatan mentaati semua perintah Alloh, contohnya: sholat, zakat, puasa, haji, dan menunaikan hak-hak Alloh lainnya. Serta menjauhi semua larangan-Nya, seperti mabuk, membunuh, dan semua bentuk kemaksiatan. Allah swt. berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا لَا تَخُوْنُوْا اللَّهَ وَ الرَّسُوْلَ وَتَخُوْنُوْا أَمَانَاتِكُمْ وَ أَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
أرتيپا: "واهاي اوراڠ ياڠ بٓريمان, جاڠانلاه كامو مٓڠحياناتي الله دان رَسول (مُحَمَّدْ), دان جوݤا جاڠانلاه كامو مٓڠحياناتي أمانات-٢ ياڠ ديڤٓرڇاياكان كٓڤادا كامو, سٓداڠ كامو مٓڠٓتاهوي" (سورة الأَنْفَالْ : ٢٧) 

2). Amanah terhadap sesama manusia.
Amanah ini meliputi hak-hak antar sesama manusia. Contohnya: berbuat baik kepada manusia; menunaikan perintah orang tua & guru; ketika dititipi pesan atau barang, maka kita harus menyampaikannya kepada yang berhak; tidak menyalahgunakan jabatan; dll.  Allah Swt. berfirman:

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّ الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا
أرتيپا: " سٓسوڠݤوهۑا الله مٓۑوروه كامو اݤار مٓۑامڤايكان أمانات كٓڤادا اوراڠ ياڠ بٓرهاك مٓنٓريماۑا" (سورة النِّسَاء : ٥٨) 

3). Amanah terhadap diri sendiri.
Amanah ini dijalani dengan memelihara dan menggunakan segenap kemampuannya demi menjaga kelangsungan hidup, kesejahteraan, dan kebahagiaan diri. Contohnya: belajar & bersekolah; menjaga kesehatan dan keselamatan diri; dll. Allah Swt. berfirman:

وَالَّذِيْنَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَ عَهْدِهِمْ رَاعُوْنَ
أرتيپا: " دان سوڠݤوه بٓرونتوڠ اوراڠ ياڠ مٓمٓليهارا أمانات-٢ دان جانجيۑا"  (سورة المُؤْمِنُون ِّ : ٨) 

Hikmah Perilaku Amanah
a. Dipercaya orang lain..
b. Mendapatkan simpati dari semua pihak, baik kawan maupun lawan.
c. Hidupnya akan sukses dan dimudahkan oleh Allah Swt.

Perilaku Amanah Dalam Kehidupan Sehari-Hari, diantaranya dalam bentuk :
a. Menjaga titipan dan mengembalikannya kepada orang yang berhak menerimanya.
b. Menjaga rahasia orang lain, baik itu rahasia pribadi, rahasia keluarga, rahasia organisasi, atau rahasia negara, maka kita wajib menjaganya agar tak bocor.
c. Tidak menyalahgunakan jabatan. Segala bentuk penyalahgunaan jabatan untukkepentingan pribadi, keluarga, atau kelompok termasuk perbuatan yang melanggar Amanah.
d. Menjaga semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. berupa umur, kesehatan, harta benda, ilmu, dan sebagainya, agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
e. Menunaikan ibadah shalat, puasa, zakat, haji dan kewajiban Allah lainnya.



C. ISTIQOMAH

Istiqomah berarti sikap kukuh pada pendirian, konsisten dan konsekuen dalam tindakan. Dalam makna yang luas, Istiqomah adalah sikap teguh dalam melakukan suatu kebaikan, membela dan mempertahankan keimanan dan keislaman, walaupun menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan.
Istiqomah terwujud karena adanya keyakinan akan kebenaran dan siap menanggung risiko. Sikap ini wajib dimiliki setiap muslim, termasuk kita sebagai pelajar. Istiqomah dapat membantu kita untuk membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Allah Swt. berfirman:

إِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَاهُمْ يَخْزَنُوْنَ
أرتيپا: " سٓسوڠݤوهۑا اوراڠ-٢ياڠ بٓركاتا توهان كامي ادالاه اللّه, كٓموديان مٓرٓكا تٓتاڤ إسْتِقامَةْ, ماكا تيداء ادا راسا حاواتير ڤادا مٓرٓكا, دان مٓرٓكا تيداء ڤولا بٓرسٓديه هاتي" (سورة الْأَحْقَافْ : ۱٣) 

Ayat di atas menjelaskan sikap orang-orang Istiqomah, yaitu menepati dan mengikuti garis-garis yang telah ditentukan oleh agama, menjalankan semua perintah Allah Swt. dan meninggalkan semua larangan-Nya secara konsisten. Orang yang semacam itu tidak perlu khawatir terhadap diri mereka di hari kiamat karena Allah Swt. menjamin keselamatan mereka.

Hikmah Perilaku Istiqomah, diantaranya :
a. Dia akan dijauhkan Allah Swt. dari rasa takut dan sedih sehingga dapat mengatasi kesedihannya, tidak hanyut dibawa kesedihan dan tidak gentar dalam mengha-dapi kehidupan masa yang akan datang.
b. Dia akan sukses dalam kehidupan di dunia karena ia tekun dan ulet.
c. Orang yang Istiqomah dan selalu sabar serta mendirikan Shalat akan selalu dilindungi oleh Allah swt.

Perilaku Istiqomah Dalam Kehidupan Sehari-Hari, diantaranya dalam bentuk:
a. selalu menjalankan perintah Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya dalam keadaan apa pun dan di mana pun;
b. melaksanakan shalat selalu tepat pada waktunya;
c. selalu belajar secara rutin hingga paham;
d. selalu menaati peraturan, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat;
e. selalu menjalankan kewajibannya dengan rasa senang dan nyaman, tidak merasa dipaksa atau dibebani.



TUGAS MANDIRI SISWA

A. Salinlah arti Ayat Qur’an dan Hadis Nabi berikut ini dengan huruf latin!

a.  Arti Hadis Nabi :
"سٓسوڠݤوهۑا جوجور ايتو مٓمباوا كٓڤادا كٓبايكان, دان كٓبايكان ايتو مٓمباوا  كٓسورݤا". (رواه البُخارِي)

..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................

b.  Arti QS Al-Baqoroh: 43 :
"دان جاڠانلاه كامو ڇامڤور ادوككان كٓبٓناران دٓڠان كٓباطيلان دان جاڠانلاه كامو سٓمبوۑيكان كٓبٓناران, سٓداڠكان كامو مٓڠٓتاهويۑا". (سورة البَقَرَة : ٤٢ )

............................................................................................................................................
...........................................................................................................................................

c.  Arti QS Al-Anfal: 27 :
"واهاي اوراڠ ياڠ بٓريمان, جاڠانلاه كامو مٓڠحياناتي الله دان رَسول (مُحَمَّدْ), دان جوݤا جاڠانلاه كامو مٓڠحياناتي أمانات-٢ ياڠ ديڤٓرڇاياكان كٓڤادا كامو, سٓداڠ كامو مٓڠٓتاهوي" (سورة الأَنْفَالْ : ٢٧)
............................................................................................................................................
.....................................................................................................................................


d.  Arti QS An-Nisa’ : 58 :
"سٓسوڠݤوهۑا الله مٓۑوروه كامو اݤار مٓۑامڤايكان أمانات كٓڤادا اوراڠ ياڠ بٓرهاك مٓنٓريماۑا" (سورة النِّسَاء : ٥٨) 

……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

d.  Arti QS Al-Ahqof : 13 :
" سٓسوڠݤوهۑا اوراڠ-٢ياڠ بٓركاتا توهان كامي ادالاه اللّه, كٓموديان مٓرٓكا تٓتاڤ إسْتِقامَةْ, ماكا تيداء ادا راسا حاواتير ڤادا مٓرٓكا, دان مٓركا تيداء ڤولا بٓرسٓديه هاتي" (سورة الْأَحْقَافْ : ۱٣) 

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


B. Soal Pilihan Ganda

1. Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya.”
Kutipan arti ayat tersebut merupakan dasar berperilaku...
A.  jujur          
B.  istiqomah 
C. empati       
D.  amanah

2.  Perhatikan pernyataan berikut ini...
1.  Akan dipercaya orang lain,                      3.  Mendapatkan banyak harta,
2. Mendapatkan banyak teman,                   4. Akan selalu bersama Allah swt.
Yang termasuk hikmah perilaku jujur adalah...
A. 1, 2 dan 3   
B. 2, 3 dan 4    
C. 1, 2 dan 4   
D. 1, 3 dan 4

3. Rosyid disuruh ayahnya pergi ke warung untuk membeli beras dan minyak goreng. Rosyid diberi uang sebesar Rp. 20.000,00, dan masih ada kembalian Rp. 2.000,00. Uang kembaliannya itu diberikan lagi kepada ayahnya.
Perilaku yang ditunjukkan oleh Rosyid merupakan contoh...
A.  jujur           
B. boros          
C. empati       
D. istiqomah

4. Di bawah ini perilaku yang mencerminkan sifat amanah adalah...
A. teman menitipkan air, ia meminumnya sedikit
B. meminjam barang, lalu ia mengembalikannya
C. berkata sejujurnya kepada orang tuanya
D. menghormati dan menaati orang tua dan guru

5. Berikut ini hikmah dari sifat amanah, kecuali...
A. disenangi teman-teman    
B. disanjung teman-teman
C. dikhianati teman                                      
D. dipercaya orang lain

6. Ketika ada orang memberikan kepercayaan kepada kita, sikap kita seharusnya...
A.  menolak karena tidak mampu               
B. menerima dan melakukan semampunya
C. menerima meskipun tidak mampu        
D. menghargai kepada yang memberi tugas

7. Orang yang memiliki sikap istiqomah  akan melakukan perilaku...
A. sabar dan rendah hati       
B. tekun dan ulet
C. selalu memaafkan                                    
D. tidak sombong

8. Hikmah memiliki sifat istiqomah adalah...
A. akan dipercaya oleh orang lain               
B. tercapai apa yang diinginkan
C. menambah persaudaraan 
D. menjadi orang yang pandai

9. Berikut ini yang tidak termasuk perilaku istiqomah adalah selalu ...
A. taat kepada Allah Swt.      
B. melaksanakan shalat tepat waktunya,
C. belajar dengan sungguh-sungguh,         
D. menaati peraturan di sekolah.

10. Menjaga tubuh agar selalu sehat dan terus bersyukur kepada Allah Swt. adalah jenis amanah kepada...
A. Allah Swt. 
B. manusia     
C. diri sendiri
D. binatang


C. SOAL URAIAN
Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!
1. Mengapa kita harus memiliki sifat jujur?
2. Sebutkan ciri-ciri orang jujur!
3. Kepada siapakah kita harus amanah?
4. Sebutkan manfaat dari perilaku amanah!
5. Mengapa kita harus istiqomah?
6. Sebutkan hikmah dari perilaku istiqomah!
7. Buatlah contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari!
8. Buatlah contoh perilaku istiqomah dalam kehidupan sehari-hari!
9. Apa yang kamu lakukan ketika melihat temanmu melakukan perbuatan terpuji?
10. Apa yang kamu lakukan ketika melihat temanmu melakukan perbuatan tercela?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar